Pinjam Buku Gratis? iPusnas Aja - Perpustakaan Digital Nasional Indonesia

11:21:00 PM



Berapa waktu yang lalu aku sempat tertarik dengan sebuah judul buku dan tentu saja ingin membelinya. Hanya saja akhir - akhir ini aku agak enggan membeli buku baru dikarenakan lemari buku yang aku miliki dirumah sudah cukup penuh terisi, sehingga aku sedang memikirkan alternatif untuk beralih ke e-book.

Berlatar belakang hal tersebut maka isenglah aku bersurfing di Google Play Store mencari - cari aplikasi e-book. Sebelumnya pernah beberapa kali aku menjelajah ke aplikasi - aplikasi yang menyediakan e-book (* bagi yang belum tau e-book merupakan buku dalam bentuk digital yang biasa diakses melalui komputer, handphone dan gadget lain). Rata-rata penyedia aplikasi e-book masih seputaran buku komik dan majalah dan dimana semuanya berbayar, karena mayoritas aplikasi tersebut menjual ebook dari beberapa penerbit.

Dan pada saat aku mencari - cari beberapa aplikasi e-book disana aku menemukan iPusnas ini. Yang membuat aku tertarik pertama kali saat muncul nama iPusnas di Google Play Store adalah tertera keterangan singkat Perpustakaan Nasional. Rasa penasaran aku pun langsung menyeruak antara penasaran bagaimana sih Perpustakaan Nasional dalam bentuk aplikasi dan jujur didalam benakku, aku agak meragukan apakah akan bagus aplikasinya?

Untuk menjawab penasaranku kemudian aku lanjut membaca keterangan dari aplikasi tersebut, singkatnya cuplikannya adalah sebagai berikut :
"iPusnas adalah aplikasi perpustakaan digital persembahan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia bekerja sama dengan Aksaramaya selaku pengembang aplikasi".
Dan wow sepertinya menarik juga dalam hati aku membatin dan langsung terbersit kebanggan pada Negara Tercinta ini, wah ternyata keren juga bisa ada aplikasi perpustakaan semacam ini dengan skala nasional, dan tak berlama - lama langsung aku unduh aplikasi tersebut.
Sebagai informasi aplikasi ini bisa di unduh baik pada Android maupun pada iOS
Unduh iPusnas di Google Play
Unduh iPusnas di App Store

Tak berpanjang lebar lagi mari kita lihat bagaimana sih iPusnas ini. Kebetulan yang aku unduh adalah iPusnas versi 1.2.4. Perbedaan versi mungkin akan sedikit berbeda pada menu didalamnya.
Berikut ini adalah tampilan layar pertama kali :


Pict 1. Menu Depan iPusnas


Dan kemudian inilah tampilan daftar koleksi buku


Pict 2. Koleksi Buku


REGISTRASI

Nah untuk melanjutkan ke menu lain misal menu untuk melihat deskripsi buku atau meminjam, kita diberi 2 pilihan login yaitu dengan akun Facebook atau dengan email.
Ketika kita memilih salah satu dan kita belum pernah mendaftarkan akun kita maka akan muncul notifikasi dimana kita diminta melakukan registrasi.
Berikut ini contoh tampilan registrasi menggunakan facebook, aplikasi ini akan membaca akun facebook yang sedang aktif pada gadget yang sedang kita pergunakan, tekan continue untuk melanjutkan.


Pict 3. Registrasi Facebook


Berikut ini contoh tampilan registrasi menggunakan email, silahkan masukkan nama, alamat email, no telephone, dan password / kata kunci.


Pict 4. Registrasi e-mail


Ketika informasi data diatas sudah diinput maka akan ditampilkan lembar persetujuan.
Setelah selesai kita akan masuk ke tampilan menu untuk menambah teman, jadi didalam iPusnas ini juga memiliki menu social media / pertemanan sebagai sesama pengguna iPusnas, jangan lupa tambah aku sebagai teman ya, cari nama pengguna aku Kiyandra. Pilihan menambah teman ini bisa di skip jika belum menginginkan untuk menambah teman.


Pict 5. Suggest Friend


MENU UTAMA

Nah setelah pendaftaran selesai kita akan dikembalikan ke antarmuka utama dari iPusnas dengan deretan judul - judul bukunya. Ada 5 menu besar yang digambarkan dengan icon pada bagian atas tampilan, untuk itu langsung saja aku bahas satu per satu mulai dari tombol paling kiri.



