Review Oppo F5, Handphone Dengan Kamera Handal

8:36:00 PM


First Impression Oppo F5

Salah satu handphone yang sedang cukup ramai diperbincangkan orang saat ini dan cukup gencar iklannya untuk level Middle End adalah Oppo F5. Dan kebetulan sebulan yang lalu handphone aku tiba - tiba mati karena bermasalah pada baterai.  Dan saat akan membeli handphone yang baru sempat bingung juga sih, karena aku bukan tipe penggila merk terkenal,  aku lebih melihat dari sisi fungsi, dukungan update OS, spesifikasi fisik yang ditawarkan, dan apakah harga layak dengan spesifikasi yang bisa aku dapatkan. Maklum aku tipe pelit.. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

Pilihanku saat itu jatuh ke Oppo F5 Red 6GB RAM 62GB ROM, dimana dengan jujur awalnya sangat terpaksa membeli handphone ini, bukan karena Oppo F5 nya yang jelek sih, entahlah karena sebenarnya aku masih merasa nyaman dengan handphone sebelumnya. Tapi karena saat itu belum ada handphone lain yang lebih mengena di hati dan yang membuat aku memutuskan membeli Oppo F5 adalah karena adanya pilihan warna body Merah ๐Ÿ’•๐Ÿ’•๐Ÿ˜.  Ahai karena aku penggila warna merah dan merah nya Oppo F5 ini sumpah cantik banget..  Hahahahha tuh kan pertimbangan yang gak penting banget.

Pertimbangan kedua karena handphone ini memiliki kamera depan 20MP dan wow itu mah gede banget ya kan....๐Ÿ˜ฎ  Aku sih bukan tipe orang yang mentah - mentah menerima bahwa kalau kamera Pixel nya tinggi pasti bagus, karena setahu aku kamera juga harus didukung dengan aplikasi kamera yang mumpuni juga,  jadi kalau aplikasi kameranya kurang handal percuma saja pixel besar sama aja bohong. Nah kebetulan di iklannya si F5 ini dia menyebutkan adanya fitur AI beauty (Artificial Intelligence) yang katanya bisa mengenali 254 titik wajah jadi seharusnya logikanya hasil fotonya bisa smooth lebih natural dan cantik. Okei jadi makin penasaran buat nyoba gitu karena kan sekarang sedikit - sedikit selfie.

Lalu pertimbangan ketiga adalah kata si Mbak2 dan Mas2 SPG counternya, fitur Face Unlock nya F5 ini tidak bisa ditipu.  Jadi maksudnya harus benar2 face orangnya yang didepan kamera,  tidak bisa di akalin pakai foto orang begitu, karena katanya data face yang tersimpan adalah dalam 3D.  Kira - kira begitulah ya, sedangkan kalau di handphone lain itu bisa terbuka unlocknya dengan meletakkan foto di depan kamera. Yang ini aku mencoba percaya saja karena aku belum berpengalaman dengan handphone yang memiliki fitur face unlock.

Setelah 1 bulan Bersama Oppo F5

Nah kembali ke tujuan awal penulisan artikel ini karena banyak banget yang penasaran sama Oppo f5 ini dan nanyain gitu ke aku ketika mereka tau aku pake hape ini.  Jadi aku coba saja rangkum disini ya. Kalau untuk penjelasan spesifikasi ataupun fiturnya apa aja aku rasa bisa dilihat di artikel yang lain ya banyak kok tinggal googling aja. Aku lebih pengen mencoba menjelaskan fitur2 tersebut berdasarkan pengalaman pemakaian aku.


Face Unlock & Finger Print

Menurut aku face unlock ini bagus banget, memang benar sesuai iklannya bisa mendeteksi wajah dalam sepersekian detik, jadi tidak sampai sedetik lah udah terbuka. Selain itu dia juga bisa mendeteksi di kondisi minim cahaya jadi aku sering banget pas lagi nyetir dalam mobil sekitaran maghrib ya matahari sudah turun redup bahkan hampir gelap bisa dibilang nah itu masi bisa ke baca wajah kita.
Jadi menurut aku ini bagus banget. 
Dan beneran face unlock nya tidak bisa ditipu dengan menunjukkan foto karena akan dianggap tidak cocok.
Nah di sini aku mengkombinasikan dengan pemakaian finger print jadi kalau pas di tempat gelap yang tidak terbaca face kita, maka aku pakai finger print.

