Cara Menghemat Penggunaan Data pada Whats App

2:58:00 PM


Sebagai pengguna aplikasi perpesanan Whats App yang memiliki banyak teman yang juga menggunakan Whats App mungkin kita agak di ribetkan dengan yang namanya sharing gambar, video, pesan suara, dll dari teman – teman kita entah itu melalui private chat atau pun dari grup2 Whats App yang kita ikuti. Kalau kita memiliki kuota internet berlimpah mungkin tidak masalah tapi jika internet kita kuota nya sudah senin kamis (*baca terbatas dan paket hemat, hahhaha..) ini akan menjadi masalah. Karena kita tidak mungkin melarang orang mengirimkan gambar atau video kepata kita, kata orang sih pamali gak sopan gitu. Apalagi kalau mau keluar dari grup cuman karena hemat kuota, nanti juga dimaki – maki teman satu grup dianggap sombong, fiuhh.... Belum lagi kalau kapasitas penyimpanan media pada handphone kita juga terbatas repot kan ya musti hapus2 gambar yang dikirimkan dari grup maupun private chat.

Jadi sebenarnya Whats App memiliki salah satu fitur dimana kita bisa mengatur apakah gambar, video maupun pesan suara akan diterima / di download otomatis, atau kita yang mengatur untuk menerima sesuai keinginan kita. Akan tetapi masih banyak sepertinya teman – teman yang belum memanfaatkan fitur ini. Nah disini aku coba berbagi bagaimana sih cara supaya whats app kita tidak otomatis mendownload / menerima gambar yang dikirimkan ke kita.

Pertama yang harus kita lakukan adalah masuk ke aplikasi Whats App, kemudian pada posisi chat lihat di bagian pojok kanan atas terdapat tombol dengan 3 titik, tekan tombol tersebut (*lihat gambar dibawah ini)



Kemudian setelah ditekan akan muncul menu > pilih Settings (atau Setelan) (*lihat gambar sebelah kiri), akan muncul layar seperti gambar di sebelah kanan, kemudian pilih Data Usage (atau Penggunaan Data)


Pastikan layar handphone menampilkan menu seperti dibawah ini, Lihat pada bagian Media Auto Download (atau Unduh Otomatis Media), terdapat 3 bagian yang bisa kita atur antara lain :


When Using Mobile Data ( atau Saat Menggunakan Data Seluler)
Artinya apakah kita akan meminta Whats App menerima otomatis media ketika kita menggunakan data seluler atau kuota internet dari internet pada kartu kita. Tekan pada bagian tersebut, maka akan tampil 1 layar baru seperti dibawah ini. Supaya Whats App tidak menerima otomatis semua media maka hilangkan centang pada bagian yang diinginkan dengan menekan 1 kali, dalam contoh aku dibawah ini aku tidak menerima otomatis semua media. Kalau sudah tekan OK.


When Connected on Wi-Fi ( atau Saat Tersambung ke Wi Fi)
Artinya apakah kita akan meminta Whats App menerima otomatis media ketika kita menggunakan jaringan Wi Fi. Tekan pada bagian tersebut, maka akan tampil 1 layar baru seperti dibawah ini. Supaya Whats App tidak menerima otomatis semua media maka hilangkan centang pada bagian yang diinginkan sama seperti cara sebelumnya. Kalau sudah tekan OK.


When Roaming ( atau Saat Roaming)
Artinya apakah kita akan meminta Whats App menerima otomatis media ketika kita berada di area Roaming (lagi diluar negeri). Tekan pada bagian tersebut, maka akan tampil 1 layar baru seperti dibawah ini. Supaya Whats App tidak menerima otomatis semua media maka hilangkan centang pada bagian yang diinginkan sama seperti cara sebelumnya. Kalau sudah tekan OK.


Setelah kita melakukan setting / setelan seperti diatas maka pada saat ada orang yang mengirimkan media kepada kita maka pada tampilan layar chat kita akan tampak seperti dibawah ini. Media tersebut akan buram dan terdapat tanda panah.
Jika kita ingin menerima media tersebut maka tekan tanda panah, dan whats app akan memproses untuk menerima media tersebut.


Tips tambahan jika ingin menggunakan fitur Whats App ini maka pastikan untuk bisa menahan diri tidak sedikit2 menekan tombol panah diatas, karena jika setiap kali kamu tetap menekan tombol panah tersebut, sama saja akan banyak sampah media dan kuota juga terkuras habis. Sekian sharing dari aku kali ini, semoga bermanfaat.  


2 komentar:

  1. AKu juga pakai setting seperti itu. Tapi sayangnya, untuk voice message akan tetap otomatis didownload sama whatsapp-nya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, seharusnya sama tidak terdonlot otomatis, ditempat aku sudah benar sih kak, apa versi whatsapp nya sudah diupdate terbaru kak?

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.