Follower Instagram Berkurang? Pahami Penyebabnya

2:55:00 PM


Beberapa kali terakhir ini banyak sekali aku membaca dari beberapa curhatan teman - teman di grup bahwa mereka kehilangan beberapa followers di akun Instagramnya baik itu akun pribadi maupun akun untuk berbisnis. Selain itu juga menurunnya engagement seperti like dan comment pada postingan terbaru mereka. Memang sejak dari sekitar setahun lalu sudah santer diberitakan adanya perubahan algoritma Instagram dan sempat stabil dalam artian tidak terlalu berdampak, dan kemudian hingga beberapa bulan terakhir ini terjadi kembali penurunan - penurunan tersebut. Wajar sebenarnya jika Instagram merubah algoritmanya, sehingga yang ingin "terkenal" atau "viral" di Instagram mejadi dipersulit dikarenakan semua orang bisa memanfaatkan platform ini secara gratis.

Dengan dipersulitnya cara menjadi "viral" tersebut mau tak mau untuk pelaku usaha, bisnis dan lain - lain akan memanfaatkan iklan Instagram atau biasa kita kenal dengan Instagram Ads. Tentunya hal ini lah yang menjadi tujuan utama dari Instagram untuk mendapatkan keuntungan.

Berlatar belakang hal tersebut diatas maka mulailah aku mencari- cari artikel - artikel terkait perubahan algoritma Instagram, tentunya untuk menjawab rasa penasaran aku sendiri. Dan berikut rangkuman dari beberapa sumber yang aku baca, check it guyssss..


1. Caption dan Hashtag

Bisa dibilang caption dan hashtag ini seperti nafas bagi tubuh instagram kita (halah...๐Ÿ˜†), eh tapi bener lho dialah yang memberi kehidupan untuk instagram kita, memberikan keunikan dan ciri khas kita. Nah tapi yang perlu kalian tahu nih selain memberikan caption menarik biasanya kita akan memberikan juga hashtag terkait postingan kita bukan, nah dari info - info yang aku kumpulin, sebaiknya 
hashtag tidak berulang,  jadi maksudnya hashtag yang sama tidak digunakan secara terusan berulang kali pada postingan yang berbeda karena akan dianggap sebagai SPAM... (wow..๐Ÿ˜ฎ) jadi kreatif - kreatif deh merubah hashtag pada setiap postingan. Aku sendiri lagi berusaha nih pakai hashtag yang beda- beda.

Dan kita tahu bahwa maksimal hashtag per postingan adalah 30 donk ya, nah tapi ada beberapa sumber yang mengatakan bahwa tidak efektif juga mempergunakan banyak hashtag, maksimalnya hanya di 5-20 hashtag saja.

Poin berikutnya yang perlu diperhatikan terkait hashtag adalah menurut beberapa sumber hashtag pada kolom comment sudah tidak bermanfaat lagi, alias diabaikan oleh instagram. Akan tetapi dari hasil coba - coba yang aku lakuin masih muncul tuh postingan yang yang hashtagnya ada di comment pada saat kita lakukan search berdasarkan hashtag. Nah entah deh mana benar mana salah.

Kemudian yang perlu diperhatikan lagi ada sumber yang menyebutkan bahwa sebaiknya kita tidak meng - edit caption kita sesaat sesudah kita melakukan posting sampai dengan 24jam, karena hal tersebut akan menurunkan peluang follower melihat postingan kita, oleh karena itu "ceki-ceki" lagi deh captionnya baik - baik ya sebelum diposting. Btw kalau pendapat aku mungkin logikanya begini, pada saat caption kita edit biasanya di menu home dari instagram follower kita akan muncul kembali postingan tersebut, nah seandainya follower tadi telah like postingan kita ataupun comment di awal sebelum kita edit, maka kemungkinan dia akan berinteraksi kembali dengan postingan kita yang sama akan sangat kecil sekali, dan otomatis yang dia lakukan adalah skip dari postingan kita, nah dari sinilah dianggap postingan kita kurang menarik karena di skip oleh follower kita. Masuk akal bukan?

Begitu pula jangan karena salah caption dan hashtag karena tidak bisa mengedit maka kita memutuskan untuk menghapus postingan tersebut dan melakukan repost, maka hal ini juga akan menurunkan nilai impression dari instagram kita, lagi - lagi logika aku atas pernyataan ini sama seperti point sebelumnya.


2. Siapa yang melihat Postingan Kita / Post Exposure
  
Nah ini point penting juga nih, sebenarnya apakah postingan kita akan tampil di semua follower kita begitu "jebret" kita menekan tombol post???? Ternyata tidak saudara - saudara huhuhuhu.... mewek dehhhh... ๐Ÿ˜ข๐Ÿ˜ข

Kalau dulu memang akan terlihat ke semua follower, sedangkan sejak adanya algoritma terbaru postingan kita pada awalnya hanya akan muncul ke 10% follower kita yang sering berinteraksi dengan kita. Dan jika dalam waktu 1 jam sejak kita posting orang - orang yang melihat tersebut melakukan like atau comment, maka instagram akan menganggap postingan kita menarik dan akan memunculkan postingan ke kita ke sisa follower kita. Inilah yang membuat banyak postingan dengan jumlah likenya menurun drastis.

