Cara Menjaga Kesehatan Paru - Paru Dengan Air Purifier

Cara Menjaga Kesehatan Paru - Paru



Sudah setahun lebih ya kita dihantui oleh virus, dimana virus kali ini lebih sering menyerang area paru - paru kita. Paru - paru merupakan bagian tubuh yang sangat penting dalam  menunjang kehidupan. Ketika paru - paru terhambat seperti timbulnya bercak pada paru - paru, maka bisa mengakibatkan komplikasi berupa berbagai penyakit, bahkan sampai mengancam nyawa.

Sebenarnya jauh sebelum pandemi, kewajiban untuk menjaga kesehatan paru - paru adalah suatu keharusan. Namun kita sering lalai karena efek gangguan pernapasan tidak seluruhnya nampak dalam waktu singkat, sehingga kita cenderung meremehkan. Gangguan paru - paru bisa disebabkan oleh banyak hal seperti diantaranya polusi udara, baik itu polusi dalam ruangan maupun luar ruangan. Mungkin sebagian kita masih asing dengan polusi di dalam ruangan, begitupun denganku yang baru mengetahui akhir - akhir ini. Contoh polusi dalam ruangan antara lain adanya bahan kimia yang terkandung di dalam furniture, lalu rumah - rumah modern yang sering menggunakan lantai, plafon, dan daun pintu berbahan PVC. Belum lagi aneka pembersih rumah tangga yang mengandung berbagai bahan kimia. Kemudian ada juga gangguan tungau, jamur, ataupun asap rokok, asap saat memasak, yang ternyata sangat mempengaruhi kesehatan, tidak hanya kesehatan paru - paru kita, bahkan bisa memicu berbagai penyakit lain seperti asma, kanker paru-paru, stroke, serangan jantung dan diabetes.

 

Gangguan Kesehatan Komplikasi Paru - Paru
Gangguan Kesehatan Akibat Polusi Udara

Tentunya gaya hidup modern yang dihantui polusi diatas harus diimbangi dengan cara menjaga kesehatan paru - paru. Ada berbagai cara menjaga kesehatan paru- paru, mulai dengan yang gratis ataupun dengan sedikit usaha. Namanya mau sehat harus usaha donk ya... 😀😀

 

 

Cara Menjaga Kesehatan Paru - Paru Dengan Air Purifier

Nah kali ini aku ingin berbagi beberapa cara menjaga kesehatan paru - paru. Cara menjaga kesehatan paru - paru ini aku rangkum dari berbagai sumber ya.

1.     Rutin berolahraga

2.     Mengkonsumsi makanan bergizi

3.     Konsumsi air putih

4.     Rajin mencuci tangan

5.     Stop merokok

6.     Menghindari paparan polusi

Poin pembahasan pada tulisan kali ini akan lebih aku fokuskan pada poin no 6 yaitu menghindari paparan polusi khususnya polusi dalam ruangan. Nah kali ini aku mencoba menggunakan Air Purifier sebagai cara menjaga kesehatan paru - paru.

 

Banyak pilihan Air Purifier yang beredar di pasaran, dan pilihanku akhirnya jatuh pada brand CLEA. Kenapa akhirnya aku memilih brand ini, nah aku jelasin dibawah ya..

 

Cara Menjaga Kesehatan Paru - Paru
Penulis menggunakan Clea Air Purifier Dirumah

 


Spesifikasi CLEA AIR PURIFIER

Clea Air Purifier yang merupakan produk dari gogomedia.id, seri yang aku pergunakan ini yaitu model CA-UV01. Menggunakan daya listrik hanya 42W. Untuk ukuran bodynya menurutku pas tidak terlalu besar ataupun terlalu kecil yaitu dengan PxLxT 31,1 x 18,1 x 53,2 cm. Dilengkapi dengan panjang kabel 15M. Untuk berat produk ini hanya 4,5kg, sehingga memudahkan saat akan dipindah - pindahkan.


Cara Menjaga Kesehatan Paru - Paru Dengan Air Purifier
Clea Air Purifier memiliki ukuran compact



Produk ini sudah dilengkapi garansi 2 tahun ya. Dan jika kalian berniat meminang Clea Air Purifier ini melalui online, jangan kuatir karena saat pengiriman unit Clea ini sudah dilengkapi dengan dobel kardus. 


Clea Air Purifier untuk kesehatan paru - paru
Dobel Kardus Clea Air Purifier


 

Keunggulan CLEA AIR PURIFIER

Nah ini dia kenapa akhirnya pilihanku jatuh pada CLEA AIR PURIFIER sebagai salah satu pilihan cara menjaga kesehatan paru - paru keluargaku karena adanya keunggulan - keunggulan sebagai berikut :

 

Menggunakan 5 Lapis Filter

Seperti yang sudah dijelaskan diatas cara menjaga kesehatan paru - paru adalah dengan menghindari paparan polusi, dengan adanya 5 lapis filter pada CLEA ini, otomatis udara yang akan kita hirup disaring sebanyak 5x. 