Finger Print selain untuk unlock phone juga bisa untuk membuka beberapa aplikasi tentunya sesuai dengan aplikasi yang memang mendukung penggunaan fingerprint contohnya adalah aplikasi evernote. Selain itu finger print juga bisa digunakan untuk fitur File Save bawaan Oppo yaitu untuk menyembunyikan file yang kita miliki pada phone.

Color OS dan Hardware

Nah jadi di semua handphone keluaran Oppo ini menggunakan Operating System android yang sudah dimodifikasi dan di beri nama Colour OS. Dimana android nya sendiri menggunakan Android 7.1.1 Nougat. 
Untuk urusan hardware OPPO F5 menggunakan chipset MediaTek MT6763T Helio P23 dengan prosesor 8 inti yang biasa disebut Octa Core (4x2.50GHz + 4x2.34GHz) 64-bit Cortex-A53
Baru pada Oppo F5 inilah aku mencoba Colour OS dan kesimpulannya aku suka, overall dia ringan banget. 
Penggunaan ram nya juga sangat irit yang aku pantau sejauh ini.
Loading awal saat booting juga sangat cepat. 
Untuk multitaskingnya tidak ada kendala berarti sejauh ini masih mulus dengan 10 social media dan aplikasi chat yang selalu running yang aku pergunakan. Kalau total aplikasi yang sudah aku install diluar social media dan chatting sekitar 30an.
Namun ada satu hal yang sedikit mengganggu entah ini error dari aplikasinya atau dari Color OS Oppo nya, sometimes untuk instagram dia suka ngefreeze dan layar gelap, tapi disini perlu aku infoin aku pengguna instagram dengan 4 akun login bersamaan, dan intensitas penggunaan instagram ku bisa tergolong cukup tinggi. Hal serupa belum pernah aku alamin pada handphone sebelumnya. 
Sedangkan untuk game category besar yang sudah aku coba adalah The Sims Freeplay dan berjalan lancar tanpa lag, maklum lah ya yang review cewek ya game nya game cewek ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜
Untuk otak atik OS oprek maupun rooting belum aku lakukan pada Oppo ini karena masih belum ada kebutuhan ke sana.

Kamera Depan / Kamera Selfie

Untuk keterangan teknisnya kamera depan ini menggunakan sensor Samsung s5k3p8sx dan memiliki bukaan F/2.0 serta 1/2.8" sensor size.
Setelah di coba - coba, nyatanya memang hasil kamera depannya bagus banget, loved this,  tajam cerah,  fitur beauty nya emang bagus gak lebay dan terlihat natural meski buat wajah cowok. Tersedia 6 level pengaturan beauty yang bisa dipilih. 
Lalu untuk fitur bokeh nya oke lah meski kadang ada bagian yang kebablas ikut kena bokeh tapi masih bisa ditolerir lah.
So far suka sih sama fitur bokeh nya.
Bagi yang belum tau bokeh itu backgroundnya di blur ya jadi fokus fotonya di wajah kita.
Trus kamera depan bisa untuk foto panorama juga. Yang jarang ada di handphone lain sepengetahuan aku.

Berikut ini contoh foto hasil dari jepretan kamera depan

Indoor, Penerangan Indoor, Beauty Level 3, tanpa Bokeh. Maafkan muka saya ๐Ÿ˜†


Koleksi Photo Pribadi

Outdoor sekitar pukul 17.00, Beauty Level 3, Bokeh. 
Mbok Jamu numpang lewat ๐Ÿ˜‹


Koleksi Photo Pribadi

Kamera Belakang / Kamera Utama

Kamera Belakangnya yang mana menggunakan sensor CMOS IMX376 buatan Sony dengan kedalaman 16mp, bukaan F/1.8 dan fitur Phase Detection Autofocus plus LED flashjuga menghasilkan foto yang sangat bagus sesuai lah dengan spesifikasinya , meskipun tidak ada suatu fitur khusus sebagai point tambahan. 
Hasil kamera mantap di ruangan gelap maupun terang. Untuk detail ketajaman bagus banget dan tajam.

