Susah Nabung? Nih Aku Bagi Tips Menabung Ala Aku Di BIBIT

12:47:00 AM
Ilustrasi Investasi

Seperti kita ketahui bersama, kita saat ini hidup di jaman yang serba praktis. Saking praktisnya meski kita keluar rumah tanpa membawa dompet pun kita masih bisa ketawa haha hihi ๐Ÿ˜๐Ÿ˜, sangat berbeda sekali dibandingkan pada masa kurang lebih 5 tahun yang lalu, dimana dompet sangat penting untuk dibawa kemanapun. Saat ini kita dihadapkan dengan fenomena Handphone lebih penting daripada Dompet.... Keluar rumah tanpa dompet "santai donk ya" yang penting tidak lupa bawa handphone ya kan. Mau traktir cewek, gampang tinggal buka tuh aplikasi, buat yang cewek nih mau belanja baju kosmetik di mall sama lah buka aja handphone, mau bayar parkir sama deh, sampai - sampai mau sedekah ke pengemis dijalan pun sama tuh (* eh tapi kayaknya yang ini belum deh di Indonesia).

Bahkan sekarang salah satunya banyak bertebaran aplikasi Dompet Digital pada Handphone, dimana beberapa aplikasi Dompet Digital ini mengklaim seolah kita akan mudah membuat ANGGARAN uang jajan sebulan dengan adanya Dompet Digital, jadi diawal bulan kita bisa sisihkan dari gaji kita di rekening ke dompet digital kita sebagai anggaran uang jajan sebulan. Tapi apa yang terjadi? Apakah kita dan termasuk aku sendiri berhasil menabung? Sedihnya adalah TIDAK ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ. Tengah bulan dompet digital sudah abis dan transfer lagi deh dari rekening gaji, ujungnya abis lagi tuh gaji. Astagaaaa......

Kembali lagi deh GALAU gimana ya mau nikah, mau punya anak, beli rumah, beli mobil, masih ada tanggungan ortu, masih pengen beli ini itu eh tapi tabungan nol ya kan gimana coba. Boro boro mikirin dana darurat nabung aja gagal melulu. Mungkin itulah gambaran yang hampir dialami oleh semua generasi milenial, termasuk aku nih. Oleh karena itu mulai deh aku cari - cari info tentang tabungan lah, investasi lah, baca ke sana kemari.

Suatu ketika teman aku Si A menyarankan investasi aja di Brand ini, bunga lebih besar dari Bank plus iming - iming nih dalam 3 bulan sudah balik modal dan sekarang uang temanku ini beranak terus. Baca - baca tentang investasi tersebut, sebenarnya aku gak paham sih, tapi pengen tuh punya investasi, udahlah percaya aja sama temen, kan temen ya kan ngikut deh coba - coba investasi Rp 1.000.000 aja deh. Eh selang 2 bulan belum sempet tarik balik modal, muncul deh tuh berita Si Owner Brand kabur donk bawa uang kita, ya elah Investasi Bodong. Ya tapi aku bersyukur ajalah untung cuman Rp 1.000.000 ๐Ÿ˜ญ

Berikutnya Si B menyarakan main saham aja dan di ajarin, dan bla bla bla... dijelasin panjang lebar tinggi volume ๐Ÿ˜‚ sebenarnya ga paham sih tapi kan gengsi, ya udah ikut aja deh, nyemplung dikit aja Rp 5.000.000, dijalanin 3-6 bulan tetep aku kurang paham kapan harus jual beli sahamnya sampai akhirnya kembali habis deh dana itu. Lagi - lagi aku bersyukur deh aku masih sehat masih bisa cari uang lagi meski di balik bantal nangisnya agak berat ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ.


