6 Menu Sarapan Pagi Sehat & Praktis

Pada kehidupan modern yang serba cepat seperti saat ini, bagi kalian yang tinggal di kota besar seperti aku pasti mengalami yang namanya kehebohan di pagi hari. Bangun pagi, menyiapkan bekal makan siang untuk yang membawa bekal, menyiapkan suami berangkat kerja dan anak - anak berangkat sekolah bagi para ibu rumah tangga. Terkadang karena kesibukan tersebut, menyiapkan sarapan menjadi hal yang terlupakan. Padahal sarapan sangat penting sekali untuk menunjang aktifitas kita selama setengah hari sampai siang. 


6 Menu Sarapan Pagi Sehat & Praktis



Manfaat Sarapan Pagi Sehat

Sarapan pagi tidak hanya untuk mengisi perut semata, akan tetapi memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita antara lain :


Manfaat sarapan pagi




Mengontrol Asam Lambung


Aku pribadi memiliki gangguan asam lambung yang sering kambuhan. Nah buat kalian yang sama seperti aku, sangat penting untuk rutin mengkonsumsi sarapan pagi. Tujuannya adalah supaya asam lambung terkontrol dan tidak naik. Karena setelah tidur sepanjang malam kecenderungan asam lambung naik di pagi hari cenderung tinggi.

Untuk kalian yang memiliki asam lambung seperti aku, saranku konsumsilah sarapan pagi yang ringan tapi sehat. Jangan memilih menu berat semisal nasi dengan lauk bersantan, makanan pedas, makanan yang terbuat dari beras ketan atau makanan yang memicu kenaikan asam lambung lainnya. 

Oleh karena itu sangatlah penting untuk tidak melewatkan sarapan pagi. 


Sumber Energi dan Konsentrasi


Dengan tidak melewatkan sarapan pagi, menjadi salah satu sumber energi bagi kita untuk beraktifitas di pagi hari. Sehingga badan tidak lemas ya bestie πŸ˜‰. Selain itu ketika badan sudah berenergi maka konsentrasi kita dalam beraktifitaspun tidak akan terganggu lagi. Semakin fokus dalam beraktifitas maka akan meningkatkan kinerja bukan.


Mencegah Obesitas & Gangguan Kardiovaskular


Menurut penelitian dari American College Of Cardiology bahwa 20% hingga 30% orang dewasa yang melewatkan sarapan paginya cenderung mengalami peningkatan obesitas dan gangguan kardiovaskular.

Hal ini bisa disebabkan karena jika kita melewatkan sarapan pagi, kecenderungan untuk makan berlebihan saat jam makan siang bisa terjadi. Sehingga memicu lonjakan gula darah dan sebagainya. Ujungnya dapat menyebabkan obesitas serta gangguan kardiovaskular. 


Setelah kita mengetahui berbagai manfaat sarapan pagi, maka kali ini aku ingin berbagi kepada kalian pengunjung blog ini menu sarapan pagi yang sehat dan praktis sekaligus tentu rasanya enak. Sekali dayung 2 pulau terlewati lah ya.😁 Hayuk langsung di simak dan di praktekkan.




Menu Sarapan Pagi Sehat & Praktis

Yang akan aku tuliskan dibawah hanyalah 6 menu saja, dimana tentunya selain 6 menu tersebut masih banyak tentunya menu lain yang bisa di kreasikan. 


Salad Buah


Tidak ada salahnya menyetok buah2an di akhir pekan, di potong dan disimpan dalam wadah kedap udara. Sehingga keesokan paginya tinggal mencapurkan buah - buahan tadi dengan yogurt atau susu dan bisa ditambahkan madu serta chia seed untuk mengenyangkan. 



salad buah sebagai sarapan pagi



Ada berbagai pilihan buah yang bisa digunakan seperti semangka, alpukat, melon, jeruk, apel dsb. Disesuaikan saja dengan kondisi di pasar yang tersedia. Banyak sekali resep salad buah yang bisa ditiru dari social media maupun aplikasi resep masak.

Chia seed bisa ditambahkan pada salad buah untuk memberikan efek kenyang lebih lama sekaligus sebagai sumber protein yang memberikan cadangan energi bagi tubuh.


oatmeal sarapan pagi




Oatmeal


Oatmeal adalah salah satu menu praktis andalan sarapan aku. Oatmeal memiliki banyak manfaat yang salah satunya adalah menjaga kesehatan jantung. Kalau aku biasanya menggunakan oatmeal instant yang hanya ditambahkan air panas dan gula. Aku sih menikmati rasanya yang sepet2 manis 😁😁. Tapi kalau suamiku kurang suka jika hanya dengan gula saja. 

Nah oatmeal bisa juga dikreasikan dengan campuran susu, yogurt dan buah-buahan ataupun kismis. Bisa juga dikreasikan menjadi overnight oatmeal. Nah kalau overnight oatmeal ini favorit suamiku. πŸ˜‰


Granola


Granola yang merupakan campuran dari biji - bijian dan kacang - kacangan juga memiliki berbagai manfaat gizi dan sangat menyehatkan.

