Fitur Dual Apps, Kloning Aplikasi Pada MIUI 8

4:16:00 PM
Sumber Internet


Pada era digital ini tak bisa dipungkiri bahwa untuk berkomunikasi dan berbagi informasi pada kehidupan sehari – hari kita sebagian besar adalah menggunakan media sosial. Sebutlah untuk media sosial ternama seperti facebook, instagram, pinterest, wahstapp, dll. Nah meskipun sudah beragam variasi dari media sosial tersebut, ada kebutuhan yang tidak kalah penting yaitu multiple account. Dimana fungsi ini memungkinkan 1 orang bisa memiliki lebih dari 1 akun misal untuk kepentingan hobby atau bisnis dan diakses melalui 1 handphone / gadget yang sama. Sayangnya sampai saat ini belum semua aplikasi memungkinkan untuk menjalankan multiple account.

Untuk itulah MIUI pada MIUI 8 membuat suatu terobosan baru yang dinamakan Dual Apps. Dengan Dual Apps ini memungkinkan kita untuk mengkloning 1 aplikasi menjadi 2 pada 1 handphone / gadget kita. Jadi katakan aplikasi facebook ketika kita menyalakan fungsi Dual Apps pada gadget kita, maka kita akan memiliki 2 aplikasi facebook, system MIUI akan melakukan reinstall selayaknya sebuah aplikasi yang baru. Dan bahkan Dual Apps ini dimungkinkan untuk menjalankan games – games yang memerlukan login akun.

Untuk cara penggunaannya sendiri sangatlah muda, disini saya menggunakan contoh mengkloning aplikasi Whats App. Langkah2 yang harus kamu lakukan yaitu :
  •  Masuk ke Setting, kemudian scroll agak ke bawah pada bagian App Settings > Dual Apps. Pilih menu tersebut.





  •  Scroll ke bawah dan cari aplikasi yang ingin kamu kloning kemudian klik tombol ke posisi ON. 


  •  Tunggu beberapa saat, system akan melalukan kloning aplikasi dan melakukan install ulang aplikasi yang kamu pilih tersebut.

  •    Setelah selesai kembali pada home screen dan aplikasi hasil kloning akan ditunjukkan dengan icon bertanda kuning


  •    Selanjutnya kamu tinggal menggunakan aplikasi tersebut seperti layaknya menggunakan aplikasi yang baru.

Jika aplikasi kloningan ini tidak dibutuhkan kembali dan kamu ingin menghapusnya maka ada 2 cara untuk melakukannya antara lain :

  •    Dengan melakukan uninstall seperti biasa, yaitu menekan icon aplikasi dan menahannya sampai keluar gambar tong sampah pada bagian atas screen, kemudian geser icon ke gambar tong sampah tersebut. Akan muncul pesan konfirmasi untuk Uninstall Dual Apps, pilih pada tombol Uninstall.



  •    Atau bisa juga dengan kembali masuk ke menu Setting > App Settings > Dual Apps. Cari aplikasi yang akan di hilangkan fungsi Dual Apps nya tekan tombol ke posisi OFF. Akan muncul pesan konfirmasi untuk Uninstall Dual Apps, pilih pada tombol OK.


Menurut saya pribadi fitur ini sangatlah berguna, jika sebelumnya untuk kebutuhan yang sama para maniac android harus menduplikasi aplikasi dan melakukan sedikit “otak atik” supaya bisa memiliki multiple aplikasi seperti ini, maka pada MIUI 8 kita benar – benar sangat dimudahkan dengan hanya menyentuh satu tombol.
Oke sekian dulu review dan sedikit infomasi dari saya, silahkan mencoba sendiri fungsi tersebut dan semoga bermanfaat. 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.