6 Cara Pencegahan Diabetes - Wajib Tahu

Beberapa waktu yang lalu, saat Mama meneleponku, Mama berkeluh kesah tentang Diabetes Papa dan tentang pola makan Papa. Jadi Papa ku ini sebenarnya tidak ada riwayat keturunan Diabetes. Semasa mudanya sampai usia 60an sebenarnya Papaku termasuk orang yang aktif, setiap hari dari rumah ke toko selalu mengayuh sepeda pancal. Dan tidak ada masalah kesehatan yang serius. Nah semenjak usia 60an lalu Papa mulai mengalami kenaikan kadar gula darah, sedikit diatas batas normal 200mg/dL. Oh iya saat ini Papaku usianya 71tahun. 

Papa dan Mama sudah menerapkan pola hidup Vegetarian sejak sekitar 20 tahun terakhir. Sebenarnya pola makan ini sudah cukup bagus, hanya saja Papaku sejak pensiun dan berhenti kerja jadi lebih sering dirumah, banyak duduk, tidur, dan jarang berolah raga. Karena memang kebetulan Papa pernah mengalami gejala stroke ringan, sejak saat itu Papa menjadi sering pusing dan membuat beliau jadi jarang bergerak. Kebiasaan pola hidup yang kurang baik inilah yang memicu kadar gula darah Papa menjadi melebihi batas normal.

Sebagai cara pencegahan diabetes pada Papa, Mamaku sering membatasi jumlah gula pada makanan atau minuman Papa. Nah karena Papa ku ini orangnya suka makan, terkadang pembatasan ini menjadi sesuatu yang tidak nyaman bagi Papa. Nah dengan alasan inilah yang akhirnya membuat Mama berkeluh kesah ke aku. Akhirnya aku mencari tahu dengan browsing kesana kemari bagaimana cara pencegahan diabetes. Ya itung - itung sebagai pencegahan supaya nantinya saat kami menua juga tidak mengalami seperti yang dialami Papa, sekaligus menjaga agar kadar gula darah Papa bisa ditekan.


Pencegahan Diabetes Review VITARICE T-6 LOW SUGAR MULTICOOKER


6 Cara Pencegahan Diabetes Yang Wajib Kita Ketahui

Nah dari hasil browsing tentang Cara Pencegahan Diabetes yang aku temukan, aku akan sharingkan disini, sekaligus sebagai pengingat untuk diriku sendiri nih.

Dikutip dari Hellosehat.Com
Diabetes merupakan kondisi ketika kadar gula atau glukosa di dalam darah tinggi. Glukosa menjadi sumber energi utama yang berasal dari makanan. Saat masuk ke dalam tubuh, hormon insulin, yang diproduksi pankreas, membantu mengubah glukosa menjadi energi. Bagi penderita diabetes, produksi hormon insulin terhambat atau tubuh tidak mampu menggunakan hormon insulin. Sehingga gula yang beredar di dalam darah pun tinggi.

Diabetes dibagi menjadi 2, Diabetes type 1 dan type 2, singkatnya diabetes type 1 itu tidak diketahui penyebabnya dan dipicu oleh faktor riwayat keluarga, sedangkan diabetes type 2 ini seperti yang terjadi pada Papa ku dikarenakan Pola Hidup.

Berikutnya apa saja yang bisa kita lakukan sebagai langkah Pencegahan Diabetes, nah aku coba rangkum dari beberapa sumber dibawah ini ya :

  1. Menjaga asupan gula yang masuk ke dalam tubuh
  2. Perbanyak aktifitas fisik seperti berolahraga
  3. Mengatur pola makan dan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh
  4. Menghindari Stress, karena secara tidak langsung stress dapat memicu kenaikan gula darah
  5. Lebih banyak minum air putih daripada minuman lainnya yang cenderung memiliki pemanis
  6. Berhenti merokok, karena merokok bisa meningkatkan resiko diabetes sebesar 44%.

