5 Drama Korea Lawas Terbaik Sepanjang Masa

Drama korea dari tahun ke tahun selalu menelurkan seri seri terbarunya. Aku masih ingat sekitar 6 tahun lalu mungkin ya saat mulai boomingnya drama korea yaitu "Descendants Of The Sun". Kala itu aku belum terlalu tertarik mengikuti drama korea karena aku merasa tidak ada manfaat dalam menonton drama. Selain itu aku juga merasa malahan saat menonton drama seperti mood kita ikut dipermainkan dalam drama. Apalagi kalau ceritanya cinta - cintaan melulu. Sekitar 3 tahun lalu ada salah seorang teman penggemar drakor yang bercerita bahwa genre drakor bervariasi, tidak melulu cerita tentang cinta - cintaan. Jadi ada beberapa genre yang bermanfaat sebagai bekal pengetahuan. Dari sanalah akhirnya aku mulai penasaran dan mulai tertarik dengan drama korea.


Drama Korea Lawas Terbaik



Serba - Serbi Drama Korea


Membahas drama korea, ada yang sependapat ga sih kalau di setiap drama korea selalu menampilkan sisi budaya / keseharian khas orang korea yang membuat kita tanpa sadar jadi mengingat dan ingin menirukan. Seperti contohnya menampilkan style gaya berpakaian dan makeup. Selain itu beberapa makanan khas korea seperti kimchi, ramen, topokki, dan makanan pedas lainnya sering banget bermunculan di beberapa scene drama korea. Membuat kita yang nonton pun jadi serasa pengen makan juga ga sih, apalagi kalau denger sruputan ramen dari tutup panci emasnya itu πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜† hmmm  berasa berliuran dah mulut ini.


Topokki Icon Drama Korea




Nah sebelum membahas 5 judul drama korea lawas yang masih layak tonton di tahun 2022 , aku sekalian mau share nih salah satu makanan korea favorit aku yaitu Topokki dan Rabokki dari Veganland yang cocok dijadikan teman saat nonton drakor πŸ˜†πŸ˜‰. Iya makanannya yang ada diatas itu ya. Kedua makanan ini diproduksi oleh CV. Boga Emas Group Surabaya, dan keduanya sudah mengantongi ijin usaha dari Badan POM. Keduanya juga Halal dan Vegan Friendly.


Camilan Teman Nonton Drama Korea


Vegan Topokki


Topokki dalam Drama Korea


Buat kalian yang belum tahu, topokki atau juga disebut Tteokbokki berasal dari kata tteok berarti kue beras dan bokki berarti makanan yang ditumis. Topokki merupakan jajanan kaki lima yang sangat populer di Korea. Di salah satu artikel kesehatan menyebut bahwa Topokki adalah salah satu makanan pedas yang bermanfaaat untuk melindungi dan menjaga kesehatan jantung. Nah menarik bukan fakta tentang Topokki ini.

Komposisi Vegan Topokki dari Veganland ini terdiri dari Topokki (Korean Rice Cake), Saus Pedas Gochujang (Halal), Gochugaru (Bubuk Cabe), Roasted Wijen. Tidak mengandung bawang - bawangan (No Allium Ingredients).


Topokki Rabokki Veganland Drama Korea



Untuk cara penyajiannya sangat mudah
1. Didihkan air 100ml, lalu masukkan Topokki beserta saus Gochujang. 
2. Aduk kurang lebih 3-5 menit sampai Topokki kenyal dan kuah mengental.
3. Angkat, dan tuang ke piring saji. Taburi Roasted Wijen, dan kalau suka pedas tambahkan Gochugaru (Bubuk cabe)
4. Topokki siap deh dinikmati sambil nonton drakor.



Makan Topokki sambil nonton drama korea



Menurutku topokki ini kekenyalannya pas banget, rasa bumbunya juga umami di lidah, gurih, sedikit rasa asam. Gochugaru yang disediakan juga pedes banget menurutku, aku yang memakainya setengah aja sudah kepedesan banget ga tahan. Padahal biasanya aku kalau makan mie instant, cabe 1 bungkus tidak terasa pedas sama sekali.


Vegan Rabokki

Rabokki hampir serupa dengan topokki dengan tambahan mie di dalam kemasannya.


Itaewon Tragedy ada Rabokki


Komposisi Vegan Rabokki ini antara lain Topokki (Korean Rice Cake), Saus Pedas Gochujang (Halal), Gochugaru (Bubuk Cabe), Mie Instant, Roasted Wijen. Tidak mengandung bawang - bawangan (No Allium Ingredients).

