Granola Sebagai Alternatif Sarapan Pagi Yang Sehat

Di saat kesibukan dan kehebohan di pagi hari terjadi, Granola bisa dijadikan sebagai alternatif sarapan pagi yang sehat. Kesibukan dipagi hari biasanya dirasakan mulai generasi Y sampai ke milenial dikarenakan memiliki gaya hidup yang hampir sama yaitu kesulitan bangun pagi, betul apa betul? πŸ˜‚



sarapan pagi makan mixed granola




Begitu juga sama halnya yang aku alami. Kalau aku sendiri di dalam kurun waktu seminggu, bangun paling pagi adalah jam 6 pagi. Itupun bisa aku lakukan, setelah berusaha berjuang bertahun - tahun untuk bangun pagi, demi masak untuk bekal makan siang suami. Iya jadi masak untuk makan siang, lah menyiapkan makan pagi ya mana sempat 😁😁.

Lain halnya dengan Mamaku yang sampai sekarang usian 70an pun, setiap hari rajin bangun jam 4 pagi hanya untuk menyiapkan sarapan dan makan untuk Papa. Belum kalau beliau dapat kerjaan terima pesanan masakan, beliau bisa bangun dari jam 1 pagi hanya untuk masak dan lanjut tentunya menyiapkan sarapan untuk Papa.


quotes tentang sarapan pagi




Nah karena kesulitan bangun pagi itulah, aku berusaha mencari menu sarapan pagi yang sat set wat wet 😁😁 ya taulah ya, maksudnya persiapannya cepat dan tidak menambah kehebohan dipagi hari karena khawatir terlambat. Serta tentunya aku memilih menu yang tetap sehat dan berusaha menghindari makanan cepat saji yang tinggi pengawet maupun bahan kimia lainnya.

Salah satu pilihan menu favorit andalan aku untuk sarapan pagi yang sehat adalah memanfaatkan granola. Entah dimakan langsung atau di kreasikan dengan tambahan lain.



granola rasa coklat untuk sarapan pagi




Mengenal Granola


Buat yang belum tahu granola itu apa, jadi granola adalah campuran dari biji - bijian, kacang - kacangan, gandum, buah kering dan kemudian ditambahkan perasa alami seperti maple syrup, coklat, dll kemudian dipanggang. 

Granola memili tekstur yang renyah, dimakan langsung sebagai sarapan pagi yang sehat juga enak. Kalau mau diolah lebih lanjut juga banyak variasi yang bisa dicoba.


Granola menu sarapan pagi praktis
Granola 3 rasa : Original, Chocolatte & Sweet


 

Manfaat Granola Sebagai Sarapan Pagi Yang Sehat


manfaat sarapan granola



1. Sumber Energi Sekaligus Mengenyangkan

Granola biasanya menggunakan biji - bijian seperti hemp, chiaseed, flaxseed,dll. Semua bijian - bijian tersebut kaya akan karbohidrat dan serat. Karbohidrat sangat bermanfaat di dalam tubuh sebagai sumber energi. Sedangkan Serat membantuk memberikan efek kenyang lebih tahan lama.


2. Kaya Akan Antioksidan

Dengan adanya isian berbagai jenis kacang - kacangan, dimana kacang - kacangan banyak mengandung bahan - bahan alami yang sangat baik. Salah satunya adalah kaya akan antioksidan. Antioksidan sendiri diketahui sangat bagus untuk menekan inflamasi / peradangan dalam tubuh. Selain itu juga menangkal berbagai efek dari radikal bebas yang memicu penyakit degenaritif dan berbagai jenis kanker.


3. Sumber Protein Nabati

Kacang - kacang serta biji - bijian juga merupakan sumber protein nabati. Protein seperti kita ketahui memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Selain sebagai cadangan energi, protein bisa membantu mencegah anemia. Protein nabati juga sangat dibutuhkan bagi teman - teman yang memilih gaya hidup plant based, vegan dan vegetarian.


ria kiyandra review granola




4. Sumber Serat Alami

Granola juga memili banyak kandungan serat alami. Serat memiliki banyak manfaat di dalam tubuh, tidak hanya mengenyangkan saja. Dengan banyaknya mengkonsumsi serat makan akan membantu menstabilkan tekanan darah dan juga kolesterol. 

