Protein Tempe, Magic Food Dari Indonesia

Akhir - akhir ini keberadaan protein tempe sebagai salah satu sumber protein makanan nabati semakin dikenal tidak hanya di Indonesia tetapi juga diluar negeri. Pernah dengar nama Pak Rustono? Ya beliau adalah salah satu pengusaha tempe yang sukses di Jepang, yang berhasil memasarkan tempenya tidak hanya di Jepang, tetapi juga ke negara lain seperti Meksiko, Korea, Brasil, Polandia, dll. Tak hanya warga negara Indonesia, banyak juga warga dari berbagai negara di dunia yang mempelajari cara pembuatan tempe. Para pecinta tempe diluar negeri menyebut tempe sebagai magic food karena kandungan protein tempe yang hampir setara dengan kandungan protein daging sapi.


Protein Tempe, Magic Food Indonesia



Kandungan Nilai Gizi Protein Tempe


Sebenarnya masih banyak sumber protein nabati lainnya seperti tahu, edamame, quinoa, almond, chiaseed, bayam, brokoli, dll. Akan tetapi apakah benar protein tempe hampir setara dengan protein pada daging sapi ataupun sumber protein hewani lainnya? Mari kita coba lihat pada tabel dibawah ini.


Table Protein Tempe & Protein Hewani




Dari tabel diatas bisa kita lihat bahwa kandungan protein tempe ternyata setara dengan protein  daging sapi dan ayam, bahkan lebih tinggi dari daging kambing. Akan tetapi pada kandungan lemak, tempe jauh lebih rendah, tentunya hal ini sangat baik untuk teman - teman yang ingin mendapatkan manfaat protein tetapi tidak ingin menimbun lemak di dalam tubuh. Selain itu tempe juga memiliki kandungan karbohidrat, kalsium dan besi yang lebih tinggi dari daging. 

Saking terkenalnya tempe sebagai magic food asal Indonesia saat ini, sampai - sampai kementrian pariwisata memasukkan tempe sebagai salah satu national food. Yang artinya melalui tempe diluar negeri, bisa mengenalkan negara Indonesia berbarengan dengan national food lainnya yaitu rendang, nasi goreng, sate, soto dan gado - gado. Wow luar biasa bukan tempe yang masih sering diremehkan lagi.



Manfaat Protein Tempe


Yang ga kalah menarik sebenarnya apa sih manfaat protein tempe atau protein itu sendiri untuk tubuh kita. Berikut rangkuman dari beberapa artikel kesehatan yang aku baca. Ketika kita mengkonsumsi protein, tubuh akan mengubah protein menjadi asam amino yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh antara lain :


Manfaat Protein pada Tempe





1. Sumber Energi

Protein merupakan sumber energi yang penting bagi tubuh selain karbohidrat. Protein dan karbohidrat sama - sama mengandung kalori yang dibutuhkan tubuh untuk merubah menjadi energi. Ketika karbohidrat dalam tubuh habis terpakai menjadi energi, maka tubuh akan menggunakan protein untuk diubah menjadi energi.

2. Membentuk dan Memperbaiki jaringan tubuh

Ketika kita membangun sebuah rumah, salah satu yang sangat kita butuhkan tentu saja adalah batu bata. Nah kira - kira seperti itulah fungsi protein bagi tubuh kita. Otot, tulang, paru, kulit, rambut dan masih banyak jaringan tubuh lain yang terbentuk dari protein. Selain itu tubuh juga membutuhkan protein untuk memperbaiki jika ada jaringan yang rusak. Pada kondisi normal jumlah protein yang dibutuhkan manusia sama dari hari ke hari. Pada kondisi tertentu semisal ibu hamil, ibu menyusui atau orang yang sedang sakit membutuhkan jumlah protein yang lebih banyak.

3. Membentuk antibodi

Antibodi yang berfungsi untuk memerangi virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh ternyata membutuhkan protein dalam pembentukannya. Tentu saja protein sangat dibutuhkan karena antibodi berperan besar dalam kinerja tubuh. 


Protein Tempe untuk Vegan




4. Memicu reaksi bio kimia

Salah satu bentuk protein di dalam tubuh adalah enzim. Enzim memiliki berbagai peran di dalam tubuh, seperti misalnya membantu pembekuan darah, kontraksi otot, ataupun hanya sekedar mencerna makanan.

5. Mengirim sinyal ke tubuh

Bentuk protein lain di dalam tubuh selain enzim adalah hormon. Hormon tentu saja sesuatu yang sangat vital di dalam tubuh manusia dalam mengirim sinyal dan mengatur proses biologis antara sel, jaringan dan organ. Contoh hormon yang sangat penting adalah hormon insulin yang mengatur proses gula yang masuk ke sel tubuh. Jadi hormon tidak hanya berperan di dalam proses kesuburan tetapi terlibat dalam banyak hal dan terdapat berbagai jenis hormon.

Selain 5 peran penting diatas masih banyak lagi fungsi protein di dalam tubuh seperti menyeimbangkan Ph dan jumlah cairan dalam darah, sekaligus juga sebagai alat transportasi bagi senyawa kimia untuk melewati aliran darah, serta keluar masuk tubuh.

Bagaimana luar biasa banyak bukan manfaat protein untuk tubuh kita? Aku sendiripun saat mencari tahu tentang protein ini menjadi terkesima dengan betapa pentingnya konsumsi protein. Betapa bangganya seharusnya kita sebagai warga negara Indonesia memiliki akses untuk membeli Tempe sebagai bahan pangan kaya protein dan dengan harga terjangkau pula.

