Enak & Sehat, Manfaat Kacang Untuk Penderita Kolesterol Tinggi

Kacang ternyata memiliki banyak kandungan nutrisi yang juga bermanfaat untuk mengurangi kolesterol tinggi. Kacang yang kita kenal di Indonesia sangatlah beragam. Yang sering kita temui seperti kacang tanah, kacang mente, almong, pistachio, kacang merah dan masih banyak lagi. Cara pengolahan kacang pun sangat beragam mulai dari dipanggang, di goreng, di rebus, dsb. 


Manfaat Kacang untuk kolesterol tinggi



Lalu bagaimana bisa kacang bisa bermanfaat dalam mengurangi kolesterol tinggi? Dan bagaimana sebaiknya dalam mengkonsumsi kacang yang sehat? Nah sebelumnya mari kita mengenal terlebih dahulu apa itu Kolesterol.


Mengenal Kolesterol Tinggi


Kolesterol adalah lemak yang di produksi oleh tubuh dan juga bisa berasal dari makanan yang kita konsumsi. Kolesterol  pada kadar yang normal memiliki banyak manfaat untuk tubuh seperti membantu dalam proses pencernaan, produksi hormon dan pembentukan vitamin D. Selain itu kolesterol juga dibutuhkan tubuh dalam proses pembentukan sel - sel baru.


HDL & LDL Kolesterol tinggi baik dan jahat



Tetapi Kolesterol dalam kadar tinggi bisa menjadi salah satu diagnosis kesehatan yang perlu diwaspadai. Karena jika dibiarkan bisa jadi akan memicu berbagai penyakit dan komplikasi lainnya seperti serangan jantung dan stroke. Biasanya memasuki usia 30 tahun kita wajib mewaspadai akan datangnya kolesterol ini. Meski ada juga usia muda mengalami kolesterol tinggi tapi jarang terjadi.


lawan kolesterol tinggi dengan camilan enak




Penyebab kolesterol tinggi dalam darah sendiri bisa bermacam - macam. Mulai dari pola makan buruk yang mengkonsumsi terlalu tinggi kandungan kolesterol. Faktor keturunan juga menjadi pemicu kadar kolesterol tinggi. Kurangnya olah raga juga menjadi salah satu pemicu. Gaya hidup buruk yang lain seperti kegemukan, merokok, dan konsumsi alkohol juga bisa memicu kolesterol. Tak hanya itu saja beberapa penyakit juga bisa meningkatkan kolesterol, seperti penyakit ginjal kronis, diabetes, HIV/AIDS dan masih banyak lagi.


Mencegah Kolesterol Tinggi


Jika tadi di atas kita sudah mempelajari tentang apa itu kolesterol tinggi. Oleh karena itu marilah kita menjaga kesehatan agar tidak menjadi generasi yang mewariskan penyakit ini ke anak cucu kita. 


cara mencegah kolesterol tinggi




Ada berbagai cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kolesterol kita pada ukuran normal antara lain :
1. Menjaga berat badan normal
2. Rutin berolahraga
3. Hindari merokok
4. Perbanyak makan sayuran dan buah
5. Hindari makanan dengan kandungan kolesterol tinggi
6. Konsumsi kacang- kacang an


Manfaat Kacang Untuk Kolesterol Tinggi


Kacang kaya akan phytosterol. Phytosterol adalah senyawa kimia yang memiliki struktur mirip kolesterol. Jika dikonsumsi, maka di dalam tubuh manusia, phytosterol ini membantu untuk mengendalikan kolesterol jahat (LDL) tanpa mengurangi kolesterol baik (HDL).

Selain itu kacang juga tinggi akan protein, lemak tak jenuh, antioksidan, asam folat, vitamin B dan berbagai zat gizi lainnya yang sangat bermanfaat dalam mengendalikan kolesterol tinggi, anti kanker, pembentukan sel baru dan berbagai manfaat baik lainnya.


Kandungan Gizi pada kacang untuk kolesterol tinggi




Bersyukur sekali kita tinggal di Indonesia sebagai negara tropis yang kaya akan tanaman jenis polong - polongan ini. Kalau aku sendiri paling suka kacang tanah, kacang mente / mede, kacang pistaschio, kacang almond.

Aku sendiri kerap mengkonsumsi kacang sebagai camilan untuk menjaga kolesterol. Karena memang di dalam keluargaku dari keturunan mama ada riwayat kolesterol tinggi. Sembari cemil - cemil kacang yang memang enak dan gurih kenapa engga jika bisa menjaga kesehatan juga bukan.


Manfaat Kacang untuk mencegah kolesterol tinggi




Salah satu camilan kacang favorit aku yaitu dari "Vegan Land" yang menyediakan 2 pilihan Roasted Almond & Roasted Cashew.  Saking sukanya aku sama kacang ini sampai kemarin liburan ke Jogja pun aku membawa kacang ini.