Untuk cara penyajiannya hampir sama dengan Topkki
1. Didihkan air 200ml dan masukkan bersamaan Topokki, Mie Instant, saus Gochujang. 
2. Aduk kurang lebih 3-5 menit sampai Topokki kenyal dan kuah mengental.
3. Angkat dan tuang ke piring saji, lalu taburi Roasted Wijen dan kalau suka pedas tambahkan Gochugaru (Bubuk cabe).
4. Rabokki siap dinikmati.


Veganland Vegan Rabokki Drama Korea



Dibanding topokki aku lebih suka rabokki ini, karena ada teok dan mie nya sendiri jadi kesannya saat makan ada variasi aja dilidah hehehe.. πŸ˜†πŸ˜†Untuk mienya sendiri meski ini vegan teksturnya cukup baik, kekenyalan mie nya pas, tidak begitu keras ataupun terlalu besar.


Nonton Drama Korea ngemil Topokki



Jika kalian ingin mencicipi juga sembari nonton drama korea, bisa langsung ke toko oren Vegan Land atau ke instagramnya @veganland.id

Oke, Itu tadi sekilas tentang makanan korea favorit aku, sekarang lanjut ke rekomendasi drama korea yang masih layak tonton di 2022.


5 Rekomendasi Drama Korea


START UP (2020)

Drama yang dibintangi oleh Bae Suzy, Nam Joo Hyuk, dan babang ganteng Kim Seon Ho 😘 ini tidak hanya menceritakan tentang kisah cinta segitiga. Tetapi juga perjuangan dalam merintis usaha di zaman yang relate banget dengan kondisi saat ini. Di dalam film ini kalian bisa mendapatkan banyak sekali ilmu - ilmu yang bisa kalian terapkan jika kalian sedang menjalankan usaha rintisan. 


Drama Korea Start Up



Seperti misalnya Nam Joo Hyuk (pemeran Do San) dan teman - temannya yang memiliki kemampuan dalam dunia teknologi mampu menciptakan sebuah aplikasi. Akan tetapi dalam hal memasarkan produknya mereka kurang menguasai karena memang mereka tidak mempelajari dunia marketing. Sehingga meskipun aplikasi buatan mereka sangat bagus tanpa dibarengi dengan marketing yang bagus membuat keunggulan produk mereka tidak tersampaikan ke masyarakat.

Cerita diatas hanyalah salah satu contoh scene yang menurutku menarik. Dan masih banyak lagi scene - scene lain yang sangat bagus untuk dipelajari dalam film ini selain kisah cintanya. Langsung aja kalian tonton ya.


Itaewon Class (2020)

Bercerita tentang Park Sae Ro Yi (Park Se Joon), setelah kecelakaan yang mengakibatkan meninggalnya ayahnya. Park Sae Ro Yi bertekad untuk melakukan balas dendam kepada pembunuh ayahnya Jang Geun Won (Ahn Bo Hyun) yang merupakan anak dari pemilik pengusaha makanan ternama Jangga Group. Lain dari film balas dendam pada umumnya, pada film ini balas dendam yang dilakukan Park Sae Ro Yi  bukan dengan membunuh, melainkan dia bertekat untuk memiliki usaha makanan yang nantinya akan mengalahkan Jangga Group.


Drama Korea Itaewon Class




Di latar belakangi pendidikan Park Sae Ro Yi yang hanya tamatan sekolah menengah atas, dan juga pernah dipenjara, serta belajar berbisnis hanya melalui buku yang di terbitkan oleh pemilik Jangga Group. Membuat perjalanan Park Sae Ro Yi  dalam merintis dan mengembangkan bisnisnya melalui berbagai rintangan. Belum lagi ditambah dengan cerita dimana perempuan yang di sukai Park Sae Ro Yi sejak masa sekolah Oh Soo Ah (Kwon Na Ra) ternyata menerima beasiswa dari Jangga Group.

Film ini menurutku banyak memberikan pelajaran dalam strategi bisnis dan marketing. Yang mana kesulitan - kesulitan yang dihadapi Park Sae Ro Yi  juga sangat relevan dengan kehidupan nyata. Selain itu adanya cerita - cerita tentang bedanya perlakuan sosial antara si kaya dan si miskin makin menambah sengitnya persaingan Park Sae Ro Yi  dan Jangga Group. Dan tentunya juga ada tambahan kisah asmara Park Sae Ro Yi yang juga sangat membuat gregetan. Cerita lengkapnya langsung aja tonton sendiri ya..


Penasaran sama 3 judul drama berikutnya? Tonton dulu yuk vlog aku makan Rabokki & Topokki





Oke kita lanjutkan ke judul Drama Korea yang lain ya..


