Mengenal Penyebab Jerawat Di Dagu dan Cara Mengatasinya

Hi Bestie, kali ini aku ingin menceritakan pengalamanku mengatasi jerawat di dagu. Seperti kita ketahui jerawat bisa tumbuh dimana saja salah satunya yaitu jerawat di dagu, selain itu daerah lain seperti jerawat di hidung, pipi, atau bahkan bukan di wajah tetapi di punggung. Yaps banyak sekali penyebab tumbuhnya jerawat, antara lain hormon yang tidak seimbang, kulit yang terpapar kotoran baik itu dari debu, atau bahkan dari pemakaian makeup dan skincare, kemudian bisa juga dikarenakan kebersihan yang kurang terjaga, semisal kebersihan sarung bantal, handuk, dsb.


Mengenal Penyebab Jerawat Di Dagu


Menurut beberapa sumber artikel yang aku baca untuk jerawat di dagu lebih sering terjadi pada orang yang mengalami ketidakseimbangan hormon. Jerawat dipicu oleh adanya hormon androgen yang memicu produksi sebum di kulit wajah. Sebum sebenarnya berfungsi untuk menjaga kelembaban pada kulit wajah, namun jika kondisi kulit kurang bersih, maka sebum ini memicu penyumbatan pori - pori dan timbulnya jerawat. Ketidakseimbangan hormon sendiri dipicu oleh beberapa hal seperti masa pubertas, kehamilan, menstruasi dan menopouse. Hal ini juga yang sering aku alami saat menjelang menstruasi biasanya sering timbul jerawat di dagu.

Pada beberapa artikel juga disebutkan penyebab lain dari jerawat di dagu yaitu karena ketidakseimbangan fungsi organ ginjal yang mana pemicunya adalah karena dehidrasi. Stress berlebih juga bisa menyebabkan tumbuhnya jerawat di dagu. Selain itu nih kalau untuk cowok bisa juga disebabkan karena rambut yang tumbuh kedalam akibat cara yang tidak tepat saat mencabut rambut di dagu, nah rambut tumbuh ke dalam ini bisa menyebabkan jerawat juga lho.


Cara Mengatasi Jerawat Di Dagu

Kali ini aku mau share ke kalian beberapa cara mengatasi jerawat di dagu yang aku praktekkan selama 1,5 bulan ini dan terbukti ampuh mengatasi jerawat di dagu, cus langsung aja.


Mengenal Penyebab Jerawat Di Dagu dan Cara Mengatasinya
6 Langkah Mengatasi Jerawat Di Dagu


Perbanyak Konsumsi Air Putih

Air putih memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita, salah satunya adalah mengurangi jerawat. Dengan minum air putih tubuh akan lebih terhidrasi termasuk kulit wajah kita. Jika kulit lebih terhidrasi maka masalah kulit kering dan jerawat juga bisa dikurangi lho.

Kurangi Asupan Gula dan Lemak

Gula dan lemak pada makanan atau minuman dapat menjadi pemicu jerawat. Gula yang tinggi pada makanan atau minuman dapat meningkatkan insulin dalam darah yang dapat memicu kenaikan produksi testosteron. Testosteron ini dapat membuat wajah menjadi berminyak dan memicu jerawat. Begitu juga makanan berlemak seperti gorengan juga sangat memicu timbulnya jerawat. 

Kelola Stress

Stress berlebih dapat memicu berbagai masalah penyakit termasuk diantaranya jerawat. Selain itu stress juga bisa berdampak serius pada masalah kesehatan lainnya. Nah yuk mulai coba kelola stress dengan mengambil waktu untuk menikmati musik favorit atau mungkin berolahraga juga bisa membantu mengelola stress lho. 

Atur Waktu Istirahat

Istirahat yang cukup juga bisa membantu kulit bisa beregenerasi dengan lebih baik sehingga akan mengurangi timbulnya jerawat. 

Jaga Kebersihan Pakaian

Nah yang aku kategorikan pakaian disini adalah semua benda2 yang kita pakai yang menempel / menyentuh area wajah dan dagu ya, antara lain handuk, sarung bantal, masker, dan lainnya. Nah pakaian ini harus sering dicuci ya karena jika tidak akan sangat rentan untuk memicu jerawat. Apalagi masker harus sering diganti, setidaknya sehari sekali untuk masker sekali pakai.