Pencegahan Diabetes Review VITARICE T-6 LOW SUGAR MULTICOOKER
VITARICE T-6 LOW SUGAR MULTICOOKER


Pencegahan Diabetes dengan Menjaga Asupan Gula

Ini kayaknya poin yang paling penting ya menjaga asupan gula. Jaman makin kemari makanan diluaran kadar gulanya makin menggila. Nah salah satu yang dilakukan Mamaku ke adalah mengurangi nasi putih yang Papa konsumsi. Karena nasi putih salah satu sumber karbohidrat sederhana yang saat dikonsumsi bisa memicu lonjakan  gula darah. Yang jadi masalah adalah Papa terbiasa makan nasi putih😁😁, jika dikurangin porsinya, makan jadi tidak kenyang. Pernah kutawarkan diganti nasi merah juga Papa tidak begitu suka, aku coba saranin ganti kentang juga ogah gitu.

Nah akhirnya aku browsing kesana kemari untuk alternatif lain asupan nasi putih ini. Sampai akhirnya aku melihat di salah satu Review dari seorang Youtuber tentang VITARICE T-6 LOW SUGAR MULTICOOKER.


Pencegahan Diabetes Review VITARICE T-6 LOW SUGAR MULTICOOKER



Pencegahan Diabetes Dengan VITARICE T-6 LOW SUGAR MULTICOOKER


Oke, jadi VITARICE T-6 LOW SUGAR MULTICOOKER ini merupakan salah satu jalan ninjaku untuk Pencegahan Diabetes. Bagaimanapun juga sebagai orang asli Indonesia yang sejak kecil makan nasi putih sebagai makanan pokok, jujur sangat berat bagiku ataupun Papaku dan mungkin sebagian besar dari kalian juga untuk mengganti Nasi Putih ini. Nah, dengan adanya VITARICE T-6 LOW SUGAR MULTICOOKER ini bagiku merupakan pilihan yang pas, dimana aku tetap bisa melakukan Pencegahan Diabetes sekaligus juga tetap bisa makan nasi putih, yeayyy.... 

Cus kita pretelin  VITARICE T-6 LOW SUGAR MULTICOOKER yang sudah aku pakai selama kurang lebih 3 minggu ini.


Spesifikasi VITARICE T-6 LOW SUGAR MULTICOOKER


VITARICE yang aku pergunakan ini Model No T-6, berwarna hitam dengan kapasitas 1,5L. Menggunakan tenaga listrik 500W/220V. VITARICE juga tersedia dalam ukuran yang lebih besar ya.
Untuk model yang aku gunakan ini menggunakan layar sentuh untuk pengoperasiannya.


Pencegahan Diabetes Review VITARICE T-6 LOW SUGAR MULTICOOKER



Pada paket pembelian VITARICE T-6 LOW SUGAR MULTICOOKER ini kalian akan mendapatkan Multicooker, Steam Pot (Wadah Pengukus), Inner Pot (Wadah Bagian Dalam), Centong Nasi, Gelas Ukur, dan Kabel Steker.

Steam Pot VITARICE T-6 LOW SUGAR MULTICOOKER ini berbahan stainless steel 304, Food Grade dengan bentuk berlubang. Sedangkan untuk Inner Pot juga berbahan Food Grade, Bebas PFOA, dan menggunakan Honeycomb Pattern. Oh iya, buat yang belum tau Perfluorooctanoic acid (PFOA) adalah suatu bahan kimia yang biasanya digunakan dalam proses pembuatan teflon dimana bahan ini bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti kanker, kerusakan hati, cacat pertumbuhan, dll.


Pencegahan Diabetes Review VITARICE T-6 LOW SUGAR MULTICOOKER



Pada bagian body VITARICE T-6 LOW SUGAR MULTICOOKER ini juga sudah ada penampung pembuangan air uapnya ya.


