All About Samsung Galaxy S8 & S8+

5:02:00 PM
Pict From Cnet.Com

Seperti kita ketahui bahwa pada akhir bulan Maret yang lalu Samsung telah merilis handphone andalan terbarunya yaitu Galaxy S8 dan Galaxy S8+. Untuk di Indonesia sendiri handphone ini sudah mulai bisa kita pesan per awal April kemarin dan sudah bisa mengelus – ngelus handphone barunya pada awal bulan Mei. Nah kali ini aku mencoba menulis rangkuman informasi tentang kedua handphone ini barangkali masih ada teman – teman yang ingin mendapatkan info seputar kakak adik Galaxy S8 dan S8+.


Pict from Forbes.Com

Body dan Layar
Galaxy S8 dan S8+ dengan slogan andalannya Infinite Display yaitu hadir dengan tampilan layar yang nyaris tidak terbatas, pada sisi kanan dan kiri masih menggunakan layar melengkung, sedangkan pada sisi atas dan bawah bingkai atau biasa disebut bezel ini tampil sangat tipis sekali dan berwarna hitam pada semua warna apapun, cukup elegance menurut aku, akan tetapi untuk penggemar warna putih mungkin harus lapang dada menerima tidak ada pilihan bingkai warna putih.



Pada layar bagian depan ini sama sekali tidak ada tombol fisik. Tombol fisik digantikan oleh fitur AOD (Always On Display), sesuai nama fiturnya tombol home akan berupa icon pada layar dan akan selalu menyala. Body bagian belakangnya masih menggunakan bahan yang sama dengan Samsung Galaxy S7 yaitu perpaduan antara kaca dan aluminium. Dan terdapat 5 pilihan warna yaitu Midnight Black, Orchid Gray, Maple Gold, Coral Blue dan Arctic Silver.
Pict From luckysebastian.gadtorade.com

Kemudian dari sisi ukuran Galaxy S8 dibekali dengan layar 5,8 inci dengan resolusi 2.960 x 1.440. Sementara, Galaxy S8+ punya layar 6,2 inci dengan resolusi yang sama dengan Galaxy S8. Layarnya sendiri masi menggunakan Super Amoled sama dengan sebelum – sebelumnya dan dengan kedalaman warna 16M dan ada pilihan screen resolution apakah menampilkan HD+ FHD+ atau WQHD+. Ada pula fitur baru yang disematkan pada layarnya yaitu Infinity Display, dimana meskipun secara resolusi kelihatan memanjang, namun gambar atau video yang kita lihat tidak akan menjadi gepeng. Meskipun format layar baru ini belum sepenuhnya didudukung oleh semua aplikasi, tetapi akan terdapat setting untuk kita bisa mengatur supaya aplikasi tampil memenuhi layar tanpa menyisakan garis hitam.

Kamera
Kamera belakangnya masih dengan kamera tunggal yang memiliki kedalaman 12mp.. Salah satu keunggulan kamera belakang di Galaxy S8 adalah HDR, jika pada standar HDR smartphone lain membutuhkan waktu karena menyatukan 3 foto simultan, pada Galaxy S8 fitur HDR ini didukung langsung dengan SoC prosesor, sehingga kecepatan pengambilan foto sama seperti mengambil foto biasa. Pada kamera belakang untuk mode Selective Focus nya sudah bekerja lebih baik dari sebelumnya yaitu dalam hal ketika memisahkan bagian mana yang ingin di blur dan bagian mana yang tidak, jika sebelumnya fitur ini agak kurang teliti dalam memisahkan bagian yang blur dan tidak. Dengan aparture lensa F/1.7 S8 juga mempu menghasilkan foto yang baik meski dengan pencahayaan yang kurang.
Berikut ini hasil foto dari kamera belakang.
Pict From luckysebastian.gadtorade.com

Pict From luckysebastian.gadtorade.com

Pict From luckysebastian.gadtorade.com

Untuk kamera depan dengan kedalaman 8mp, mode beauty dan auto focus tetap ada di bagian kamera depan, penting nih untuk yang gemar selfie. Kamera depan nya juga dilengkapi dengan fitur HDR dan selective focus, jadi hasil fotonya bisa hanya difokuskan ke wajah dan back groundnya di blur. Kemudian dibagian kamera depan ini kita dapat menemukan menu untuk menambahkan fun sticker. Yah fun sticker seperti menambah telinga kelinci, kucing, dll pada foto kita seperti yang sedang trend saat ini, lucu banget kan, jadi kita tidak perlu lagi menginstall aplikasi lain, karena dari kamera bawaannya sudah ada.
Berikut ini contoh – contoh hasil foto kamera depan.
Pict From luckysebastian.gadtorade.com