Olahan Protein Tempe


Ada banyak sekali olahan tempe yang bisa kita temukan di Indonesia ini. Dari yang paling simple saja nih sarapan dengan nasi kecap manis dan tempe goreng sudah menjadi menu favorit berjuta umat mungkin ya. πŸ˜†πŸ˜† Menu olahan tempe yang lainpun ada berbagai jenis seperti misalnya tempe mendoan, sambal goreng tempe, tempe bacem, tahu tempe kecap, tempe penyet sambal terasi, dan masih banyak lagi yang lainnya. Duh aku ngetik ini sambil bayangin berbagai menu tempe rasanya 🀀 ngences wkwkwkwk. Coba deh kalian cari olahan tempe di aplikasi resep masak, akan muncul banyak sekali berbagai resepnya.


Protein Tempe dalam Tempe Chips



Oh ya, membahas olahan tempe, kalau kalian tidak mau ribet untuk mendapatkan sumber protein tempe, ada beberapa alternatifnya. Seperti misalnya olahan tempe berupa keripik tempe. Keripik tempe bisa dimakan kapanpun dan dijadikan camilan ataupun lauk. Yap snack keripik tempe merupakan salah satu favoritku untuk dijadikan sebagai stock snack dirumah. 

Protein Tempe dari Tempeh Chips VEGANLAND


Tentu saja mendapatkan protein tempe dari tempe fresh lebih baik, akan tetapi disaat aku sibuk ga sempet membeli tempe, tempeh chips ini menjadi alternatif yang sangat membantu bagiku.

Snack tempe ini tersedia dalam 2 varian rasa yaitu original dan spicy. Berat untuk 1 pouch ini 100gram. Dengan kemasan reselalable zippernya sangat memudahkan kalau kebetulan aku makan 1 pouch ga langsung habis tinggal sret, tertutup lagi deh, dan kondisi tempe tetep kriuk, anti melempem.πŸ₯°


Protein Tempe Chips Veganland




Oh ya snack pabrikan dari CV. Boga Emas Group ini sudah mendapatkan ijin usaha dari BPOM ya jadi aman dikonsumsi.
Buat kalian yang alergi Gluten, snack ini sudah gluten free. Selain itu snack ini juga vegan friendly serta tidak mengandung allium (semua jenis bawang - bawangan.) Jadi snack ini aman untuk kalian yang juga menjalankan pola makan vegetarian seperti aku serta tidak mengkonsumsi bawang. Bahan kedelainya pun menggunakan kedelai dari petani lokal dan jenis kedelai NON GMO. Penggunaan Kedelai NON GMO yang membuatku memilih tempeh chips dari VEGANLAND dibandingkan dari pabrikan lain. Karena aku khawatir untuk efek samping yang bisa diakibatkan dari kedelai GMO.


Protein Tempe bergizi dan enak




Rasa tempeh chips ini enak, kombinasi bumbu dan rempahnya pas, gurih dan asin. Tidak meninggalkan rasa gatal ditenggorokan setelah memakannya. Kalau ditanya favorit aku yang mana, aku suka keduanya sih. Cuma aku berharap semoga ada varian rasa lain seperti misalnya varian daun jeruk. Karena tempe dicampur daun jeruk itu wangi gurih enak wkwkwkkw.. semoga tulisan ini dibaca oleh pabriknya ya πŸ˜†πŸ˜†.


Protein Tempe rasa pedas




Buat kalian yang sudah ngiler pengen cobain Tempeh Chips ini, aku beli di Shopee atau kalian juga bisa cek IGnya di @veganland.id
Harga per pouchnya 23.700. Standard sih ya harga ini menurutku.
Buat kalian yang tinggal di Jakarta atau sedang berada di Jakarta pada 28 Oktober - 6 November 2022, coba mampir ke Green Sedayu Mall, Jakarta Barat. VEGAN LAND akan hadir dalam Bazaar & Pameran Vegan Festival Jakarta 2022 yang diadakan disana dan tentunya dengan berbagai promo menarik.

Nah bagaimana menurut kalian dengan adanya Tempeh Chips lebih mudah bukan mendapatkan manfaat dari Protein Tempe sebagai salah satu sumber protein nabati. Kalau kamu pengen cobain yang mana kira - kira nih?


Posting Komentar

16 Komentar

  1. Tempe tuh selalu ada dirumahku kak hihi enak n bergizi.. kripik tempe kesukaanku hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. gara2 postingan kak Ria ak jadi beli lho.. enak kwkw

      Hapus
  2. Duh jadi bikin ngiler deh ini keripik tempenya

    BalasHapus
  3. cemilan favorit kesukaan seluruh keluarga

    BalasHapus
  4. Busa nya nagih banget, jadi pengen cobain😍

    BalasHapus
  5. Bikin ngiler banget omg pagipagi huhu

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Ternyata manfaat tempe tuh banyak dan bagus banget ya kak

    BalasHapus
  8. bergizi tinggi tapi tetep enak ya rasanya

    BalasHapus
  9. kalo liat tempeh chips gini bawaannya pengen kumakan sama nasi juga :")

    BalasHapus
  10. cemilan fav aku nih tempe anak2 juga suka kebetulan mau order

    BalasHapus
  11. Waah ternyata ada cemilan tempe juga yaa, mau coba ah

    BalasHapus
  12. buat temen nonton drakor kayaknya enak nih wkwkwk, sebungkus ga akan cukup

    BalasHapus
  13. setuju banget, tempe ini kandungannya bagus banget buat tubuh kita ya. Jadi pengen nyobain nih hihi

    BalasHapus
  14. Saya dulu suka makan tempe mentah, sejak covid nggak berani lagi haha. Enak banget Tempe tuh

    BalasHapus
  15. Enak banget nih keliatannya jadi temen cemilan kalo lagi ngeteh dirumah pas banget

    BalasHapus