SARAHAH, Aplikasi Perpesanan Baru Yang Sedang Viral

7:44:00 PM


Sarahah, sudahkah teman - teman mendengarnya sebelum ini? Mungkin dikalangan adik - adik yang masih di bangku sekolah dan kuliah sudah banyak yang menggunakannya atau sekedar mendengar dari teman adanya aplikasi baru ini. Sedangkan teman - teman yang sudah bekerja atau lebih mungkin bisa jadi baru pertama ini mengetahui tentang Sarahah. Sebenarnya sudah banyak sekali teman - teman yang menscreenshot tampilan dari Sarahah mereka pada stories di instagram dan berbagai social media lainnya. Okei agar tidak makin penasaran mari kita bahas agar kita tidak ketinggalan berita sosial media terkini.

Sarahah berasal dari bahasa Arab yang berarti Kejujuran. Pada awalnya Sarahah dibuat di bulan Februari oleh pengembang Arab Saudi Zain al-Abidin Tawfiq yang kemudian baru diperkenalkan sebagai aplikasi pada Goggle Play dan App Store IOS pada bulan Juni. Pada awalnya dibuat aplikasi ini bertujuan untuk mendapatkan reaksi umpan balik dari karyawan terhadap Perusahaan dimana dia bekerja. Karyawan bisa menyampaikan kritikan, masukan dan berbagai pendapat lain secara ananonim, atau identitasnya tidak diketahui oleh sang penerima pesan. Pada perkembangannya banyak para remaja yang menggunakan aplikasi ini untuk menerima masukan dari sesama temannya atau ungkapan jujur apapun tanpa mengetahui siapa pengirimnya. Dan didalam Sarahah ini juga tidak mungkinkan untuk membalas pesan tersebut. Menurut aku pribadi sih aplikasi ini bisa dimanfaatkan untuk hal baik, untuk memperbaiki diri setelah menerima kritikan atau masukan dari orang lain. 

Nah kemudian bagaimana cara kerjanya, bagi yang belum mengetahui akan coba aku tunjukkan dalam postingan aku kali ini. 

Terlebih dahulu teman - teman bisa mengunduh aplikasi ini melalui Play Store Sarahah on Android atau App Store Sarahah on Apple.





Setelah selesai mengunduh, buka aplikasi tersebut, untuk pertama kali teman - teman akan dihadapkan pada tampilan seperti gambar diatas Register atau Login, jika teman - teman belum memiliki akun maka silahkan memilih pada tampilan Register, buat akun baru, isikan semua data yang diminta dan buat password kemudian Sign Up.

Berikut ini tampilan setelah melakukan pembuatan akun dan melakukan login ke dalam Sarahah. Tampilannya sangat sederhana sekali menurut aku pribadi sampai pada awalnya aku sempat bingung juga karena tidak seperti sosial media pada umumnya. 




Pada pertama kali tampilan yang terbuka adalah tampilan perpesanan / message, yang dibagi ke dalam 3 menu yaitu Received, Favourite, dan Sent. Di menu Received inilah kalian bisa melihat pesan yang telah kalian terima, dan kalian bisa menandai beberapa pesan yang kalian sukai dengan menekan tombol hati sehingga pesan akan masuk ke dalam menu Favourite, dan untuk pesan yang telah kalian kirimkan akan masuk di dalam menu Sent.





Kemudian pada bagian bawah terdapat 4 tombol, tombol message, tombol kaca pembesar, tombol planet, dan tombol ikon orang. 
Tombol Message / Pesan adalah yang sudah kita bahas diatas.


Tombol Kaca Pembesar / Search, disini kita bisa mencari nama penggunana / username Sarahah dari teman kita agar supaya kita bisa mengirimkan pesan ke mereka. Bagaimana jika kita tidak mengetahuinya, ya tidak ada cara lain selain menanyakan ke orangnya langsung. Biasanya teman - teman sesama pengguna Sarahah akan saling memamerkan kode akun sarahah nya pada beberapa media sosial lain. Untuk mengirimkan pesan setelah ditemukan usernamenya tinggal dipilih dan ketikkan pesan yang diinginkan kemudian tekan tombol Send pada bagian bawah kotak pesan. Lihat gambar diatas.




Tombol Planet, sampai dengan tulisan ini dibuat tombol ini belum bisa dipergunakan.



Tombol ikon Orang (lihat gambar diatas), pada bagian ini menampilkan informasi akun kita. Jika ingin mengganti maka pada pojok kanan atas terdapat tombol setting, plih tombol tersebut  dan pilih account pada bagian paling atas. Maka akan ditampilkan infyang terdiri dari Foto yang bisa diganti, Nama Akun (bukan username sarahah, email yang kita pakai untuk mendaftarkan akun kita, dan menu Change Password untuk mengganti Password jika diinginkan. 



Setting yang lain seperti pada gambar diatas antara lain setting untuk notifikasi jika ada pesan baru yang masuk, apakah akan membunyikan suara, apakah mempopup tampilan pesan yang masuk pada handphone, dan apakah mengirimkan notifikasi ke email. Jika fungsi ini dinyalakan maka tampilan tombol disebelah kanannya akan berwarna biru.
Kemudian berikutnya setting Privacy, apakah kita membolehkan Username kita terlihat saat di search orang lain, dan apakah siapapun boleh mengirimkan pesan ke kita.
Dibawahnya terdapat setting bahasa yang bisa diganti.
Berikutnya adalah informasi terkait aplikasi Sarahah.

Sarahah ini juga bisa kita buka melalui alamat webnya yaitu www.sarahah.com dan kita tinggal memilih menu Login pada bagian kanan atas atau di sebelah kiri pada sebelah menu Register.





Pada tampilan tersebut diatas masukkan username dan password kemudian tekan tombol login. Berikut ini adalah tampilan Sarahah pada versi web. 




Di dalam versi web kalian hanya bisa melihat pesan yang diterima saja tanpa bisa mengirimkan pesan. Sedangkan pada bagian setting (lihat gambar dibawah ini) terdapat menu terkait akun sarahah yang kita miliki termasuk juga menu untuk menghapus akun sarahah yang kita buat.




Oke sampai disini penjelasan aku tentang Sarahah semoga bermanfaat, jika ingin menyampaikan kritik dan pesan silahkan tinggalkan di kolom komentar dibawah ya. Dan jika ingin mengirimkan pesan di Sarahah aku bisa di riawati9u.sarahah.com. Terimakasih

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.