Jaga Kebersihan Wajah dengan Menggunakan Skincare Yang Tepat

Selain cara - cara diatas tentunya yang paling penting adalah menggunakan skincare yang tepat. Menggunakan skincare yang tepat meliputi pemilihan skincare yang sesuai dengan kondisi kulit dan juga rutinitas pemakaian skincare.

Sejauh ini dengan cara yang aku sebutkan di atas ditambah pemakaian skincare membuat perubahan yang cukup bagus di wajah aku seperti :
  • Jerawat di dagu dan di beberapa tempat lain seperti hidung dan pipi berkurang sampai 90%
  • Pori - pori besar juga makin lama makin tertutup
  • Wajah saat di sentuh juga lebih halus
  • Kulit wajah tampak lebih sehat dan cerah

Penyebab Jerawat Di Dagu
Before After Mengatasi Jerawat Di Dagu



Skincare yang aku gunakan selama 1,5 bulan terakhir ini dari dr Tanty Skincare "Beautygen", skincare ini merupakan skincare racikan dokter di Surabaya bernama dr. Tanty yang sudah berkecimpung di dunia kecantikan selama lebih dari 10 tahun. Berbekal pengalamannya sendiri saat menggunakan skincare dan juga pengetahuannya dalam merawat kulit pasiennya, maka dibuatlah produk skincare yang bisa mengatasi permasalah kulit wajah termasuk jerawat di dagu. 

Pengalaman Menggunakan dr Tanty Skincare untuk Mengatasi Jerawat Di Dagu


Pertama kali sebelum memutuskan menggunakan dr Tanty Skincare ini, aku melakukan konsultasi via whatsapp. Aku menceritakan kondisi kulitku saat itu yaitu sering berjerawat di area hidung dan dagu, berminyak, dehidrasi pada kondisi tertentu sampai terdapat kulit putih kasar dan perih, lalu bekas jerawat yang cukup parah dan pori - pori yang besar. Yaps kulitku memang separah itu karena saat masa remaja kurang mengerti tentang skincare, jadi saat itu hanya menggunakan sabun dan salep jerawat. Sampai diusia 30an ini barulah aku mengenal skincare, memang terhitung sangat telat. 

Nah setelah aku menceritakan kondisi kulitku, aku diminta mengirimkan foto wajah ku via whatsapp. Kemudian barulah dari sana dr Tanty memberiku mana saja skincare yang harus aku pergunakan, beserta petunjuk pemakaiannnya. Kemudian aku melakukan order via marketplace orenz.


Mengenal Penyebab Jerawat Di Dagu
dr Tanty Skincare yang aku coba untuk mengatasi Jerawat di Dagu



Semua produk dr Tanty Skincare Beautygen ini dikemas dengan warna dasar kemasan putih dengan aksen tulisan dan garis berwarna ungu, kecuali untuk Acne Spotnya menggunakan aksen warna fushcia. dr Tanty Skincare ini sudah terdaftar di BPOM, bumil busui friendly, dermatology tested, tidak mengandung bahan - bahan berbahaya, bisa dipakai dari remaja sampai dewasa 50 tahunan.


Mengenal Penyebab Jerawat Di Dagu
Daftar No. BPOM Produk dr Tanty Skincare



Untuk skincare yang aku gunakan disini terdiri dari :

Dr Tanty Skincare Beautygen Secret Water

Setelah menggunakan Day Cream Light yang mengandung sunscreen wajib banget membersihkan wajah menggunakan secret water. Membersihkan dengan cleanser saja tidak cukup, dikarenakan day cream mengandung sunscreen yang sifatnya komedogenic, sehingga harus di mulai dengan secret water. Saat menggunakan makeup berat biasanya aku terlebih dahulu membersihkan wajah dengan cleansing balm sebelum menggunakan secret water ini.


Mengenal Penyebab Jerawat Di Dagu



Secret water ini juga sangat gentle di wajah, tidak menyebabkan kulit kering, dan cenderung melembabkan dan menghaluskan kulit setelah pemakaian. Aromanya wangi kalem aja ramah di hidung. Teksturnya agak sedikit kental jika dibandingkan dengan secret water di pasaran pada umumnya. Biasanya aku menggunakan cotton pad untuk pengaplikasiannya di wajah.


Dr Tanty Skincare Beautygen Gentle Cleanser

Sesuai namanya sabun wajah dari dr Tanty ini terasa gentle saat dipakai, nyaman dan tidak membuat kulit terasa seperti ketarik. Setelah pemakaian kulit terasa halus. Biasanya aku menggunakan sabun ini setelah secret water sebagai double cleansing. 