Roasted Cashew & Roasted Almond dari Vegan Land Cegah Kolesterol Tinggi


Camilan ini diproduksi oleh CV. Boga Emas Group, Surabaya. Dipasarkan melalui ecommerce maupun toko2 offline,  keduanya sudah mengantongi ijin BPOM. Dikemas dalam toples transparan plastik mini berukuran 150gram. Tutupnya juga menggunakan tutup plastik yang menurut saya cukup rapat sehingga menjamin tidak mudah melempem. 


cegah kolesterol tinggi makan kacang almond




Saat pertama kali membuka kemasan terdapat segel penutup berbahan kaleng, seperti kaleng minuman soda. Membuat kualitas kacang terjaga sampai di tangan konsumen.

Keduanya saat ini masing - masing hanya memiliki 2 varian rasa yaitu Original & Salted Edition. Aku sih berharapnya semoga kedepannya ada varian rasa lain sebagai pilihan, hehehe 😁😁😁


veganland kacang almond atasi kolesterol tinggi




Untuk komposisi yang digunakan masing - masing kacang almond / mente dan garam himalaya. Jadi bisa dibilang rasa gurih yang kita dapatkan murni dari rasa kacang dan rasa asin dari garamnya sendiri. 

Jika dilihat dari komposisinya bisa disimpulkan kacang ini sangat sehat dan tanpa pengawet. Tentu saja rasanya tetap enak, tidak perlu kuatir ya, karena pada dasarnya kacang memang memiliki rasa yang gurih alami. Jadi tetep bikin ketagihan untuk makan terus kok... hahaha 😂😂😍😍


cegah kolesterol tinggi makan kacang mente veganland




Menurutku dengan kemasan yang seperti ini, jadi memudahkan saat dibawa bepergian sekalipun. Seperti kemarin saat aku berwisata ke Jogja, aku juga membawa camilan Roasted Almond dan Roasted Cashew ini. Jadi tetap bisa menjaga kolesterol dengan ngemil sehat.


Ria KIyandra dan Roasted Cashew Veganland




Buat kalian yang pengen cobain juga bisa langsung berkunjung ke Instagram @veganland.id atau langsung ke e-commercenya masing - masing untuk Roasted Almond dan Roasted Cashew. Lagi ada PROMO IMLEK Discount 50% ya dan juga pakai kode voucher VEGANCNY1 untuk dapat tambahan DISKON 10%. Oh ya selain Roasted Almond dan Roasted Cashew, juga tersedia kacang - kacang lain seperti Roasted Peanut,  Roasted Sun Flower Seed, dan Roasted Pumpkin Seed yang dibanderol mulai harga Rp 24.000.


Kesimpulan


Nah bagaimanapun lebih baik mencegah datangnya sakit penyakit daripada mengobati kan. Kalau bisa ngemil enak dan sehat dengan makan roasted almond atau roasted cashew untuk mencegah kolesterol tinggi, kenapa tidak?

Posting Komentar

15 Komentar

  1. wah roasted suka nih lebih gurih menurutku kalo pengolahannya gitu, lagi suka ngemil kacang buat busui bagus soalnya

    BalasHapus
  2. Aku pencinta kacang kacangan mau banget coba iniii

    BalasHapus
  3. Aku sebenernya pecinta kacang tapi seiring usia aku mulai mengurangi hahaa soalnya kata dokter aku ada asam urat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi ya paling enak tuh kl lagi nonton drakor sambil ngemil kacang2an hahaa apalagi almond sama cashew kan lebih sehat ya

      Hapus
    2. Nah ini nih ya mbak kalo kebablasan takut asam uratnya yang tinggi, padahal nikmat banget dicemilin

      Hapus
  4. oemji ini sih enak dan bikin nggak berenti ngemil yaa, apalagi sehat juga nih, pengen beli juga ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. buat ngemil sambil nonton drakor juga nih kayanya cocok biar makin asik nontonnya hihihi

      Hapus
  5. Aku suka kacang mete.. baru lihat yg kemasan jar gini.. biasanya beli goreng sendiri hihi

    BalasHapus
  6. Jadi pengen coba yang varian salted edition-nya deh, penasaran nih hihi

    BalasHapus
  7. aku banget ini kurang olahraga :") kalo almondnya dialusin jadi isian roti tawar kira-kira ngurangin kadar gizi atau benefitnya ga ya?

    BalasHapus
  8. selama di prosesnya benar pastinya jadi aman ya (carnellin)

    BalasHapus
  9. Berapaan kak harganya? Paling enak yang mana?

    BalasHapus
  10. Keliatan enak, apalagi banyak manfaatnya ya

    BalasHapus
  11. kalo kacang2nya almond dan sejenisnya malah bagus yaa mba.. yang bahaya ya kacang tanah goreng dan olahannya hehehe apalagi bumbu2 kacang gitu hmmm

    BalasHapus
  12. Favorit aku banget nih kacang almond karena emang seenak itu, nyemil tapi bebas feeling guilty karena kandungan dan manfaatnya baik untuk kesehatan.

    BalasHapus