Selain itu serat juga bermanfaat dalam melancarkan saluran pencernaan. Dengan adanya kebutuhan serat yang terpenuhi di dalam tubuh juga membantu memelihara bakteri baik di dalam usus yang bermanfaat untuk mempertahankan imunitas tubuh.


5. Menjaga Kesehatan Kulit

Karena terdiri dari berbagai jenis kacang - kacangan, tentu saja granola kaya akan vitamin E. Seperti kita ketahui vitamin E sangat baik dalam menjaga kesehatan kulit, membantu regenerasi sel dan menjaga kulit tetap lembap.

Selain ke 5 manfaat diatas, tentunya masih banyak kandungan gizi pada granola dan manfaat lainnya. Dengan adanya berbagai kebaikan tersebut membuat granola layak dijadikan sebagai menu sarapan pagi yang sehat bukan.



Pilihan Cara Makan Granola Sebagai Sarapan Pagi 

Nah supaya tidak bosan ada beberapa pilihan cara makan granola yang bisa kalian coba, antara lain :

1. Snack Granola

Menjadikan granola sebagai snack, kenapa tidak. Yap aku sendiri suka nyamilin granola secara langsung seperti snack. Biasanya aku cari Granola dengan rasa coklat.


cereal granola



2. Cereal Granola

Selain bahan sereal jadian, granola juga bisa dijadikan sebagai alternatif cereal. Tinggal tuangkan susu favorit kamu dan kemudian tuangkan granola. Siap deh di santap di pagi hari.

3. Overnight Oat Mixed Granola

Nah overnight oat ini salah satu favorit aku. Overnight oat dibuat dengan cara mencampur oat, susu favorit / yogurt dan granola kemudian didiamkan di lemari pendingin semalaman. Besok pagi siap dikonsumsi deh.


sarapan pagi granola bar


4. Granola Bar

Mau kreasi yang agak rumit sedikit, kalian bisa mencoba membuat granola bar.  Granola bar bisa dibuat menggunakan oven ataupun tanpa oven. Cukup dengan mencampurkan granola dengan madu, selai kacang, granola, dan buah - buahan kering, masak di panci sampai mengental. Cetak adonan pada loyang sambil dipadatkan, kemudian dipotong - potong dan bekukan dalam freezer.

5. Fruit Salad With Granola

Bosan dengan salad buah itu - itu saja, coba deh tambahkan dengan granola. Tekstur dan renyah granola akan membuat rasa baru di dalam salad favorit kamu.


sarapan salad buah granola



6. Cookies Granola

Suka membuat cookies, tidak ada salahnya mencampurkan granola di dalam adonan cookies kalian. Cookies akan menjadi bertekstur serta kaya rasa.


Granola Siap Makan Yang Memudahkan

Jika tadi diatas  aku membahas granola memudahkan pagi kita. Nah ada baiknya granola dibuat sendiri beberapa hari sebelumnya ya jadi setiap pagi tinggal mengambil saja. 

Atau kalau tidak mau repot, kalian bisa meniru caraku. Biasanya aku membeli Granola yang sudah siap makan. Nah salah satu favoritku adalah Granola buatan dari Vegan Land.



ria kiyandra makan granola



Vegan Land adalah brand makanan vegan yang berada di bawah CV Boga Emas Group, Surabaya. Vegan Land sendiri memiliki beberapa alternatif snack vegan sehat salah satunya bisa kalian baca disini.

Aku suka granola buatan mereka karena ada beberapa varian rasa yaitu original, sweet dan chocolate. Favoritku yang rasa Chocolate kalau untuk dicamilin langsung. Kalau mau dikreasikan biasanya aku memilih rasa original atau sweet.


granola dalam kemasan untuk sarapan pagi




Granola ini dikemas dalam wadah tube transparant dengan tutup kedap udara berbahan plastik buram. Ukuran kemasannya 150 gram. Cukuplah untuk sarapan 1 orang selama kurang lebih 1-2 minggu. Memiliki masa simpan 2 tahun. akan tetapi jika diletakkan di lemari pendingin biasanya bisa bertahan lebih lama lagi.


granola dari vegan land




Granola ini biasa aku belinya di official shopnya Vegan Land di Instagram @veganland.id atau di Shopeenya. Harga per tube Granola per tulisan ini dibuat Rp. 33.000. Oh ya kalian bisa menggunakan kode voucher "VEGANRIA" untuk mendapatkan diskon 10% di Shopee, lumayan kan 😁😁😁.