Pencegahan Diabetes Review VITARICE T-6 LOW SUGAR MULTICOOKER




Keunggulan VITARICE T-6 LOW SUGAR MULTICOOKER Sebagai Pencegahan Diabetes

Informasi dari website officialnya, VITARICE T-6 LOW SUGAR MULTICOOKER ini memiliki 4 langkah dalam Menurunkan Kadar Gula pada nasi yaitu :
 
Suhu Tepat
Memasak dengan Suhu yang tepat (suhu gelatinisasi) sehingga dapat melarutkan gula berlebih ke dalam air 
    Suhu Konstan
    Mempertahankan suhu gelatinisasi 15-20menit sehingga semakin banyak gula yang larut selama proses memasak

    Memisahkan
    VITARICE memiliki wadah untuk menampung air sisa pembuangan gula

    Melembabkan
    Mempertahankan kelembapan pada nasi sehingga lebih pulen, lembut dan mengembang.

    Selain itu VITARICE T-6 LOW SUGAR MULTICOOKER ini juga memiliki teknologi sirkulasi uap 360 derajat, sehingga pestisida dan arsenik pada beras akan ikut larut dan terbuang saat memasak nasi. Nasi yang dihasilkan menjadi sangat sehat karena selain rendah gula juga bebas pestisida


    Sertifikasi VITARICE T-6 LOW SUGAR MULTICOOKER


    Nasi yang dimasak dengan VITARICE T-6 LOW SUGAR MULTICOOKER terbukti kadar gulanya turun hingga 50%, dan hal ini dibuktikan dengan hasil laboratorium SGS pada gambar dibawah ini.


    Pencegahan Diabetes Review VITARICE T-6 LOW SUGAR MULTICOOKER



    Selain itu pada test LUGOL membuktikan air sisa pembuangan VITARICE T-6 LOW SUGAR MULTICOOKER mengandung banyak gula. Berikut video dari official akun VITARICE.



    Fitur VITARICE T-6 LOW SUGAR MULTICOOKER


    Selain untuk memasak Nasi rendah gula, VITARICE T-6 LOW SUGAR MULTICOOKER ini juga bisa digunakan untuk memasak nasi merah, bubur, sup, kacang2an, daging, ayam, kue, dan mengukus. Pada bagian body VITARICE T-6 LOW SUGAR MULTICOOKER ini sudah memiliki tombol menu yang bisa langsung dipilih, jadi sangat praktis dan memudahkan. 


    Pencegahan Diabetes Review VITARICE T-6 LOW SUGAR MULTICOOKER
    Terdapat Layar Sentuh untuk pilihan masak



    Kesan Pemakaian VITARICE T-6 LOW SUGAR MULTICOOKER Sebagai Pencegahan Diabetes

    Setelah memakai VITARICE T-6 LOW SUGAR MULTICOOKER selama 3minggu ini menurutku VITARICE T-6 LOW SUGAR MULTICOOKER ini sangat mudah digunakan ya, hanya 1x pencet saja. Selain itu pilihan menunya juga banyak jadi bisa multifungsi sangat praktis. 

    Saat Memasak nasi menggunakan VITARICE T-6 LOW SUGAR MULTICOOKER ini, layar panelnya berubah 4x, pertama saat awal disambungkan ke listrik, panel menunjukkan seperti pada gambar no. 1 dibawah ini, saat setelah menekan tombol LOW SUGAR RICE, layar menampilkan seperti gambar no. 2 jadi garis - garisnya itu berputar - putar selama sekitar 10menit, setelah itu menampilkan gambar no. 3 yaitu waktu memasak 30menit, saat nasi sudah matang tampilan layar menjadi seperti gambar no. 4.


    Pencegahan Diabetes Review VITARICE T-6 LOW SUGAR MULTICOOKER
    Proses Memasak Dengan VITARICE T-6 LOW SUGAR MULTICOOKER



    Untuk rasa nasi putih yang dihasilkan dariVITARICE T-6 LOW SUGAR MULTICOOKER ini kalau benar - benar diincip memang terasa lebih hambar dibandingkan dengan nasi yang dimasak dengan rice cooker biasa. Tapi jika kalian makan seperti biasa dicampur lauk menurutku sih tidak ada bedanya dengan nasi biasa, jadi perbedaan rasa nasinya ini tidak begitu terasa. Menurut suamiku pun juga begitu "sama aja rasanya".