Bagi yang suka otak atik setting kamera terdapat mode expert dimana kita bisa mengatur sendiri hasil foto yang diinginkan.
Sayangnya untuk fitur bokeh tidak ada pada kamera belakang, jadi hanya akan blur sedikit ketika kita memfokuskan pada object dengan jarak yang sangat dekat.
Fitur panorama dan time lapse juga terdapat pada kamera belakang ini.

Untuk hasil video juga sangat bagus sudah ada stablizernya sih jadi meski kita rekam dengan kondisi berjalan dia tetap bisa fokus dan bagus banget. 
Ada 2 pilihan pengaturan video yaitu 720p atau 1080p, selain itu juga ada pengaturan fitur beauty untuk videonya. 
Kemudian yang aku suka lagi dari videonya yaitu ada pilihan untuk rekam video 10 detik, jadi ini cocok banget untuk digunakan sebagai bahan upload di story social media.

Berikut ini contoh foto hasil dari jepretan kamera belakang

Indoor, Sekitar pukul 17.00

Kondisi Cahaya 60%

Kondisi cahaya 30%, Fill Light

Kondisi cahaya 30%, Flash Light

Outdoor, Sekitar pukul 15.00, kondisi hujan, Auto Focus.

Koleksi Pribadi

Koleksi Pribadi

Koleksi Pribadi

Outdoor Bias Cahaya Sunset di Jalan



Indoor, sekitar pukul 10.00, Auto Focus, jarak handphone ke bunga kurang lebih 10cm, efek blur belakang otomatis karena ambil Focus benda dekat.


Koleksi Pribadi

Tampilan Fisik dan Body

Body Oppo F5 ini menggunakan bahan Polycarbonate sebut saja mirip Plastik yang didesain sedemikan rupa sehingga menyerupai Metal dan nampak cantik serta elegant saat dipegang. Menurut review orang lain sih bahan ini akan mudah baret tapi entahlah aku sih belom mencoba menggoreskan sesuatu, hahaha.. 
Warna body nya ada Gold, Black, Red dan yang terbaru Blue.
Ada hardcase transparan yang dibonuskan pada paket pembelian dan aku menggunakannya sejak awal. Sejauh ini yang baret cuman hardcase nya saja.
Dibandingkan serian Oppo yang sebelumnya aku paling suka yang F5 ini karena lengkungan di ujung body nya masi terlihat cantik dan menawan menurutku.
Memang terlihat sekilas agak besar namun bagi aku sih tidak masalah dan aku nyaman - nyaman aja menggunakannya. Untuk ukuran bodynya sendiri adalah 156.5 x 76 x 7.5 mm (6.16 x 2.99 x 0.30 in) dengan berat 152gram, yups terasa ringan dan nyaman.
Sejak menggunakannya aku sudah menjatuhkan Oppo ini sebanyak 3x tanpa sengaja dari sekitar ketinggian meja (ukuran meja makan standard) ke lantai dan sejauh ini masih aman. ๐Ÿ˜€

Penampakan Layar

Layar pada Oppo F5 ini hampir memenuhi seluruh body depan dan memang ini lah salah satu yang digembar - gemborkan pada iklannya yaitu Full Screen dimana dengan pebandingan rasio nya 18:9 dan ukuran diagonal 6 inci. Ukuran kedalaman pixel nya adalah  1080x2160 dengan 400ppi. Cukuplah cantik dan nyaman lah untuk kelasnya.
Tidak ada tombol fisik sama sekali di layar, dan digantikan dengan tombol navigasi pada layar yang bisa diatur untuk selalu tampil atau bisa otomatis hilang saat tidak dipergunakan semisal saat menonton video atau bermain game. 
Dan karena tidak ada tombol sama sekali maka untuk finger print letaknya terdapat di belakang layar cukup nyaman dan terjangkau tentunya gunakan jari telunjuk atau jari tengah misalkan, jangan menggunakan jari jempol anda, karena akan susah menjangkau bagian belakang dari handphone ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„

