Ketahui Penyebab Sakit Pinggang Kaum Rebahan & Cara Mengatasinya

Helo saat kalian membaca artikel ini mungkin kalian pernah atau malahan sedang mengalami sakit pinggang. Nah ada baiknya belajar bersama yuk untuk mengetahui penyebab sakit pinggang pada kaum rebahan dan cara mengatasinya. Karena aku sendiri sebagai seorang blogger dan content creator juga acapkali merasakan sakit pinggang, dan aku sendiri mulai berusaha merubah gaya hidup untuk mengurangi gejalanya.


atasi penyebab sakit pinggang




Sebenarnya sakit pinggang bisa dirasakan di usia berapapun sih ga cuman kaum rebahan yang biasanya merujuk pada usia 20an. Memang kalau jaman dahulu nih umumnya sakit pinggang terjadi pada usia dewasa diatas 50 tahun. Namun makin kemari karena adanya pergeseran gaya hidup membuat kita - kita bahkan di usia 20an kebawah mulai merasakan berbagai masalah di pinggang. Sebaiknya sakit pinggang jangan diremehkan ya supaya tidak berkepanjangan.


Beberapa Penyebab Sakit Pinggang, Sekaligus Cara Mengatasinya.


Banyak faktor yang memicu munculnya sakit pinggang atau kalau kata orang jawa "sakit boyok". Salah satu penyebabnya dari kebiasaan sehari - hari yang tentunya kurang baik. Langsung aja nih aku share ya beberapa penyebab sakit pinggang yang aku ketahui, karena kebetulan aku juga pernah berkonsultasi dengan dokter spesialis tulang.


penyebab dan atasi penyebab sakit pinggang



Posisi Duduk Tidak Benar Menjadi Penyebab Sakit Pinggang

Sejak pandemi melanda dunia ini, 70% dari aktivitas kita menjadi di depan layar dan duduk dalam waktu berjam - jam. Nah ini lah yang menjadi salah satu penyebab terbesar. Untuk itu usahakan agar duduk dalam posisi benar, yakni tidak membungkuk ke depan ataupun miring ke kanan atau ke kiri. Jadi tulang belakang harus posisi tegak lurus ya, karena saat miring tulang pinggang akan mengalami tekanan dan bisa menyebabkan nyeri. 

Selain itu juga perhatikan kursi dan meja yang kalian pergunakan. Pilihlah kursi dan meja dengan ketinggian standard yang memang untuk bekerja atau belajar. Karena posisi ketinggian meja dan kursi akan mempengaruhi juga posisi duduk. Dan jangan lupa untuk berdiri dan jalan-jalan sejenak setidaknya setiap 1 jam sekali. Supaya terjadi peregangan pada area tulang belakang dan pinggang.

Terlalu Sering Menggunakan Handphone, Awal Penyebab Sakit Pinggang

Kaum rebahan paling tidak bisa lepas dari handphone deh kayaknya, apalagi saat scrolling social media atau main game favorit. Tanpa disadari waktu berlalu begitu saja dan posisi kita tidak berubah selama beberapa jam karena menatap handphone. 

Saat kepala menunduk melihat handphone terlalu lama akan mempengaruhi tulang belakang sampai pada area pinggang. Meskipun kita menggunakan handphone sambil rebahan, juga akan sangat mempengaruhi tulang belakang lho. Jadi yuk mulai kendalikan diri saat menggunakan handphone kalau perlu di pasang alarm setiap 1 jam sekali untuk mengingatkan diri sendiri.


menggunakan alat pencegah sakit pinggang



Pemilihan Kasur Yang Kurang Tepat, Kurangi Penyebab Sakit Pinggang

Tidur adalah waktu kita untuk mengistirahatkan badan kita. Tetapi jika saat tidur kasur yang kita gunakan tidak bagus maka selain membuat kualitas tidur tidak bagus juga akan membuat kita mengalami sakit pinggang dan tulang belakang. Kasur yang baik harus bisa menopang punggung dengan baik dalam artian saat ditidurin tidak berubah bentuk menjadi terlalu cekung ke dalam yang membuat posisi tulang bengkok. Tetapi bisa lentur mengikuti bentuk tubuh kita. 