    Tekstur nasi yang dihasilkan memang seperti klaimnya, punel, lebih lembut, tidak lengket ke potnya ataupun ke centong nasinya, dan juga mengembang.
     

    Pencegahan Diabetes Review VITARICE T-6 LOW SUGAR MULTICOOKER
    Foto Kiri Nasi Low Sugar, Foto Kanan Nasi setelah diaduk



    Menurutku VITARICE T-6 LOW SUGAR MULTICOOKER ini benar - benar bisa dijadikan alternatif jika masih ingin makan nasi putih tapi sekaligus juga tetap melakukan pencegahan diabetes. Dengan rasa yang bisa dibilang sama dengan nasi putih biasa sehingga makanpun jadi lebih enak dan tidak perlu dibatasi lagi.



    PROMO VITARICE T-6 LOW SUGAR MULTICOOKER



    Pencegahan Diabetes Review VITARICE T-6 LOW SUGAR MULTICOOKER




    Membahas produk bagus, ujung - ujungnya pasti harus membahas harganya ya, nah kebetulan buat kalian pembaca setia blog Kiyandra lagi ada PROMO DISKON 30% dari yang semula harganya Rp. 999.000,- menjadi hanya Rp. 699.000,-.

    Lumayan banget lho promonya cus buruan Check Out di link berikut ini ya https://lihat.click/Vitarice_T-6.Ria_gu

    Yuk bisa beli dipakai sendiri untuk Pencegahan Diabetes sejak dini, ataupun sebagai hadiah untuk orang tua, keluarga, atau teman yang memiliki riwayat diabates.



    Bagaimana teman - teman pendapat kalian tentang VITARICE T-6 LOW SUGAR MULTICOOKER ini? Komen dibawah ya....

    Posting Komentar

    15 Komentar

    1. Mewah banget ya ini, bolehkah aku rekomendasikan ke saudara ku kebetulan dia juga diabet

      BalasHapus
    2. Selain cantik, multicooker ini sarat manfaat kesehatan ya. Saudaraku harus tahu ini. Makasih ya kak atas informasinya. Sehat terus Papanya.

      BalasHapus
    3. Siiip. Makasih banget infonya. Penting banget buat kami, terutama agar hati-hati mengonsumsi yang manis-manis...

      BalasHapus
    4. wowww! thanks for the tips and the review kaaa! really helpfull! 🥰

      BalasHapus
    5. Wah thank you infonya, pas banget lagi milih2 rice cooker yang multi cooker kayak gitu

      BalasHapus
    6. Jadi inner pot-nya antigores yg aman untuk kesehatan ya? Keren banget Vitarice ini. Makasih infonya Mbak, semoga Papa dan Mama sehat selalu ya

      BalasHapus
    7. pas banget nih aku sama mamah di rumah itu diabetes. Bisa jadi salah satu ikhtiar supaya stabil ^^

      BalasHapus
    8. pakai Vitarice untuk pencegahan diabetes bisa banget ya Mba Riaa. pencegahan bisa dimulai dari kadar gula pada nasi yang kita makan, aku baru kepikiran malah.

      BalasHapus
    9. Wahh ini info penting banget soalnya aku juga ada turunan diabetes dari mamaku. Ternyata alat yang dipake masak makanan kita bisa pengaruh juga ya😳

      BalasHapus
    10. Lumayan banget ya diskonnya aku tertarik nih rice cookernya apalagi sudah terbukti ya menurunkan kadar gula nasi, cocok banget untuk yang mengurangi konsumsi gula dan penderita diabetes

      BalasHapus
    11. Untuk yang type 2 bisa diderita karena pola hidup salah satunya karena konsumsi gula yang harus dibatasi. Dan saya baru tau ada ricecooker yang mampu menurunkan 50% kadar gula Nasi. Iya nasi sebagai makanan pokok yang menjadi konsumsi utama dan sumber gula orang Indonesia.

      berarti Vitarice bisa banget nih diandalkan untuk makan nasi tetap dengan jumlah normal tapi kadar gulanya sudah berkurang

      BalasHapus