Lalu apa yang bisa dilakukan supaya kita bisa memaksimalkan 1 jam pertama sejak kita posting? Yeaps kita bisa memanfaatkan story tentunya, share postingan kita di story, dengan begini seharusnya peluang mendapatkan like dan comment akan lebih banyak, tentunya jangan lupa buat story semenarik mungkin.

Dan yang kedua adalah kalian bisa mengikuti grup - grup POD sesuai dengan karakter instagram kalian, jadi di grup2 tersebut biasanya mereka akan saling support dengan melakukan saling like dan comment. Jadi usahakan kalian mendapatkan like dan comment dari teman - teman yang menyukai postingan kamu.
  
Yang harus diperhatikan berikutnya adalah waktu saat kita melakukan posting, jam2 dimana banyak orang membuka instagram akan meningkatkan peluang untuk follower kita melihat postingan kita. 


3. Comment
  
Comment dan celetukan teman sahabat pada instagram membuat instagram sebenarnya lebih menyenangkan menurut aku pribadi. Karena disini kita bisa berinteraksi dengan follower kita. Apalagi jika ternyata comment ini mampu meningkatkan daya tarik dari akun instagram kita.

Nah terkait dalam upaya mendapatkan comment, ada hal - hal yang harus kalian ketahui tentunya terkait comment, dalam memberikan comment ke postingan teman  tidak bisa sembarangan ya, comment minimal 4 kata dan tidak melulu memberikan comment berupa emoticon, karena jika comment hanya 1 kata atau emoticon akan dianggap spam / robot oleh instagram, bagi si penerima comment, comment seperti ini tidak akan meningkatkan engagement, dan bagi pemberi comment, comment seperti ini secara berulang akan beresiko akun pemberi comment terkena shadow banned. Jadi mulai sekarang comment lah dengan tulus, jika postingan teman kamu bagus sampaikanlah dan puji, jangan pula menanyakan hal - hal yang tidak terkait karena akan sangat mengganggu.

Hal lain yang penting diperhatikan dalam meningkatkan engagement pada 1 jam pertama semenjak kita posting adalah berinteraksilah dengan pemberi comment, balas comment semaksimal mungkin dan setulus hati ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„, jangan juga di like atau di balas emoticon love. Hayo siapa yang suka begini?


4. Aktif

Dan yang terakhir kunci utama memang yang diinginkan instagram adalah akun real, alami yang tentu saja selalu aktif, bukan lah akun robot, akun palsu. Tentunya jika kita sering upload, sering sharing, sering like dan comment, maka secara otomatis akan semakin banyak follower - follower kita dan dengan sendirinya perlahan tapi pasti akan meningkatkan engage kita. Bukankah semua butuh proses?

Hati - hati juga jika kamu selama ini punya akun instagram tapi kamu tidak pernah posting, tidak pernah like, tidak pernah comment, dan hanya memantau dalam bisu (alah....๐Ÿ˜…) ntar disangka akun palsu lho sama instagram trus kena hapus deh. Instagram akhir - akhir ini getol banget tuh hapusin akun - akun palsu. Jadi jangan coba beli follower palsu ya kalo ga mau nyumbang dana ke penjual akun follower palsu ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜. Eits maaf ya para penjual follower...


Oke deh sampai disini sharing dari aku, dan sekaligus sebagai catatan untuk aku sendiri.

Semoga rangkuman ini bermanfaat untuk kalian semua, ditunggu like dan commentnya ya dibawah, ingat jangan jadi akun pasif, kan mendingan kita ngobrol kenalan... ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚


20 komentar:

  1. Bermanfaat banget informasinya ini kak.. Memang harus ikut grup pod nih kayanya๐Ÿ˜

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehhe bener kak untung udah ikutan ya :)

      Hapus
  2. Wahh beemanfaat bgt ini informasinya kak, emg pod ngebantu bgt buat naikin ER instagram

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih kalau di POD gitu kan yang sama minatnya jadi bisa saling komen kan

      Hapus
  3. Bener banget nih aku juga jadi memperhatikan Instagram gagara banyak alogaritma baru yang super ribet #supblogline

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasi ka semoga bermanfaat ya, sama2 belajar nih

      Hapus
  4. Wah ulasannya lengkap banget kak, nambah pengetahuan lg nih atas keribetan ig ๐Ÿ˜… #supblogline

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya makin lama makin ribet ka, makasi sudah membaca ya

      Hapus
  5. Terimakasih kakak sudah memberikan informasi pengetahuan nih #supblogline

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasi kembali ka, semoga bermanfaat ya ^^

      Hapus
  6. bermanfaat banget ka, terima kasih banyak infonya :D #supblogline

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasi kembali ka, sering - sering mampir ya ^^

      Hapus
  7. Bermanfaat banget informasinya ini kak.. Memang harus ikut grup pod nih kayanya
    #supblogline

    BalasHapus
  8. Bermanfaat banget infonya ini kak.. ๐Ÿ˜ penting banget!! ๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    BalasHapus
  9. Nambah pengetahuan baru lagi deh jadinya.. kadang suka bingung sendiri sama algoritmanya instagram.. ๐Ÿ˜
    #supblogline

    BalasHapus
  10. Terima kasih untuk sharingnya. Jadi tau lebih banyak ttg IG yang berubah2 terus ��
    #supblogline

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.