Sky Castle (2018)

Jika 2 drama diatas lebih berkisah tentang mempelajari bisnis, drama kali ini berkisah tentang kehidupan 5 keluarga yang menempati perumahan elite di Korea bernama Sky Castle. Drama ini termasuk dalam tipe drama yang melibatkan banyak tokoh pemain. 


Drama Korea Sky Castle




Diawali cerita Han Seo Jin (Yum Jung Ah) yang berperan sebagai istri dari seorang dokter ternama Kang Joon Sang (Jung Joon Ho), memiliki ambisi untuk diterima dan diakui oleh ibu mertuanya. Seo Jin melakukan segala cara mulai dari mendukung dengan berbagai cara untuk mempromosikan suaminya mendapatkan jabatan sebagai kepala rumah sakit. Kemudian dia juga melakukan berbagai cara untuk memastikan anaknya lulus Sekolah Menengah Atas dengan nilai terbaik dan diterima di Universitas National Seoul pada jurusan kedokteran. Dimana semua cara termasuk cara licik juga rela dilakukan Seo Jin demi mempertahan gengsi dan posisi sebagai keluarga elite.

Cerita ini juga dibarengi dengan cerita dari 4 keluarga lainnya yang tentu saja juga berambisi melakukan segala cara untuk mempertahan posisi sebagai keluarga elite. Tentu saja berbagai cara ini juga memiliki dampak negatif dalam kesehatan mental mereka sendiri. 

Banyak pelajaran yang bisa dipetik dari drama Sky Castle ini bagaimana peran sebagai orang tua yang sangat menentukan kehidupan dari anaknya. Langsung nonton aja ya biar ga penasaran.


My Unfamiliar Family (2020)


Film ini menceritakan tentang hubungan dalam keluarga antara seorang wanita Kim Eun Hee (Han Ye Ri) dengan Kakak Perempuan, Adik Laki - Laki dan kedua orang tua mereka. Keluarga ini dengan anak yang masing - masing sudah memasuki usia bekerja dan usia menikah, tanpa disadari mereka menjadi sibuk dengan urusan masing - masing. Sampai - sampai mereka tidak saling mengetahui kesulitan apa yang sedang masing - masing hadapi. Alih - alih saling membantu di saat kesulitan, mereka kian hari terlibat dalam kesalahpahahaman yang makin rumit tapi tak terlihat. Hal ini dikarena masing - masing tidak saling membuka diri.


Drama Korea My Unfamiliar Family




Sampai suatu hari Lee Jin Sook (Won Mi Kyung) Ibu mereka yang setiap harinya tampak terlihat baik - baik saja meminta bercerai dari Ayahnya. Dan masih banyak kekacauan lain yang terjadi. Kim Eun Hee menyadari bahwa keluarganya sedang tidak baik - baik saja. Belum lagi dia harus menyelesaikan masalahnya dengan Manager di kantornya dan juga teman masa kuliahnya. Akankah Keluarga Kim Eun Hee kembali bahagia?

Film ini juga memberikan banyak pelajaran bagiku, karena memang tanpa disadari sering terjadi di dalam keluarga dewasa, yang mulai tidak mengenal satu sama lain dan makin menjauh.


IT'S OKAY TO NOT BE OKAY (2020)


Drama ini menceritakan perjalanan kisah cinta seorang perawat Pria yang bekerja di bangsal kejiwaan bernama Moon Gang Tae (Kim Soo Hyun) dan seorang wanita penulis buku anak  bernama Ko Moon Young (Seo Yea Ji) yang memiliki gangguan kepribadian anti sosial. Moon Gang Tae sendiri juga memiliki masa kecil yang kelam sejak terjadinya pembunuhan Ibunya, Gang Tae bersama kakaknya Moon Sang Tae (Oh Jung Se) yang memiliki gangguan autis tinggal berdua dan selalu berpindah tempat.

Drama Korea Its Okay To Not Be Okay




Pada kisah drama ini tidak hanya menceritakan hubungan asmara, tetapi juga banyak membahas dari sisi aspek psikologis. Mulai dari traumΓ  yang dimiliki Sang Tae, masa kecil Moon Young yang juga bergejolak, juga masa kecil Gang Tae yang penuh lika liku. Ketiganya dalam prosesnya berusaha untuk saling menerima masa lalu dan berusaha untuk memperbaiki diri mereka saat ini. Menurutku ini sebuah film yang mengajarkan kepada kita untuk berdamai dengan diri sendiri apapun kondisi kita.

Nah itu dia 5 Drama Korea lawas yang menurutku masih sangat layak tonton di tahun 2022 ini dan memberikan banyak pelajaran. Kalian sudah nonton yang mana nih? Komen dibawah ya..



Posting Komentar

0 Komentar