Selain itu kalau kalian sudah terlanjur merasa nyeri di area pinggang, cobalah tidur dalam posisi terlentang. Ini yang juga aku praktekkan sampai sekarang dan terbukti memang membantu mengurangi nyeri pinggang.

Jarang Berolahraga / Bergerak, Juga Menjadi Penyebab Sakit Pinggang

Bagaimanapun masalah kesehatan apapun memang mayoritas selalu disebabkan karena jarang bergerak atau berolahraga ya, begitu juga dengan sakit pinggang. Yang paling mudah untuk dilakukan adalah berjalan kaki, perbanyaklah berjalan kaki. Jika ada waktu lebih boleh dengan melakukan jogging, yoga atau berenang. Boleh juga dengan olahraga lain yang kalian sukai.


Sakit Pinggang bisa mengakibatkan kelumpuhan



Mengangkat Beban Dengan Benar Untuk Mengurangi Penyebab Sakit Pinggang

Mengangkat beban ini bisa terdiri dari banyak hal semisal mengangkat beban seperti galon, kardus dan barang - barang lain dalam keseharian. Menurut dokter tulang tempat aku berkonsultasi nih, tidak disarankan untuk mengangkat beban berat dari posisi berdiri, karena akan memberikan beban yang sangat besar pada area tulang belakang dan pinggang. Jadi seharusnya kita berjongkok atau berlutut terlebih dahulu, barulah mengangkat beban tersebut.

Berikutnya yang penting yaitu mengangkat / menggendong ransel. Sebaiknya jangan mengisi tas ransel dengan beban yang melebihi 20% dari berat badan. Kemudian pilihlah ransel yang berkualitas, karena ransel yang berkualitas memiliki bahan tali maupun design yang bisa meringankan beban tulang belakang.


awasi penyebab sakit pinggang
Alat Terapi Untuk Mengurangi Penyebab Sakit Pinggang



Terapi Peregangan Pinggang Belakang Atasi Penyebab Sakit Pinggang

Kalau sakit pinggang sudah kian sering menghampiri tidak ada salahnya mencoba terapi peregangan pinggang. Terapi ini yang biasanya juga aku lakukan akhir - akhir ini secara rutin, karena memang aku memiliki keluhan sakit pinggang yang lumayan menggangu.

Biasanya di rumah sakit menyediakan layanan Terapi Fisik tulang belakang. Saat terapi fisik biasanya terdiri dari 2 tahapan yaitu
  • Traksi (penarikan) untuk mengembalikan posisi bantalan tulang belakang ke posisi semula. Kalau kalian pernah mendengar tentang saraf kejepit, saraf kejepit terjadi karena bantalan tulang    belakang menonjol keluar dan menekan saraf. Hal ini bisa terjadi disebabkan karena beberapa poin yang aku jelasin diatas tadi yang dibiarkan berkepanjangan. Nah Terapi fisik mengembalikan bantalan tadi supaya tidak menekan saraf.
  • Heating (pemanasan) yang bertujuan untuk merelaksasikan otot di bagian pinggang, sehingga dapat mengurangi rasa nyeri pada pinggang.

Nah Terapi Fisik diatas yang dilakukan di rumah sakit biasanya membutuhkan biaya yang cukup besar. Apalagi terapi harus dilakukan berkali - kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


penyebab dan atasi penyebab sakit pinggang
Paket Pembelian DR. QYU Lumbar Traction Device



Demi menghemat keuangan, (*maklum ibu2 suka pelit ๐Ÿ˜), kalau aku sih lebih memilih menggunakan Dr. Qyu Lumbar Traction Device. Jadi ceritanya aku mengenal alat ini dari salah satu video di youtube saat aku sedang mencari cara mengatasi sakit pinggang. Setelah melihat reviewnya di sana sini akhirnya aku putuskan untuk mencoba alat ini sendiri. Sejak menerima alat ini aku sudah menggunakan selama sekitar 2 minggu. Disini aku mau sedikit cerita nih tentang alat ini barang kali alat ini bisa bermanfaat juga untuk kalian.