 

Pre Filter

Memfilter udara dari partikel besar seperti rambut, bulu binatang, dll.

Paru - Paru Sehat dengan memakai Clea Air Purifier
Pre Filter dari Clea Air Purifier


 

HEPA Filter H13 Medical Grade

 

HEPA 13 merupakan level HEPA terbaik untuk dikelas Air Purifier. Dan pemerintah saat PPKM darurat kemarin juga menyarankan untuk penggunaan Air Purifier HEPA 13 di dalam ruangan tertutup. Dengan HEPA 13 ini dapat memfilter 99.97% partikel kecil hingga ukuran 0,3 mikron.

 

Cara Menjaga Kesehatan Paru - Paru

Air Purifier HEPA 13
Standard HEPA Filter


 

Activated Carbon Filter

Activated Carbon Filter yang digunakan pada CLEA ini  menggunakan susunan honeycomb yang super rapat. Dengan susunan yang super rapat ini sangat bagus untuk menyerap bau – bauan, seperti asap rokok, gas formal dehyde, dan gas berbahaya lainnya.


Referensi Air Purifier
Activated Carbon Filter Clea Air Purifier

Referensi Air Purifier Dengan Activated Carbon
Struktur Honey Comb pada Activated Carbon

 


 

UV-C 254nm

UV-C ini berupa mirip seperti lampu berwarna biru yang berada pada bagian dalam CLEA. Dimana UV-C ini secara ilmiah mampu membunuh virus, bakteri, dan jamur sampai 99,9% yang telah tersaring di filter.

Referensi Air Purifier Dengan UV-C 254nm
UV-C 254nm pada Clea Air Purifier


 

Ion Negative

Alat ini juga melepaskan Ion Negative yang akan bekerja untuk menghilangkan kuman di udara, mengurangi alergen di udara, dan mengurangi depresi.

Air Purifer dengan Anion


 

 

Fitur CLEA AIR PURIFIER

Sejauh ini aku sudah share kelebihan - kelebihan utama dari CLEA air purifer. Selain poin diatas masih terdapat fitur tambahan yang membuat CLEA air purifier ini layak dijadikan alat sebagai salah satu cara menjaga kesehatan paru - paru kita. Fitur tersebut antara lain

1.     Air Quality Display yang menampilkan kualitas udara dalam ruangan dengan indikator dalam angka dan warna. Semakin kecil angkanya, udara semakin baik. Terdapat 3 indikator warna Merah yang berarti udara buruk, hijau udara biasa, dan biru udara bagus.

Cara Menjaga Kesehatan Paru - Paru Dengan Air Purifer
Air Quality Display


2.     Pengatur Waktu, terdapat pilihan 1h / 2h / 4h / 8h untuk rentang waktu menyalakan CLEA air purifier.

3.     Kecepatan Udara, terdapat 4 pilihan kecepatan udara yaitu pelan, sedang, cepat atau auto

4.     Mode Tidur, saat mode tidur dipilih, semua lampu pada unit CLEA air purifer padam, sehingga tidak menggangu tidur kita.

5.     UV Child Lock, pengaman untuk anak - anak

Cara Menjaga Kesehatan Paru - Paru Dengan Air Purifer
Tampilan deretan tombol pada Clea Air Purifier


6.     Pengingat untuk penggantian filter


Clea Air Purifier
Air Cleaner Quality Sensor


 

Oh ya selain keunggulan dan fitur yang dimiliki CLEA air  purifier diatas, unit ini juga sudah mendapatkan sertifikasi international RoHS.

 

Air Purifier Bersertifikasi RoHS
Tanda Sertifikasi RoHS pada Clea Air Purifer


 

 

Kesan Pemakaian CLEA AIR PURIFIER

Per tulisan ini dibuat aku sudah menggunakan CLEA air purifier ini selama sebulan dirumahku. Dengan pemakaian rutin setiap hari kualitas udara dirumahku menjadi lebih bagus dan segar. Aku sendiri punya semacam alergi, jadi saat bangun di pagi hari sering bersin - bersin dan meler, setelah menggunakan CLEA ini bersin dan meler ku sudah tidak ada lagi. 

 

Aku juga pernah mencoba meletakkan CLEA ini didapur saat sedang masak dengan banyak asap, saat pertama kali dinyalakan indikatornya berwarna merah karena memang banyak asap, selang sekitar 2 menit mulai berangsur turun dari hijau dan akhirnya ke biru. Benar - benar terbukti membersihkan udara.