Mengenal Penyebab Jerawat Di Dagu



Teksturnya kental, sekali pemakaian cukup sebesar biji jagung saja. Cleanser ini berbusa standard tidak terlalu berlebih ataupun sedikit, jadi menurutku pas - pas saja. Kemasannya model tutup tekan untuk membuka juga sangat memudahkan saat pemakaian, cukup 1 jari, nyaman digunakan.


Dr Tanty Skincare Beautygen Water Essence

Toner ini digunakan setelah double cleansing, sesuai anjuran dr Tanty untuk kondisi kulitku aku menggunakan hanya setelah membersihkan wajah saat malam hari. Fungsinya membantu melembabkan di wajah aku, teksturnya ringan dan cepat menyerap. Biasanya untuk penggunaan aku lebih suka di semprotkan langsung ke tangan dan di tepuk ringan ke wajah. Sekali pemakaian 1-2 spray sudah cukup.


Mengenal Penyebab Jerawat Di Dagu




Dr Tanty Skincare Beautygen Day Cream Light

Day Cream ini digunakan untuk pemakaian pagi hari. Krimnya berwarna putih. Teksturnya agak sedikit krimy kalau dibanding star light (krim malam), tapi masih terhitung mudah untuk diratakan. Aromanya harum cukup tercium tapi masih ramah di hidung aku yang sensitif.


Mengenal Penyebab Jerawat Di Dagu



Dengan tekstur yang lebih krimy membuat day cream ini mampu mengcover pori saat pemakaian. Dan memang benar kulit wajah aku yang memiliki pori ga sopan (saking besarnya) terlihat lebih halus teksturnya saat menggunakan krim ini, keunggulan ini yang menjadi favorit aku dari krim ini. 
Sudah mengandung UVA dan UVB jadi tidak perlu lagi menambahkan sunscreen. Oh ya katanya nih Day Cream Light nya ini dupenya dari brand ternama lho. 😍 Selain itu day cream ini juga mampu meningkatkan tone warna wajah kita setingkat lebih cerah. Oh ya pemakaiannya dikit aja supaya ga terlalu cerah di wajah.



Dr Tanty Skincare Beautygen Star Light

Star Light ini rutin aku pergunakan pada malam hari sebagai krim malam. Terkadang saat pagi hari ketika sedang berjerawat aku juga menggunakan Star Light ini sebelum Day Cream Light. 
Jadi nih kulit wajah aku itu kan berjerawat dan juga dehidrasi jadi butuh moist tapi tidak boleh terlalu berlebih, karena kalau berlebih malah menyebabkan jerawat. Nah penggunaan Star Light di lanjutkan dengan Day Cream Light ini membantu menjaga kondisi kulitku agar tidak over dry ataupun over moist, begitu menurut dr Tanty.


Mengenal Penyebab Jerawat Di Dagu



Tekstur krimnya sendiri bening berwarna merah, dan sangat ringan serta mudah menyerap. Ada sedikit aroma harum yang tercium dari krim ini tapi sangat lembut. Aku suka banget tekstur krim ini karena lebih cocok disebut gel ya daripada krim, enak banget terasa diwajah sangat melembabkan, mirip teksturnya masker wajah yang berbentuk gel. Dan Star Light ini ngaruh banget di wajah aku untuk menghambat laju pertumbuhan jerawat serta melembabkan kulit.



Dr Tanty Skincare Beautygen Acne Spot

Yang ini obat jerawat totolnya. Menurutku dia kerjanya agak lambat untuk penyembuhan jerawatnya, tapi meski begitu hasilnya bagus banget sih. Jerawat ga jadi bekas luka dan hilang tanpa bekas. Di aku jerawat besar sekitar 5 hari baru sembuh. Tapi kalau baru ada tanda jerawat langsung diolesin obat ini jerawatnya langsung menghilang πŸ˜ƒ. 


Mengenal Penyebab Jerawat Di Dagu



Teksturnya gel bening, kemasannya tube ujung runcingnya membuat produk yang keluar sedikit demi sedikit, bisa juga dioles langsung dari ujung tube tanpa dioles ke jari dulu supaya lebih higienis.