Kesimpulan

Bagi kalian yang ingin bertanya tentang artikel ini silakan tinggalkan komentar dibawah ya. Terimakasih telah membaca tulisanku tentang Granola Sebagai Alternatif Sarapan Pagi Yang Sehat, semoga bermanfaat.




Posting Komentar

15 Komentar

  1. Menarik sekali ulasan tentang granola ini, mbak. Mamahnya hebat ya menyiapkan sarapan dan berbagai aktivitas masih kuat, walaupun sudah lansia. Aku jadi kepo sama produk ini. Bisa buat diet juga kan? Hihihihi.... Rasa original, sweet dan chocolate duuuh nyam3x. Kalau yang original bisa dikreasikan dicampur dengan bahan makanan lain pasti enak nih jadi kebayang2 hehehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa banget mau di mix salad atau buat cookies juga bisa.. dan bagus uk diet.. yuk cobain

      Hapus
  2. nah ini dia menu sarapan yang ga perlu ribet wkwk, btw ga bikin ngantuk ya Mba Riaa? ternyata granola bisa divariasiin buat menu makanan dan jajanan lain toh ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngga bikin ngantuk kok ahahahha.. ga ada hubungan sama ngantuk juga sih ini kan biji2an dan kacang2an alami ya hehehe.. bisa banget di kreasikan banyak resepnya kok

      Hapus
  3. kalau menu sarapan pake oat, aku udah pernah. tapi kalau granola belum pernah nyoba nih. kalau dilihat-lihat, dengan tambahan toping sebegitu, sepertinya akan jauh lebih enak dan mengenyangkan kan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuk cobain mungkin bs jadi variasi uk oat dan juga lebih bernutrisi tentunya Mbak.. iya lebih enak juga karena ada buah keringnya juga

      Hapus
  4. Kalau aku biasanya granola dijadikan cemilan, belum pernah coba dijadikan menu sarapan. Sepertinya menarik ya mba lihat foto-fotonya

    BalasHapus
  5. Betulllll.

    Wah sama ya kita kak, tim pejuang bangun pagi🀦🏻‍♀️πŸ˜†

    Praktis ya granola ini, bisa jadi sereal, dan bisa dijadikan snack alternatif pengganti kacang bawang. Yang overnight juga asik, kalau pas cari dingin-dingin sehat, boleh juga nih.

    Thank you for sharing kak πŸ’•

    BalasHapus
  6. akupun mba suka banget granola, bahkan suka dicemilin gitu aja ngga pakai apa-apa. di meja kerjaku juga aku taruh granola setoples kecil buat dicemilin. eh temanku ternyata ada yg perhatiin kalo aku suka granola, tiba2 pas stok granolaku habis sudah ada teman yang beliin ditaruh di meja hahahaha

    BalasHapus
  7. Aku suka Granola, biasanya beli yang bentuknya sereal atau batangan, kalau sereal enak ditambah susu dan buah ya kayak stroberi, diinapkan semalam juga enak yaa dingin

    BalasHapus
  8. Aku sukak granola biasanya dicampur sama.oat atau dicemil gitu aja. Oya dibikin buqt campuran overnight oat makin enak deh

    BalasHapus
  9. Menggoda sekali..hahaha....sebetulnya saya tipe antiribet tapi masih terkendala kalau sarapan atau makan ya harus pakai nasi...jadinya granola seperti ini hanya jadi camilan saja

    BalasHapus
  10. Aku suka banget granola. Buat sarapan emg enak. Tp biasanya aku juga tak gado buat camilan hehe

    BalasHapus
  11. Aku pernah makan yang granola bar, memang enak banget, dan mengenyangkan. Selain itu juga sehat yak

    BalasHapus
  12. Granola enak, Mbak. Kalo saya buat camilan. Kalo untuk sarapan, ada yang kurang gitu, kurang puas kalo bukan nasi. Hehe

    Padahal kalo mau sarapan pakai granola udah cukup dan mlaah lebih sehat ya, Mbak. Makasiih rekomendasinya

    BalasHapus