Dr. Qyu Lumbar Traction Device,Terapi Penyebab Sakit Pinggang

Alat ini berupa mesin berbentuk oval. Di dalam paket pembelian, yang aku dapatkan terdiri dari, Dr. Qyu Lumbar Traction Device yang disertai remote control yang melekat, alas berbentuk oval, kabel daya, dan buku petunjuk pemakaian. Oh ya alat ini termasuk kategori alat kesehatan yang sudah mendapatkan Ijin Edar dari KEMENKES RI. Selain itu juga telah banyak mendapatkan sertifikat kesehatan international.


terapi untuk sakit pinggang
Dr. QYU Lumbar Traction Device saat dinyalakan



Cara Kerja & Fungsi Dr. Qyu Lumbar Traction Device, Untuk Mengatasi Penyebab Sakit Pinggang

Saat terapi, alat di letakkan pada bagian pinggang belakang kita, dimana kita dalam posisi tidur terlentang. Bisa digunakan di kasur, sofa ataupun dilantai. Kalau aku sendiri lebih suka terapi dilantai karena lebih maksimal terasa peregangannnya, sedangkan kalau dikasur atau sofa terjadi penekanan ke bawah juga yaitu ke kasur / sofa. Sehingga menurutku kurang maksimal saat meregangkan bagian pinggang. 


terapi untuk sakit pinggang
Traction untuk mengurangi Penyebab Sakit Pinggang



Nah pada alat ini memiliki 4 fungsi yaitu :

1.    Dynamic Traction, alat ini memiliki tombol fungsi traksi jadi meregangkan tulang belakang. Saat alat bekerja, terdapat semacam pompa yang mengisi udara pada bagian bawah alat. Sehingga alat ini akan bekerja dengan mengangkat bagian pinggang kita. Ketinggiannya bisa kita atur sesuai kemampuan kita. Sebelum melakukan traksi harus menjalankan fungsi pemanasan dan pemijatan dahulu yang bertujuan untuk melemaskan otot pada pinggang.

2.   Heating, berfungsi untuk memanaskan, saat dipanaskan otot akan lebih lemas, sekaligus juga memperlancar aliran darah. Terdapat pilihan 3 tingkatan panas. Menurutku untuk saat ini level paling rendah sudah cukup terasa hangat di pinggang sampai ke badan. Dengan metode memanaskan ini sakit pinggang bisa dikurangi.


DR. QYU atasi penyebab sakit pinggang
Dr. QYU Lumbar Traction Device dalam posisi Traksi

3.   Vibration Massage, memiliki kekuatan pijat 3000 RPM. Saat menggunakan fungsi pijat, alat ini akan melakukan pijatan yang menurutku terasa seperti memutar, kemudian berhenti sesaat dan memijat lagi begitu seterusnya berulang. Pemijatan ini juga bertujuan untuk melemaskan otot pinggang.

4.   Medical Magnet, membantu meningkatkan sirkulasi darah dan membantu penyembuhan pada area pinggang.


Saat sesi terapi, total yang waktu dibutuhkan hanya 15-20menit saja, jadi menurutku sangat singkat dan tidak merepotkan dibandingkan harus terapi ke rumah sakit. Terapi yang disarankan dimulai dari pemanasan dan pijat dahulu selama 5 menit, baru kemudian dilanjutkan dengan traksi. Saat menggunakan fungsi traksi selama sisa waktu jika kita merasa capek bisa menurunkan kembali traksi dan kemudian diulangi lagi traksi, berulang sampai waktu tercapai. 


DR. QYU mengatasi penyebab sakit pinggang
Posisi saat terapi Dr. Qyu



Jika kita sudah bisa mencapai titik pompa tertinggi dari traksi, maka kita bisa menggunakan fungsi auto 1, dan system akan menjalankan sendiri pola traksi yang disertai dengan pemanasan dan pijat. Untuk pemula tidak disarankan menggunakan fungsi auto ini.

