Ceritaku Dari Bayar Pajak STNK Online, Sampai Bukti Pembayaran Hilang

11:47:00 PM


Helllaaaawwwwww Happy Chinese New Year bagi yang merayakan... Masih dalam semangat tahun baru imlek nih ya, udah pada rencana apa aja nih di tahun 2019?

Kalo aku sih adalah beberapa plan ke depan gitu tapi entar dulu lah blom waktunya di share.

Sekarang aku cerita pengalaman bayar pajak tahunan kendaraan online aja ya. Mungkin masih banyak yang belum tahu kalau pajak kendaraan bisa dibayar online. Sebenarnya ini pengalaman tahun kedua aku, sebelumnya sudah pernah namun waktu tahun pertama lebih mulus dan sebagian suami yang melakukan. Sedang tahun ini benar - benar pengalaman aku sendiri full nih dari awal sampai akhir 😁. Dan sedikit ketemu kerikil alah wkwkwkwkkwk..


PEMERIKSAAN JUMLAH TAGIHAN PAJAK

Jadi yang akan aku ceritakan ini mungkin khusus untuk wilayah jawa timur dan samsat surabaya khususnya. Langkah pertama yang aku lakukan adalah mencari jumlah tagihan pajak aku. Nah aku masuk nih ke web nya https://esamsat.jatimprov.go.id
Tampilannya sendiri seperti ini

Pict 1. WEB SAMSAT JATIM



Nah isi deh bagian sebelah kanan sesuai petunjuk. Yang perlu diperhatikan adalah saat memilih Samsat, pastikan yang kamu pilih adalah Samsat yang akan kamu kunjungi untuk mengambil STNK yang baru nantinya ya.
Kemudian tekan cari.

Pict 2. Pengisian

Jika kita belum melakukan pembayaran maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini dan muncul besarnya rincian pajak kendaraan kita.

Pict 3. Rincian Tagihan


Lanjut pada jika kita akan melakukan pembayaran maka tekan Ya pada pertanyaan di bagian bawah


MENDAPATKAN KODE BAYAR PAJAK

Kemudian setelah langkah diatas akan muncul tampilan layar berikutnya dimana kita harus memasukkan data kendaraan yang dibutuhkan beserta kita harus memilih di Bank mana kita akan melakukan pembayaran pajak, dan dengan cara apa.
Tersedia beberapa pilihan Bank yang bekerja sama dan cara pembayarannya.



Pict 4. Permintaan Kode Bayar

Setelah itu kita akan mendapatkan Kode Bayar. Nah kode bayar ini di Screenshoot ya atau di foto atau di print screen intinya disimpan lah, nanti pada saat akan mengambil STNK yang baru jangan lupa kode bayar ini dicetak ya. Dan wajib dibawa tuh ke SAMSAT tempat pengambilan STNK yang kita pilih.

Pict 5. Kode Bayar


MELAKUKAN PEMBAYARAN PAJAK

Selesai sudah pengisian data melalui online, langkah berikutnya adalah melakukan pembayaran melalui Bank yang sudah kita pilih diatas.
Nah setelah melakukan pembayaran melalui bank, bukti pembayarannya wajib disimpan ya karena harus diserahkan ke SAMSAT bersamaan dengan cetakan kode bayar.

JIKA BUKTI PEMBAYARAN BANK HILANG

Nah ini dia pengalaman berharga aku di tahun kedua pembayaran pajak online ini, ceritanya nih aku kehilangan struk atm bukti pembayaran, jadi aku sampai kembali 2x ke SAMSAT, sebenarnya aku sempat goggling mencari - cari informasi bagaimana jika bukti pembayaran hilang, namun tidak ada informasi yang aku dapatkan. Jadilah yang pertama kali aku pergi ke SAMSAT hanya bermodalkan cetakan kode bayar, dan kepada Petugas aku menjelaskan jika bukti pembayaran hilang, dan aku menceritakan "kronologis" kapan aku membayar dan melalui Bank apa. Ya menurut logika ku kan seharusnya bisa tuh di cek di rekapan transaksi masuk di rekening SAMSAT. Eh ternyata tidak bisa saudara - saudara, dan aku harus kembali pulang dengan kecewa. (huhuhuhu... 😢)
Tetapi untungnya disana petugasnya memberitahukan supaya aku meminta rincian transaksi di bank dimana aku melakukan pembayaran, karena waktu itu aku melakukan pembayaran via atm dari rekening pribadi.

PENGAMBILAN STNK BARU

Oke lah hari berikutnya setelah meminta cetakan rincian transaksi dari Bank, kembalilah aku ke kantor SAMSAT bermodalkan kertas print dari Bank , cetakan Kode Bayar beserta STNK lama tentunya.
Oh ya untuk pembayaran Online saat tiba di SAMSAT cari loket pembayaran Online yah biasanya ada antrian khusus yang lebih pendek, jika tdak ada maka langsung saja ke salah satu loket dan beritahukan bahwa kalian sudah membayar melalui online.
Tak menunggu lama setelah data diatas aku sampaikan ke loket, sekitar 3 menit si Bapak keluar dan menyerahkan STNK kendaraan yang baru.

Pict 6. Pamer STNK Baru

Nah mudah sekali bukan, lumayan menghemat waktu untuk antri samsat ini lho.

Yuk bayar pajak kendaraanmu lewat online...

Sekian cerita aku tentang membayar pajak kendaraan online, jika ada masukan terkait tulisan aku atau saran dan kritik, tulis ya pada comment dibawah, terimakasih.





Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.