Baterai 3200 mAh Tanpa Fast Charging

Untuk baterai sendiri dengan intensitas penggunaan aku yang cukup tinggi seperti yang aku sebutkan diatas, baterai ini masi mengakomodir kok, dan bisa digunakan 1 harian.
Yang cukup menjadi kendala adalah tidak adanya fitur fast charging, jadi ya agak lama kalau mau nge charge nya, sekitar 2 jam ya untuk benar2 full dari kondisi 10%. Apalagi karena intensitas pemakaian hape aku yang cukup tinggi, jadi sambil nge charge sambil pakai makin lama lah penuh baterainya ๐Ÿ˜‹ . Paling kalau mau cepet ya jangan dipakai aja waktu ngecharge dan masuk ke airplane mode, atau dimatikan semua fitur data nya terlebih dahulu.

Sound Speaker

Kualitas sound speaker nya salah satu yang aku suka, saat dipergunakan untuk memutar musik (tanpa headset) terdengar empuk adem nyaman lah, ๐Ÿ˜๐Ÿ˜ apa sih kata - katanya, ya pokoknya enak suka aja, dan untuk volume paling keras nya lumayan keras tapi gak pecah atau berisik, bulet gitu lah suaranya. 

Dan Berikut ini spesifikasi teknis lengkapnya, diambil dari GSM Arena :


NETWORKTechnologyGSM / HSPA / LTE
LAUNCHAnnounced2017, October
StatusAvailable. Released 2017, November
BODYDimensions156.5 x 76 x 7.5 mm (6.16 x 2.99 x 0.30 in)
Weight152 g (5.36 oz)
BuildFront glass, aluminum body
SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
DISPLAYTypeLTPS IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Size6.0 inches, 92.9 cm2 (~78.1% screen-to-body ratio)
Resolution1080 x 2160 pixels, 18:9 ratio (~402 ppi density)
MultitouchYes
ProtectionCorning Gorilla Glass 5
- ColorOS 3.2
PLATFORMOSAndroid 7.1.1 (Nougat)
ChipsetMediatek MT6763T Helio P23
CPUOcta-core 2.5 GHz Cortex-A53
GPUMali-G71 MP2
MEMORYCard slotmicroSD, up to 256 GB (dedicated slot)
Internal64 GB, 6 GB RAM or 32 GB, 4 GB RAM
CAMERAPrimary16 MP, f/1.8, phase detection autofocus, LED flash, check quality
FeaturesGeo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama
Video1080p@30fps, check quality
Secondary20 MP (f/2.0, 1/2.8")
SOUNDAlert typesVibration; MP3, WAV ringtones
LoudspeakerYes
3.5mm jackYes
- Active noise cancellation with dedicated mic
COMMSWLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n, WiFi Direct, hotspot
Bluetooth4.2, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS
RadioNo
USBmicroUSB 2.0, USB On-The-Go
FEATURESSensorsFingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity, compass
MessagingSMS (threaded view), MMS, Email, Push Email
BrowserHTML5
- MP4/H.264 player
- MP3/WAV/eAAC+/FLAC player
- Document viewer
- Photo/video editor
BATTERYNon-removable Li-Ion 3200 mAh battery
MISCColorsBlack, Gold, Red (6 GB only)
PriceAbout 320 EUR

TESTSPerformanceBasemark OS II: 1286 / Basemark X: 9205
DisplayContrast ratio: 2198 (nominal), 2.653 (sunlight)
CameraPhoto / Video
LoudspeakerVoice 63dB / Noise 70dB / Ring 71dB
Audio qualityNoise -93.5dB / Crosstalk -93.2dB
Battery life


Overall menurutku handphone ini worth to buy, gak nyesel sih belinya dan makin sayang ahaiiii...๐Ÿ˜๐Ÿ˜

Bingung sudah mau nulis apalagi, mana udah 3 hari tulisan ini ga kelar - kelar, ya udah disudahin dulu aja ya ๐Ÿ˜.
Kalau ada yang mau nanya - nanya mungkin  kepengen beli juga silahkan, sebisa mungkin bantu akan aku infokan ya. 
Oke terimakasih sudah membaca review ini semoga bermanfaat dan ditunggu masukan - masukannya. 






Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.