Pict From luckysebastian.gadtorade.com


Irish Scanner
Pada Galaxy S8 dan S8+ ini juga dilengkapi dengan fitur keamanan Irish Scanner untuk membuka penguncian handphone seperti pada S7. Pada S8 irish scanner sudah bisa bekerja dalam gelap karena dilengkapi dengan sinar infra merah yang bisa membaca pola iris mata kita.

Face Recognition
Fitur baru untuk security pada S8 yang lain yaitu Face Recognition, yaitu mendeteksi wajah kita untuk membuka penguncian handphone. Face Recognition ini bekerja cukup cepat, namun pada kondisi gelap agak kurang maksimal.

Bluetooth 5.0
Samsung Galaxy S8 dan S8+ kabarnya merupakan smartphone pertama yang menggunakan Bluetooth terbaru ini. Bluetooth 5.0 dua kali lebih cepat dari Bluetooth 4.2 dan dengan jaangkauan yang lebih luas. Kemudian bluetoot seri terbaru ini bisa dikoneksikan dengan lebih dari 1 perangkat bluetooth, jadi bisa nih dipake denger lagu samaan dengan pacar pake 2 headset bluetooth, hehe...

Bixby
Dan ini lah fitur andalan lainnya Bixby, si Bixby ini merupakan assistant pintar seperti layaknya fitur Hello Goggle. Jadi kita bisa melakukan pengiriman pesan, melakukan panggilan ataupun menjalankan aplikasi menggunakan suara. Tapi untuk sementara masih bisa 3 bahasa saja Inggris Korea dan Mandarin. Untuk memanggil si Bixby ini kita tinggal menekan satu tombol dibawah tombol volume. Si Bixby ini memiliki 4 kemampuan yaitu untuk Talk, See, Recommend dan Remind. Talk yaitu mengenali perintah suara dari kita. Kemudian See untuk melihat melalui kamera jadi merekam gambar dan menemukan gambar sejenis, atau membaca tulisan dari gambar atau buku dan kemudian memungkinkan untuk pilihan terjemah yang berkolaborasi dengan google translate. Recommended merekomendasikan kepada kita sesuai kebiasaan kita misal email yang harus dibaca, informasi cuaca dan sebagainya. Remind mengingatkan jadwal kita berdasarkan waktu dan lokasi kita.

Sistem Operasi dan Prosesor
Galaxy S8 menggunakan OS Android 7.0 Nougat, dengan prosesor Octa-Core Exynos 8895 yang dipadukan dengan RAM 4 GB dan storage 64 GB dimana storage masih bisa ditambah sampai 265GB. Prosesor tersebut menggunakan GPU Mali-G71MP20. Dengan prosesor seperti itu sudah termasuk dalam kategori yang sangat baik dalam performa komputasi dan grafisnya, bahkan dari beberapa sumber nilai Antutu Benckmark mencapai 171ribu poin dan merupakan nilai yang sangat tinggi untuk saat ini.

Kesimpulan
Menurut aku pribadi untuk penampilannya oke lah keren dan futuristik, kemudian tidak ada tombol fisik ini yang aku suka. Kalau fitur - fitur lain sih kalau penggunanya bisa memanfaatkan secara maksimal katakan Bixby ini sangat bagus sekali tetapi kalau tidak digunakan ya sama aja bohong percuma beli S8, mending beli handphone yang lebih low price. Kapasitas penyimpanan bisa ditambah sampai dengan 265GB ini yang asyik apalagi yang suka foto – foto dan menyimpan lagu, semoga saja prosesor yang disediakan juga bisa mengimbangi kecepatan membaca data ketika benar2 terisi sampai dengan kapasitas maksimal tersebut.

Sekian semoga tulisan ini bermanfaat sebagai referensi.

2 komentar:

  1. Bagus ulasannya. Mudah dipahami dan sarat informasi. Ditunggu artikel berikutnya. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat ya

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.