1. Collection - dengan icon Buku Terbuka


Pict 6. Koleksi Buku


Pada bagian ini kita bisa melihat semua koleksi buku dari iPusnas di bagian bawah icon terdapat tulisan Book Category, ketika kita pilih akan ditampilkan berbagai pilihan kategori buku yang tersedia, tampilan ini akan memudahkan kita pada saat ingin meminjam buku, buku dalam genre apa yang ingin kita cari. Aku rasa disini ada sekitar 50 an genre buku dan penggolongannya lumayan bermanfaat sekali. Dan dari setiap genre per tulisan ini dibuat rata- rata sudah ada sekitar 30an pilihan koleksi buku per tulisan ini dibuat.



Pict 7. Kategori Buku

Berikut ini contoh buku yang aku pilih pada bagian motivasi yaitu buku dengan judul from Nobody to Somebody. Pada saat kita memilih pada salah satu buku, maka akan ditampilkan informasi detail buku seperti tampak dibawah ini.


Pict 8. Detail Buku



Terdapat informasi tombol Borrow untuk meminjam, selain itu informasi jumlah salinan ebook yang tersedia untuk dipinjam, ukuran file e-book, serta informasi lain seperti nama pengarang, synopsis buku, tahun publikasi dan nama penerbit. Pada iPusnas terdapat menu yang menunjukkan siapa saja yang sedang meminjam buku tersebut, kemudian siapa saja yang pernah meminjam, dan kita juga bisa menuliskan review untuk buku yang sudah kita baca tersebut.

Melalui iPusnas ini kita juga bisa berbagi link buku yang ada di iPusnas pada aplikasi lain semisal pada aplikasi percakapan line atau wa, dan kita juga bisa merekomendasikan buku tersebut kepada sesama pengguna iPusnas.

Lengkap sekali bukan menunya, nah untuk meminjam maka silahkah tekan Borrow, maka otomatis buku yang sedang dipinjam akan masuk dalam Bookshelf kita (penjelasan lanjutan ada pada menu no 4 dibawah).

2. ePustaka - dengan icon tumpukan buku tertutup
Menu ini merupakan kumpulan instansi atau penerbit yang sudah bekerjasama dengan iPusnas yang menyediakan bukunya untuk dipinjam melalui iPusnas.  Ketika dipilih pada salah satu ePustaka didalamya akan terdapat daftar buku dari Pustaka tersebut dan kita juga bisa memfollow pustaka tersebut.


Pict 9. ePustaka


3. Feeds - dengan icon logo iPusnas

Seperti layaknya feeds pada social media, pada feeds ini akan nampak buku apa saja yang baru diunggah oleh admin, kemudian nama orang yang baru join akan muncul di feed ini, dan beberapa informasi lain


Pict 10. Feed


4. Bookshelf - dengan icon laci buku



Pict 11. Bookshelf 1
Pict 12. Bookshelf 2


Melalui menu ini kita bisa menemukan buku yang telah kita pinjam. Jika kita sentuh pada salah satu buku akan nampak prosentase pencapaian kita dalam membaca buku tersebut, kemudian kapan expiration days untuk buku kita. Nah jadi expiration days ini merupakan batas waktu peminjaman buku kita dimana yang sudah aku coba batasnya berbeda ada yang 2 hari dan ada yang 3 hari. Jadi bukan berarti ketika kita pinjam buku ini akan selamanya ada di rak buku kita, tidak seperti itu, karena pengguna iPusnas lain juga akan meminjam buku tersebut. Nah andaikan sampai batasnya ternyata kita belum selesai membaca, maka kita tinggal meminjam ulang saja buku yang sama.

Melalui menu ini juga kita bisa mengembalikan buku lebih cepat dari waktu expiration.
Ketika mencapai batas expiration days maka otomatis buku yang telah kita pinjam akan hilang dari bookshelf kita.

5. Notifications - dengan icon lonceng
Menu ini merupakan informasi notifikasi untuk akun pengguna kita semisal ada yang memfollow kita, memberikan like pada comment kita dan termasuk menu untuk melihat pesan yang masuk untuk kita dari pengguna iPusnas yang lain.