Ilustrasi Menabung Dalam Celengan


Karena lelah dengan investasi, aku kembali deh cari jalan aman nabung yang aman aja deh, nyoba bedain rekening bank, maksud hati satu untuk nabung, satu untuk gaji. Tapi lagi - lagi gagal kelupaan terus buat misahin ๐Ÿ˜, udah gitu kepikir untuk buka deposito,eh gagal juga ribet juga tuh ke banknya setor, trus berikutnya aku ngikutin Tips Keuangan yang bertebaran di sosial media tuh beli obligasi, sudah diniatkan baca - baca, ribet pula transfer - transfernya. Dan akhirnya akupun lelah, ada juga yang kayak aku disini?

Ah sudahlah aku semedi dulu menenangkan hati, hemat dulu, dan mengontrol keinginan belanja, hahahaha engga lah ya.
Kemudian sampai pada akhirnya beberapa waktu yang lalu aku diperkenalkan oleh temenku nih, jadi ini tuh satu Aplikasi di handphone ,yang memungkinkan kita yang buta investasi, untuk bisa investasi tanpa ribet WOW. Penasaran juga kan? Yuk baca cerita aku selanjutnya.

Berkenalan dengan Aplikasi Investasi Reksadana

Sebelum kita bahas aplikasinya ada baiknya kita paham dulu reksadana. Menurut Wikipedia nih Reksadana adalah wadah dan pola pengelolaan dana/modal bagi sekumpulan investor untuk berinvestasi dalam instrumen-instrumen investasi yang tersedia di pasar modal dengan cara membeli unit penyertaan reksadana. Dana ini kemudian dikelola oleh Manajer Investasi (MI) untuk diinvestasikan ke dalam portofolio investasi, seperti sahamobligasipasar uang ataupun efek/sekuriti lainnya.
Kalau penjelasan seperti diatas masih bisa dipahami ya kan, jadi intinya ada "pihak yang akan mengelola dana kita untuk diinvestasikan". Tentunya cocok sekali untuk kita generasi milenial yang susah nabung dan anti ribet ya kan....

Jadi nama aplikasinya ini adalah BIBIT. Iya bukan bibit tanaman ya, hehe, tapi ini bibit untuk menciptakan pohon uang kita eakkkkk... ๐Ÿ˜. Jadi menurut website resminya BIBIT ini adalah INVESTASI REKSA DANA SECARA OTOMATIS dengan tagline nya "Bibit menempatkan uang kamu ke portfolio reksa dana secara cerdas dan tanpa ribet."


Tampilah Logo Bibit Pada Aplikasi

Kenapa Harus Investasi Reksadana di BIBIT?

Nah pastinya kalian bertanya - tanya donk kenapa sih harus di BIBIT, kan banyak juga tuh aplikasi investasi lainnya. Jadi keunggulan BIBIT ini cocok sekali untuk para pemula generasi milenial yang sama sekali buta investasi. Menurut aku ada 3 point yang bisa aku jadikan alasan kenapa harus BIBIT antara lain :

  • Dengan VISI nya "Untuk Pemula dapat MULAI Berinvestasi" rasanya kok ya pas sekali dengan aku sendiri dan mungkin beberapa teman - teman juga yang seperti aku. Interface / Antarmuka dari aplikasinya pun dirancang sedemikian rupa hingga menurutku sangat user friendly (ramah penggunaan), praktis dan menyenangkan dengan adanya gambar di beberapa tampilan.

Tampilan Awal Saat Registrasi


Tampilan Home Setelah Registrasi, Terdapat Gambar Yang Menarik


  • Di dalam aplikasi ini sekaligus juga ada Teknologi Robo Advisor. Jadi Robo Advisor  ini membantu memilihkan Reksadana terbaik disesuaikan dengan style kita dalam berinvestasi dan level resiko yang kita harapkan. Jadi nih tiap orang itu kan berbeda gaya investasinya kalau aku tipe yang investasi kecil aja deh asal ada untung kecil pun tak masalah, dan yang penting ga rugi - rugi amat juga, jadi aku main "aman". Ada juga tipe orang lain yang lebih memilih investasi besar aja biar kalau untung keliat dan terasa hasilnya, meskipun orang tersebut juga harus menanggung resiko yang juga besar. 