Video Review dr Tanty Skincare






Informasi Produk dr Tanty Skincare


Produk

Klaim Manfaat

Cara Pemakaian

Ingredients

dr Tanty Beautygen Secret Water

Berfungsi untuk membersihkan kulit dan melembapkan, mengangkat sisa make up dan kotoran lebih maksimal serta menjadikan kulit wajah tampak lebih cerah dan mengandung bahan bahan aktif yang dapat membantu merawat kulit yang berjerawat.

Tuangkan pada kapas dan usapkan secara merata pada kulit wajah dan leher.

Water, Alcohol, Gycerin, Peg-6 Caprylic/ Capric Glycerides, Poloxamer, 184, Propylene Glycol, Polysorbate 80, Phenoxyethanol, Dmdm Hydantoin, Sodium Lauroyl, Sorcosinate, Sodium Chloride, Allantoin, Disodium EDTA, Salicylic Acid, Fragrance, CI 42090

dr Tanty Beautygen Gentle Cleanser

Sabun wajah yang dapat digunakan setiap hari untuk membantu mencerahkan kulit wajah yang kusam, serta mengontrol minyak berlebih pada wajah.

Tuangkan secukupnya pada telapak tangan, kemudian usapkan ke seluruh wajah yang telah dibasahi dengan lembut dan bilas sampai bersih.

Water, Sodium Laureth Sulfate, Cocamidopropyl Betaine, Cocamide DEA, Sodium Chloride, Hamamelis Virginiana Water, Phenoxyethanol, Dmdm Hydantoin, Methylparaben, Alcohol, Allantoin, Disodium EDTA, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Ethylhexylglycerin.

dr Tanty Beautygen Water Essence

Menyegarkan kulit dan membantu menjaga kelembapan nya, mencerahkan serta mengangkat sisa sisa kotoran pada wajah.

Tuangkan secukupnya pada kapas kemudian usapkan pada wajah yang sudah dibersihkan secara menyeluruh.

Water, Alcohol, Propylene Glycol, Niacinamide, Glycerin Propanediol, Phenoxyethanol, Dmdm Hydantoin, Hamamelis Virginia Water, PED-40 Hydrogenated Castor Oil, Metyhylparaben, Lactic Acid, Allantoin, Disodium EDTA, Fragarance, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Arbutin, Lecithin, CI 16255, Sodium Ascorbyl Phospate, Tocopheryl Acetate, Ethylhexylglycerin, Linoleic Acid, Linolenic Acid, Glutathione, Vitis Vinifera Seed Extract.

dr Tanty Beautygen Star Light

Diformulasikan khusus untuk memberikan kesegaran pada wajah. Diperkaya dengan kombinasi bahan bahan aktif untuk melembapkan kulit sehingga membantu menjaga kelembutan dan elastisitas nya.

Oleskan tipis dan merata pada kulit yang telah dibersihkan. Biarkan meresap sempurna.

Water, Alcohol, Glycerin, Niacinamide, Propylene Glycol, Hamamelis Virginia Water, Phenoxyethanol, Carbomer, Dmdm Hydantoin, Triethanolamine, Methylparaben, Allantoin, Aloe Barbadensis Leaf Extract, CI 16255, Ethylhexylglycerin.

dr Tanty Beautygen Day Cream Light

Diformulasikan khusus untuk membantu menjaga kelembapan, mencerahkan dan melindungi kulit anda dari paparan sinar UVA & UVB. Mengandung anti oksidan yang dipercaya untuk melindungi kulit dari radikal bebas dan membantu menjaga kesehatan kulit agar tetap lembut.

Oleskan tipis dan Merata pada kulit yang telah dibersihkan sebelum Anda beraktivitas di bawah sinar matahari. Dapat diulang sesuai keperluan.

Water, Etylhexyl Methoxycinnamate,  Propylene Glycol, Titatium Dioxide, Cethyl Alcohol, Benzophenone-3 , Caprylic / Capric Triglyceride, Niacinamide, Dimethicone, Glyceryl Stearate, Glycerin, C12-15 Alkyl Benzoate, Cyclopentasiloxane, Dipotassium glycyrrhizinate, Stearic Acid, Propanediol, Cetearyl Alcohol, Phenoxyethanol, Dmdm Hydantoin, Aluminium Starc Octenylsuccinate, Lactobacillus /  Collagen / Mesembryanthemum Crystallinum Leaf Extract Ferment Lysate, Fragarance, Betaine, Polyacrylamide, Triethanolamine, Cetearyl, Dimethicone Crosspolymer, 1,2- Hexanediol, C13-C14 Isoparaffin, BHT, Disodium EDTA, Stearyl Glycyrrhetinate, Tocopheryl Acetate, Laureth-7, Aluminium Hydroxide, Butylene Glycol, Caprylhydroxamic Acid, Polyglutamic Acid, Triethoxycaprylyilsilane, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Phragmites Communis Extract, Poria Cocos Extract, Sodium Hyaluronate, Ethylhexylglycerin, Hydrolized Hyaluronic Acid, Hydroxypropyltrimonium Hyaluronate, Sodium Acetylated Hyaluronate.

