Fitur Baru IG Stories Yang Wajib Kamu Tahu (Part 1)

6:37:00 PM


Salah satu fitur tambahan dari Instagram yang mulai ramai digunakan orang adalah Instagram Stories, meski fitur ini sudah cukup lama munculnya tetapi menurut pengamatan aku sih masih banyak juga teman – teman yang belum menggunakannya, bahkan ada yang mungkin baru mendengar apa itu Instagram Stories.
Oke kali ini aku coba ulas apa itu Instagram Stories terlebih dahulu dan ada fitur apa aja sih di dalamnya, kebetulan beberapa hari yang lalu muncul fitur baru lagi didalam instagram stories yaitu Face Filter, Rewind, dan Sticker HashTag, Hayo sudah pada tau belum??  Ulasan ini akan aku bagi dalam 3 artikel yaitu Fitur Baru IG Stories Yang Wajib Kamu Tahu (Part 1) & (Part 2) dan Siapa sih yang Kepo in IG Strories Kita?. Oke yuk langsung saja..

Instagram Stories ini mulai diluncurkan sekitar middle three tahun 2016. Dari namanya saja sudah Stories yang artinya kita bisa membagikan cerita keseharian kita kepada orang yang berkunjung ke akun ke instagram kita. Dimana jika dalam instagram foto dan video yang kita upload akan nampak selamanya selama tidak kita hapus, maka dalam stories ini foto dan video akan terhapus otomatis setelah 24jam sejak kita menguploadnya. Nah semisal kita iseng nih mau berbagi kejadian jail dari temen kita tapi kita tidak ingin membuat dia malu selamanya maka kita bisa mengupload dalam Stories karena disini akan hilang dalam 24jam, hohohoho...  Atau bisa juga untuk kita mengupload hal –hal yang tidak penting untuk diingat selamanya dan hanya sekedar iseng. Dan fitur ini nih cocok untuk temen – temen untuk sekedar caper sama gebetan, hahahhahah.. Just kidding..

Pertama, pastikan Instagram sudah diupdate ke versi terbaru.
Ya untuk bisa melihat atau menggunakan stories maka pastikan instagram di gadget anda sudah merupakan versi terbaru. Silahkan melakukan pembaruan melalui Play Store untuk Android atau App Store untuk Iphone. Cari Instagram App dan lakukan dengan menekan tombol update.

Merekam Stories Menggunakan Kamera
Masuk pada Instagram pada bagian Home, lihat pada panel bagian pojok kiri atas, terdapat gambar Camera, tekan tombol tersebut.



Begitu masuk ke menu stories, kamu dapat melihat 4 tombol dan 5 pilihan menu dari kamera (yang bisa dislide) pada bagian bawah layar.  4 tombol tersebut yaitu dari paling kiri Flash / Petir, Tombol Kamera (Lingkaran), Tombol Panah Atas Bawah, dan yang baru tombol Face Sticker. Kemudian 5 pilihan menu dari tombol kamera yang terletak pada bagian bawah tombol lingkaran yang secara default akan menampilkan pilihan Normal, jika digeser ke kanan dan kiri anda akan dapat melihat 4 pilihan lain yaitu Live, Boomerang, Rewind dan Hands – Free, berikut penjelasannya masing – masing.



Tombol Flash / Petir : jika ditekan maka lampu flash pada phone kamu akan menyala, fungsi ini sangat membantu jika akan mereka stories pada kondisi ruang minim cahaya.

Tombol Panah Atas Bawah : merupakan menu pilihan untuk menggunakan kamera utama / belakang atau kamera depan untuk selfie.

Tombol Face Filter : tombol ini merupakan menu baru pada instagram stories, bisa digunakan pada semua mode kamera baik itu foto, video atau boomerang. Karena menu ini masih baru sepertinya agak ada sedikit kekurangan, jika kamu telah melakukan update Instagram dan tidak menemukan tombol ini, maka matikan paksa instagram (force closed) kemudian coba masuk kembali ke Instagram. Terdapat 8 pilihan face filter yang sangat lucu – lucu sekali, yang akan membuat stories kalian makin menyenangkan tentunya. Face filter ini bisa digunakan bersamaan dengan teman – teman mu, masing – masing orang akan mendapatkan filter yang telah dipilih semisal mahkota.