Selain itu dari salah satu artikel yang aku temukan di Kompas.Com dituliskan bahwa "Cara Memilih Reksadana, langkah pertama adalah memilih jenis reksa dana yang sesuai dengan tujuan keuangan kita. Misalkan tujuan keuangan kita adalah pensiun yang dananya baru akan dipakai 10-20 tahun lagi, maka pilihannya adalah reksa dana saham. Namun, jika tujuannya adalah bersifat jangka pendek, seperti membayar biaya masuk sekolah anak 6 bulan lagi, maka jenis yang sesuai adalah reksa dana pasar uang." Dan beberapa Indikator yang bisa dijadikan patokan dalam memilih reksadana yang baik antara lain Tingkat Keuntungan (Return)Tingkat Resiko (Risk), Dana Kelolaan dan Unit Penyertaan serta Biaya Investasi Reksadana. 

Nah tentunya dengan Robo Advisor ini juga membantu kita dalam memperhatikan Indikator tersebut diatas sehingga Reksadana yang kita pilih menjadi maksimal.

Tampilan saat berinvestasi dengan bantuan Robo Advisor


  • Berikutnya intinya bagi Investor Pemula seperti aku dengan adanya bibit ini kita tinggal terima beres aja deh, tidak perlu bingung dalam memilih reksadana yang bagus, karena semua dijelaskan pada aplikasi dengan begitu mudah dipahami.

Terdapat Petunjuk Yang Memudahkan Disertai Gambar - Gambar


Poin Plus Dari Investasi di BIBIT REKSADANA

Sesuai dengan pengalaman yang aku tulis diatas tentang investasi gagal yang pernah aku alamin, tentunya aku sangat selektif dalam memilih investasi, nah menurut aku pribadi poin plus dari investasi ini antara lain :

  • Memiliki Rating Tertinggi untuk saat ini pada jajaran aplikasi sejenis lainnya baik itu di Google Playstore maupun Apple Appstore.
Rating Bibit di Google Playstore Per Tulisan Ini Dibuat

  • Gak ada lagi ceritanya lupa investasi karena ribet transfer donk, karena disini kita bisa langsung masukkan investasi kita dari dompet digital GoPay, jadi dalam 1 genggaman deh praktis sekali kan.


  • Dan karena investasinya dalam sebuah aplikasi pasti sangat PRAKTIS karena kemanapun saat ini kita pasti memegang handphone dari bangun tidur sampai tidur lagi. 
  • Kalau kalian pikir investasi hanya untuk yang berduit dan gaji besar, its a BIG NO, jadi disini kita bisa mulai hanya dari Rp. 10.000 untuk investasi manual yang kita beli sendiri, dan mulai Rp. 100.000 untuk investasi dengan bantuan Robo Advisor. Gile banget ya kan, lewat lah uang segitu untuk memulai investasi, cuman seharga uang parkir.

Investasi Manual Tanpa Robo Advisor mulai Rp. 10.000

  • Yang paling penting nih, aplikasi ini sudah terdaftar di OJK Otoritas Jasa Keuangan. Jadi sangatlah aman karena di awasi negara.
  • Dan disini tuh nilai investasi kita tidak dipotong biaya apapun jadi kita masukin Rp 100.000 ya itulah dana kita. Jadi tanpa Biaya Komisi GRATIS.

Gratis Biaya Komisi


Masih Bingung? Berikut Cuplikan Investasi Reksadana di BIBIT

Mungkin kalian ada yang masih bingung dan ga yakin kan dengan BIBIT , wajar lah namanya juga baru kenalan. Nah ni kalau boleh aku kasi liat cuplikan dari transaksi yang benar - benar memberikan penjelasan dan membantu pada investor pemula.

Aplikasi ini bisa menyarankan Profil Resiko sesuai dengan survey yang kita isi,
dan bisa diganti manual jika kita merasa kurang cocok.

Ada contoh simulasi seperti ini yang bisa memberikan gambaran kepada kita.


Reksadana Syariah Di BIBIT Apakah Bisa?