dr Tanty Beautygen Acne Spot

Gel spot jerawat yang diformulasikan khusus dengan kandungan sulfur dan asam salisilat yang merawat kulit berjerawat. DPG dan Aloevera yang memberi rasa nyaman pada kulit, serta Zinc Gluconate yang membantu mengontrol minyak berlebih.

Gunakan pada jerawat serta area sekitarnya. Biarkan mengering.

Aqua, Propylene Glycol, Ethanol, Hydroxyethyl Acrylate / Sodium Acryloyldimethyl Taurate Copolymer, Sulfur, Salicylic Acid, Zinc Gluconate, Hydrogen Peroxide, Sodium Hydroxide, Dipotassium Glycyrrhizate, Polysorbate 60, Sorbitan Isostearate, Citric Acid, Disodium EDTA, Aloe Barbadensis Leaf Extract.




Mengenal Penyebab Jerawat Di Dagu
dr Tanty Skincare untuk melawan jerawat di dagu dan di daerah lain


Kode Diskon dr. Tanty Skincare, Penghilang Jerawat Di Dagu

Nah buat kalian yang serius ingin menghilangkan jerawat di dagu ataupun di hidung, pipi, dan ingin memperbaiki tampilan kulit wajah agar tampak lebih sehat bisa terapkan poin yang aku jelaskan diatas. 

Kalau kalian juga ingin tahu lebih banyak tentang dr. Tanty Skincare, yang mana produk dr. Tanty Skincare masih banyak lagi varian lain selain yang aku coba di atas, maka kalian bisa langsung ke 

instagram @drtantyskincareofficial

atau

shopee dr tanty skincare official , jangan lupa pakai Kode Diskon "DRTARIA"


Nah bagaimana nih apakah teman - teman ada pengalaman dalam memerangi jerawat di dagu juga? Komen dibawah ya.





Posting Komentar

12 Komentar

  1. Makaaih tips2 nya kak. Aku dari menstruasi bulan lalu sampe sekarang belum ilang jerawat di dagu nih. Lagi banyak banget. Kayaknya sih karena stres dan tidurnya lagi ga teratur hiks

    BalasHapus
  2. wah tipsnya bermanfaat banget nih kak, ini juga ada muncul jerawat dagu yang sakit dan bekasnya susah diilangin

    BalasHapus
  3. tipsnya sangat bermanfaat bangte nih mba btw ini skincare baru ya

    BalasHapus
  4. Bener bgt klo lagi stress, sering numbuh jerawat loh... nice info nih kak racun skincare baru jugaaa

    BalasHapus
  5. Thanks info nya πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
  6. Aku pernah berada pada masa jerawatan parah dan susah dihilangkan. Ada hubungan juga dengan hormon. Emang harus selektif pilih skincarenya biar gak makin nambah parah jerawatnya.

    BalasHapus
  7. Jerawat di dagu emang ngeselin, bikin nyeri dan gatal juga. Faktor penyebab jerawat emang macam2 ya kak, makanya penting jaga kebersihan, asupan makanan, dan juga pilih produk skincare yang tepat ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah ini betul banget ngeselin banyak faktor juga penyebabnya

      Hapus
  8. Kalau aku jerawat di hidung nih, lebih nyebelin sih susah nutupinnya.

    BalasHapus
  9. Aku jarang jerawatan di dagu sih kak, seringnya di pipi sama di bagian jaw line. Tapi dimanapun letaknya, jerawat emang nyebelin😫

    BalasHapus
  10. aku bangeet inii sering jerawatan di daguu, emang sih aku kurang minum air putihnya. sengefek itu yah ternyata huhu

    BalasHapus
  11. Aku beberapa kali jerawatan blm menemukan perawatan yg cocok alhamdulillah skg udah kagak kak

    BalasHapus