Untuk lebih jelasnya mengenai penggunaan alat ini silahkan lihat review pada video dibawah ini :





Kesimpulan Rangkaian Terapi Untuk Mengatasi Penyebab Sakit Pinggang

Dengan menggunakan Dr. Qyu Traction Device di barengi dengan gaya hidup yang lebih sehat seperti pada penjelasanku di atas, menurut pengalamanku pribadi benar - benar mengurangi nyeri pinggang sampai 90%. Aku sudah jarang banget merasakan nyeri pinggang. Dengan nyeri pinggang yang sudah berkurang, aku merasakan kualitas hidup secara keseluruhan lebih baik, karena saat kerja dan beraktifitas sudah tidak terganggu lagi. Dan karena sudah tidak ada lagi terasa nyeri, emosi pun jadi tidak gampang terpancing karena badan merasa sehat. Tentu saja gaya hidup ini tetap harus dipertahankan agar nyeri pinggang tidak kembali menyambangi lagi tentunya. 


Ria Kiyandra cegah penyebab sakit pinggang
Ria Kiyandra memegang DR. QYU Lumbar Traction Device



Pasti kalian penasarankan berapa harga alat ini, untuk harga officialnya Rp. 4.980.000. Nah tapi kalau kalian membeli lewat link yang aku cantumkan dibawah kalian bisa mendapatkan DISKON 39% menjadi hanya Rp. 2.999.000 saja. Menurutku dengan harga sekian sih sangat menguntungkan jika dibandingkan kenyamanan bebas dari nyeri dan sakit yang kita rasakan. 

Oh ya buat teman - teman yang penasaran pengen tahu lebih detail tentang produk ini, bisa berkunjung ke Dr. Qyu Lumbar Traction Device
Atau bisa juga kepoin instagramnya di @drqyu_official atau @lumbartractiondevice

Itu dia rangkuman tulisan aku tentang Ketahui Penyebab Sakit Pinggang Kaum Rebahan & Cara Mengatasinya. Semoga bermanfaat. Bagaiman menurut teman - teman alat ini? Komen dibawah ya.

Posting Komentar

16 Komentar

  1. Keren nih alatnya, diskonnya juga jadi lumayan banget ya

    BalasHapus
  2. diskonnya mayan yaaa, cocok buat kaum jompo yang doyan rebahan kayak aku wkwkwkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkkw iya mayan bgt sama ni kita jompo suka rebahan cus diintip produknya

      Hapus
  3. nice info kak, aku jadi pengen beli alat ini deh T_T

    BalasHapus
  4. Kaum rebahan yang suka pegel kaya aku harus nyobain ini, jadi penasaran mau beli huhu..

    BalasHapus
  5. Kayaknya aku butuh juga deh, makasih kak. Sering banget ngerasa pegel dan ga nyaman kalo udah lama duduk depan monitor

    BalasHapus
  6. nyaman banget nih kayaknya pas lah buat saya suka pegel

    BalasHapus
  7. Aku kaum rebahan hahaha pantes aja suka sakit pinggang :(

    BalasHapus
  8. Menarik ini alatnya ci, kebetulan pak su juga lagi ngeluh sakit pinggang recently karena kebanyakan duduk kalau lagi bekerja

    BalasHapus
  9. Wah ini cocok bgt buat suamiku yg sering minta pijitin

    BalasHapus
  10. Jadi pengen beliin buat ortu, nyaman dan canggih banget alatnya๐Ÿ˜

    BalasHapus
  11. Benar banget kalau angkat beban gak pas juga jadi penyebab sakit pinggang. Postingan blog nya jelas banget tentang produknya ๐Ÿ‘Œ

    BalasHapus
  12. Praktis jg alatnya jadi bisa sambil aktivitas lain, ini hasil atasin sakitnya berapa lama ya?

    BalasHapus