 

Air Purifier membersihkan virus
Clea Air Purifier


 

Pernah sekali dikamarku saat malam karena bermaksud mengusir kecoa suamiku menyalakan vacuum cleaner. Setelah itu kamipun bersin - bersin karena ada udara bocor dari vacuum cleaner kami. Lalu aku menyalakan CLEA air purifier dan sesaat kemudian udara bersih kembali dan tidak membuat kami bersin - bersin.

 

 

PROMO CLEA AIR PURIFIER

Nah buat kalian yang pengen nyobain juga CLEA air purifier ini dirumah sebagai salah satu cara menjaga kesehatan paru - paru khususnya dimasa pandemi ini, kalian bisa manfaatkan PROMO nya, langsung klik disini ya. Lumayan donk dari normalnya Rp. 3juta jadi cuman Rp. 1,699 juta aja lho.. buruan manfaatin promonya.

 

Nah bagaimana pendapat kalian tentang Clea Air Purifier, komen dibawah ya

 

Posting Komentar

18 Komentar

  1. wah terima kasih buat referensinya, kebetulan saya belum punya air purifier nih di rumah, mau ah beli, TFS

    BalasHapus
  2. pengen beli juga jadinya ini referensinya membantu banget ternyata banyak juga ya manfaatnya

    BalasHapus
  3. auto melek begitu lihat promonya waw lumayan banget kak! kebersihan udara di rumah emang harus bener-bener jadi perhatian juga ya

    BalasHapus
  4. Wah thanks mbak, aku emang lg cari air purifier nih soalnya rumahku mayan berdebu. Apalagi yang hepa ya bagus buat menangkal virus corona juga. Diskonnya mayan banget tuuh :D

    BalasHapus
  5. Harganya lagi diskon besar banget, bagus jg buat kesehatan aplagi saat" sperti ini butuh banget air purifier.

    BalasHapus
  6. Punya air purifier ini penting banget ya di rumah buat menjaga kelembaban udara dan kesehatan. Kayaknya wajib punya nih, apalagi orang rumah masih ada yang merokok. Btw lumayan juga mbak diskonnya.

    BalasHapus
  7. Air purifer ini emang penting banget dimiliki apalagi kalo tinggal di daerah perkotaan padat penduduk kayak Jakarta, polusi di mana mana.

    BalasHapus
  8. Wuhuu udah dri lama naksir pengen beli air purifier tapi belom kesampean! Punya LG menarik juga yaaa

    BalasHapus
  9. Kalau ada CLEA air purifier yang bisa diandalkan begini, auto bersih udara di rumah dan menjadikan hidup lebih berkualitas yaa.. Karena di rumah juga ada anak-anak 24 jam. Kudu banget udara bersih dan bebas dari ion-ion negatif di udara.

    BalasHapus
  10. Kebetulan Eny nyari airpurifier yg oke nih ka... Eh baca ini pas bgt yaa banyak bgt lagi manfaatnya

    BalasHapus
  11. Produk yang nice to have ya ini. Apalagi kalo ada anak2, udara bersih butuh banget buat keaehatan mereka.

    BalasHapus
  12. huaa! aku mau nih air purifier gini.. anakku alergi debu, cocok banget kya nya kalo ada air purifier di rumah ya.. masuk wish list belanjaan dulu ini xD

    BalasHapus
  13. betul banget kak, nomor 6 alias polusi itu memang ada di mana-mana termasuk di rumah ya, jadi kayaknya memang wajib banget ya buat jaga paru kita menerapkan pola hidup sehat dan salah satunya bisa gunakan air purifier ini, wah jadi pengen pakai juga di rumah kak

    BalasHapus
  14. makin kesini, air purifier bakal jadi kebutuhan nih, bukan lagi sekadar pelengkap rumah ya. emang harus mulai peduli banget sama kesehatan nih. terima kasih informasinya, mbak

    BalasHapus
  15. thanks review dan referensinya. jadi dapat alternatif yang lebih sesuai kebutuhan

    BalasHapus
  16. Wah bener ya cocok untuk yang ada alergi, sedikit debu jadi bersin melulu pakai air purifier ini jadi udaranya lebih bersih dan bebas kuman.. Modelnya cakep dan Harganya pun terjangkau banget pas promo..

    BalasHapus
  17. Air purifier suka aku pake di dalam kamar. Dan bener loh bikin lebih seger udaranya. Wah ini rekomendasi air purifier baru. Mau dicek dehh~

    BalasHapus
  18. kualitas udara bagus dalam rumah tuh penting bangeet, apalagi yang punya alergi debu. mau bersihin ruangan aja rapet banget pakaiannya, takut kepapar debu. untung ada air purifier nihh, ngebantu bangeet

    BalasHapus