Pict Instagram Official
Pict Instagram Official

Tombol Kamera : terdiri dari 5 pilihan dibawahnya yaitu sbb :

Normal : pada bagian ini digunakan untuk mengunggah foto atau video kita. Untuk mengunggah foto bisa langsung tekan tombol diatas tulisan “Normal” sedangkan untuk video kitak bisa menahan tombol normal ini. Video pada stories dibatasi hanya 10 detik. Lihat pada gambar dibawah ini.

Live : digunakan jika kita ingin membagikan aktifitas kita secara live / langsung, dan kita dapat berinteraksi langsung dengan orang yang menyaksikan video live kita. Teman – teman kita dapat berinteraksi dengan mengetikkan comment atau sekedar membagikan hati dan melihat video kita, sedangkan kita tinggal cuap – cuap saja layaknya artis yang sedang di interview. Video Live setelah kita sudahi tidak akan muncul dalam stories kita, jadi akan langsung hilang. Selengkapnya untuk Live akan aku tulis dalam artikel lain.

Boomerang : boomerang merupakan video pendek berdurasi 2 detik yang akan otomatis diputar berulang oleh instagram, nah pada instagram strories sudah dibenamkan fitur boomerang yang bisa langsung diupload sebagai stories. Caranya tinggal tekan 1x dan otomatis merekam 2 detik pertama dari gerakan kita.
Rewind : untuk merekam video selama 10 detik dan hasil video tersebut akan di rewind (di putar balik oleh instagram otomatis) jadi semisal kita merekam video orang berjalan maju maka instagram akan menampilkan orang tersebut berjalan mundur. Fitur ini juga baru di dalam instagram.

Hands-Free : Digunakan untuk merekam video selama 10 detik, sama halnya dengan merekan video dari tombol “Normal” hanya saja dengan menekan tombol “Hands-Free” ini kita dimudahkan untuk cukup sekali menekan dan tidak perlu menahan seperti pada tombol “Normal”.

Menampilkan Stories dari Memori Gadget 
Nah untuk fitur ini sepertinya banyak yang belum tahu, selain menunggah dari foto video dengan merekam langsung dari kamera, kita bisa juga menunggah foto / video yang sudah terlebih dahulu direkam sebelumnya atau bisa juga foto yang kita terima dari aplikasi lain misal dari aplikasi pesan. Caranya yaitu pada posisi layar pertama kali masuk ke stories seperti gambar dibawah ini, tekan tombol foto kotak di sebelah kiri (* lihat gambar dibawah sebelah kiri, ni merupakan fitur baru di instagram dan belum muncul di semua phone) atau cara ke 2 yaitu sentuh geser layar ke atas / swipe (lihar gambar dibawah sebelah kanan), bisa dilihat instagram akan menampilkan semua foto dan video yang masuk ke gadget kita dalam 24 jam terakhir pada bagian bawah layar.


Kemudian cukup geser ke kanan ke kiri pada deretan gambar tersebut anda bisa memilih foto / video dalam 24jam terakhir.




Bagaimana jika kita ingin mengunggah foto / video lama atau semisal 2 hari lalu, apakah tidak bisa? Nah yang ini jawabannya tentu bisa, jadi terlebih dahulu masuk ke file manager di gadget kamu, cari foto / video yang ingin diupload kemudian pindahkan foto / video tersebut dari folder aslinya ke folder yang lain (bebas folder apapun), bisa menggunakan fungsi cut > paste, atau pun copy > paste. Sesudah dipindahkan atau di copy, masuk kembali ke menu instagram stories, dan setelah anda geser layar ke atas, dan sim salabim ... anda dapat melihat foto / video anda akan muncul pada jajaran foto video dalam 24jam terakhir. Asyik kan.....

Bagaimana, masih penasaran sama fitur baru Instagram Storie yang lain, yuk lanjut ke Part 2 ya. 
Fitur Baru IG Stories Yang Wajib Kamu Tahu (Part 1)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.