Mau tahu lebih dalam tentang Granola? Kalian bisa baca dalam artikel yang pernah aku tulis berjudul Granola Sebagai Aternatif Sarapan Pagi Yang Sehat



sereal untuk sarapan pagi



Sereal


Nah kalau sereal ini favorit suamiku banget. Sereal merupakan makanan yang terbuat dari gandum. Penyajiannya juga praktis tinggal tuang susu atau yogurt. Kalau suamiku biasanya dicampur susu soya kemasan. Sereal juga memiliki manfaat seperti halnya oatmeal yaitu untuk kesehatan jantung. 

Biasanya sereal ini juga favorit anak - anak karena rasanya yang krius - krius seperti snack. Sereal juga biasanya terdapat pilihan rasa mulai dari coklat sampai buah - buahan.


Sandwich Sayuran


Sandwich sayuran juga bisa menjadi alternatif. Tinggal siapkan roti tawar beserta isiannya. Isiannya pun bisa kalian siapkan saat di akhir pekan ya. Biasanya menggunakan sayuran seperti selada, tomat, dan telur goreng. Atau bisa juga dikreasikan dengan isian lainnya. 

Rotinya pun bisa kalian kreasikan semisal di panggang ataupun tanpa di panggang. Tentunya dengan isian sayuran dan telur tadi sandwich sayuran sangat bergizi serta mengandung banyak protein tentunya.



sarapan makan roti




Roti dengan Selai / Butter


Masih dengan menggunakan bahan roti. Kalian juga bisa mengoleskan selai ataupun butter diatas roti dan menjadikannya sebagai alternatif sarapan pagi yang sehat. Selai sedikit berbeda dengan butter. Selai biasanya lebih bening dan terdapat pilihan rasa buah - buahan. Sedangkan butter biasanya lebih creamy dan oily. Terdapat berbagai pilihan selai & butter di pasaran yang bisa kalian coba juga.



Sarapan pagi roti dengan butter


Kalau aku biasanya suka menggunakan olesan Butter dari Veganland. Terdapat 9 varian pilihan rasa sehingga seharusnya cukup banyak pilihan dan tidak akan mudah bosan. Beberapa pilihan kacang mulai dari peanut, cashew dan almond yang masing- masingnya memiliki pilihan original, choco, dan choco crunchy.


sarapan pagi bermanfaat




Butter dari Veganland ini menggunakan komposisi bahan yang sehat yaitu kacang, gula aren dan minyak kelapa virgin. Tentunya komposisinya sangat bermanfaat untuk kesehatan serta aman dikonsumsi untuk kalian yang menganut gaya hidup Vegan.


sarapan pagi pakai butter



Dikemas dalam wadah plastik transparan dengan berat 125gram. Kemasan baru ditutup dengan segel berbahan kaleng untuk menjamin kehigienisan produk. Oh ya butter ini sudah mendapatkan sertifikasi BPOM ya jadi kalian tidak perlu khawatir.

Menurutku butter ini layak dicoba. Yang paling aku suka varian choco crunchynya karena terdapat terkstur renyah dan crispy dari crunchynya. 


sarapan pagi ria kiyandra



Buat kalian yang pengen cobain butter ini bisa intip di sini. Gunakan Kode DISKON "VEGANRIA" untuk mendapatkan diskon tambahan saat bertransaksi. Lumayan kan


Nah itu dia artikel seputar rekomendasi aku tentang 6 menu sarapan pagi sehat & praktis, bagaimana menurut kalian?

Posting Komentar

5 Komentar

  1. Oatmeal memang sangat membantu sekali mba, apalagi bagi aku anak kuliahan yang pagi² udah keluar rumah, biasanya aku sudah siapin dari malam hari overnight gitu mba. Ditambahin susu sama buah, mengenyangkan dan menyehatkan.

    BalasHapus
  2. Keren banget, mba...Godaan nasi masih sangat besar...akhirnya baru sampai tahap mengurangi junk food, gorengan dan lemak tinggi saja. Suka sekali lihat resep2 nya

    BalasHapus
  3. Perlahan mengurangi konsumsi nasi diganti dengan roti tawar karena sedang diet sehat, butter dari Vegan land ini layak dicoba apalagi variannya banyak tapi saya lebih suka yang almond sepertinya enak.

    BalasHapus
  4. Iyaa sejak bocil sekolah daku jadi bangun subuh nih karena kudu siapkan bekal makan siang karena mereka ngga ada katering lagi hehe makasih idenya, selai vegan land sepertinya enak yaa

    BalasHapus
  5. Sqlqd buah atau sayur aku juga suka bikin untul.menu sarapan mbak. Btw selai vegan land sepertinya yummy apalagi diolesin ke toast ya mbak.. coba ah beli jugq

    BalasHapus