Nah jika kalian tipe investor yang memperhatikan Prinsip Investasi Syariah dalam unit reksadana kalian, maka di BIBIT sudah menyediakan pilihan Reksadana Syariah.

Diatas adalah tampilan Reksadana yang bisa kita pilih,
diantaranya terdapat Reksadana Syariah


Review BIBIT REKSADANA

Menurut aku pribadi aplikasi Bibit ini sangat praktis untuk era sekarang ini, dimana apapun bisa di lakukan hanya dalam sebuah genggaman. Apalagi pointnya bisa di bayar langsung dari salah satu Dompet Digital GoPay sehingga mengurangi ribet transfer, dan tinggal memotong sedikit dari uang jajan kita. Dengan nilai yang sangat minimum bisa memulai untuk berinvestasi membuat kaum milenial seperti kita ini tak ragu untuk mencoba berinvestasi. Selain itu juga adanya fitur "NABUNG RUTIN" membuat kita bisa mengatur jadwal investari rutin per bulan. Overall aku suka dengan aplikasi ini dan akan mencoba meneruskan berinvestasi disini.

Fitur Nabung Rutin

Buat temen - temen yang ingin mencoba bibit silahkan klik pada tautan berikut ini ya https://bibit.app.link/kiyandra

Jadi bagaimana dengan teman2, apakah sudah mencoba aplikasi BIBIT ini? Yuk bagikan pengalaman kalian pada kolom komentar.



20 komentar:

  1. Aku udah pernah denger Bibit, tapi baru kali ini baca penjelasan detailnya. Investasi memang sangat penting ya Mbak, memilih instrumen investasi juga harus dipertimbangankan sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mmg sangat penting, dibandingkan menabung biasa investasi lebih menguntungkan untuk jangka panjang, hanya saja kalau untuk saya pribadi yang agak suka bingung dengan investasi sejak menggunakan bibit lebih terbantu, yuk cobain juga

      Hapus
  2. Investasi memang penting ya mba. Terima kasih, ulasan tentang bibit sangat lengkap dan mudah diikuti.

    BalasHapus
  3. Ternyata beli saham semudah itu ya. Lewat aplikasi bisaa toh ๐Ÿ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bisa nih apalagi analisa jual belinya bisa dibantu sm robot jdi maksimal

      Hapus
  4. Baru tau reksadana bisa beli di applikasi. Selama ini taunya cuman di bank. Makasih infonya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ini mmg baru sih apalagi belinya jg bisa dibuat terjadwal

      Hapus
  5. Ngakak pas ada tulisan Bibit bukan bibit tanaman. Anyway aku baru tahu Aplikasi satu ini. Ternyata Reksa dana bisa lewat aplikasi ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya Kak Val, klo ada bibit tanaman uang auto kaya ya ๐Ÿ˜†

      Hapus
  6. Praktis bgt ya, bisa transfer pake gopay lagi. Kebetulan aku lg cari2 aps kayak gini yg bs nabung dan bs kita pantau. Thanks infony

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul krn rata2 qta skrg kn habis gajian isi gopay dll dompet digital, nah kli gni skalian bs invest

      Hapus
  7. kayaknya aku harus mulai update soal menabung sprt ini, karena selama ini gaya konvensional doang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah betul krn invest jg penting skali uk masa depan

      Hapus
  8. Iya sekarang semua serba go digital ya mbak, termasuk soal investasi, serba midah, tingfal download apps lalu invest deh ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar skali malah kalo yg manual sering terlupakan akhirnya

      Hapus
  9. Semuanya udah figital ya kak. Mau investasi jadi mudah. Bisa dipakukan dari smartphone dan dimana aja. Pelajari dulu Tinggal lalu install aplikasinaja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener skali, coba deh dipelajari krn ini bagus sih mnurut aku

      Hapus
  10. Semuanya serba digital jadi selalu penasaran apalagi soal tabungan... aku pelajari dulu๐Ÿ˜š

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul bgt coba deh install dlu dipelajari pelan2

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.