6. Search - dengan icon kaca pembesar
Pada menu ini kita bisa menemukan buku yang ingin kita baca dengan mengetikkan judul buku atau nama pengarang, atau bisa juga kita mencari nama pengguna iPusnas lain


Pict 13. Search


MEMBACA BUKU DI iPusnas

Dan sampailah kita pada bagian utama mungkin ya dalam topik ini, bagaimana pengalaman aku membaca buku di iPusnas. Untuk buku yang sudah di unduh melalui iPusnas bisa dibaca pada saat luring / offline, akan tetapi jika ingin mencari kembali buku baru dan meminjamnya maka harus pada saat daring / online.

Berikut ini adalah tampilan antar muka saat membaca buku, menurut aku proses kerja aplikasinya sangat bagus, tidak ada tanda - tanda lambat atau berat saat bergulir dari 1 halaman ke halaman lain baik itu menggunakan animasi atau tidak. Kemudian respon saat membuka buku juga cepat. Terdapat pilihan tampilan untuk melihat buku yang bisa kita atur sesuai selera kita.


Pict 14. Tampilan Buku
Pict 15. Pilihan Tampilan


Jika kita ingin menandai pada halaman tertentu yang mungkin menurut kita menarik maka fitur penanda sudah disediakan yang diletakkan di pojok kanan atas, dimana nantinya halaman mana saja yang sudah ditandai akan terlihat pada menu Bookmark di Daftar Halaman.


Pict 16. Bookmark

Fungsi ini sangat berguna bagi aku, dimana aku suka melihat kembali point penting dari sebuah buku. Mungkin akan lebih nyaman lagi jika terdapat fungsi seperti stabilo, yaitu menandai kalimat tertentu. Semoga saran aku ini dibaca oleh iPusnas hahahaha 😁😁

Kemudian bagian yang menyenangkan menurut aku adalah ketika kita sudah membaca sampai pada halaman semisalkan 28 dan kita keluar dari aplikasi iPusnas, disaat kita kembali ke aplikasi tersebut dan mebuka pada buku yang sama maka otomatis terbuka pada halaman 28. Fitur sederhana ini belum tentu tersedia di semua aplikasi ebook.


KESIMPULAN

Secara keseluruhan menurut aku aplikasi iPusnas ini sangatlah bermanfaat dan fiturnya benar - benar melebihi ekspektasi dan bisa dibilang cukup sempurna untuk sebuah aplikasi e-book. Buku yang tersedia juga banyak dan bervariasi, ketersediaan e-book untuk dipinjam juga banyak. Dan aku merasakan bahwa aplikasi ini juga dibuat dengan sungguh - sunguh dan tidak asal - asalan.
Meskipun memang ada beberapa  kekurangan, semisal yang aku temukan terkadang di deretan judul buku pada saat aku bergulir kebawah, ada beberapa buku yang telah muncul diatas akan muncul kembali dibawah dan munculnya ini terkesan seperti ada kesalahan pada system karena ada gejala "nge-freeze" sepersekian detik sedikit sebelum kemudian muncul kembali bersama deretan judul buku yang lain. Mungkin untuk pengguna yang tidak seteliti seperti aku, hal ini tidak akan terlalu terasa.

Diluar semua kelebihan dan kekurangan tersebut, ternyata setelah aku membaca dan mencari tahu kesana kemari, aplikasi ini sudah ada sejak 2016 dan aku sendiri baru mengetahui beberapa hari sebelum tulisan ini dibuat, entah aku yang ketinggalan berita, atau bagaimana hahahaha πŸ˜€πŸ˜…. Akan tetapi aku rasa masih banyak masyarakat yang belum mengetahui iPusnas ini. Harapan aku pribadi kedepannya iPusnas ini lebih banyak diperkenalkan di masyarakat Indonesia dan koleksi bukunya juga semakin dilengkapi  dan diperbanyak.

Akhir kata sekian review aku untuk iPusnas, jika ada yang salah mohon dimaafkan dan mohon koreksi dari teman - teman pembaca terimakasih dan semoga bermanfaat.
Yuk sama - sama membaca di iPusnas, dan aku tunggu ya pendapat kalian tentang iPusnas.









2 komentar:

  1. mau coba makasi infonya mba πŸ˜—πŸ™ŒπŸ»

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 Mba, senang sekali kalau bisa berbagi info πŸ™πŸ™πŸ˜˜

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.