Penyebab Kulit Tangan Kering Serta Cara Mengatasinya

Berbagai aktifitas harian bisa menjadi salah satu penyebab kulit tangan kering. Sebelum mencari tahu cara mengatasinya, kita juga harus tahu lho apa penyebab kulit tangan kita menjadi kering. Karena jika kita ingin menyembuhkan tapi tidak menghentikan penyebabnya menurutku sih menjadi sia - sia.


Penyebab kulit tangan kering


Aku sendiri meski tidak terlalu sering, ada kalanya mengalami kulit tangan kering. Kalau di aku biasanya dipengaruhi kondisi lingkungan dan juga karena sering bersentuhan dengan air.

Lalu kira - kira apa saja ya penyebab kulit tangan menjadi kering. Nah aku telah merangkum dari beberapa artikel dan akan aku bagikan pada tulisan ini.



Penyebab Kulit Tangan Kering

Penyebab kulit tangan menjadi kering antara lain :


Terbakar Sinar Matahari

Setelah kita beraktifitas di luar ruangan dalam jangka waktu yang cukup lama, ternyata tidak hanya lengan atau wajah yang bisa terbakar sinar matahari. Begitu juga dengan tangan kita. Telapak tangan juga bisa mengalami "sunburn" dan kemudian menjadi kering.

Perubahan Cuaca

Nah cuaca ini yang lumayan sering berpengaruh di tangan aku sendiri. Ketika terjadi pergantian dari musim hujan ke kemarau dan sebaliknya, ada kalanya tanganku mengalami kulit kering.


penyebab kulit tangan kering





Paparan Zat Kimia

Beberapa zat kimia seperti alkohol pada sabun, shampoo dan kosmetik bisa juga menjadi salah satu pemicu kulit tangan menjadi kering. Bahkan jika dibiarkan terus kering dan terpapar maka bisa menjadi mengelupas dan bahkan memicu penyakit dermatisis.

Konsumsi Obat

Konsumsi obat tertentu seperti misalnya obat topikal, obat kejang, dan obat tekanan darah dapat memicu tangan menjadi kering.

Reaksi Alergi

Reaksi alergi bisa menjadi penyebab kulit kering. Alergi terjadi karena kita tidak cocok menggunakan bahan tertentu semisal yang ada di dalam sabun cuci baju. Ataupun karena kondisi badan sedang tidak fit sehingga memicu reaksi alergi.

Terlalu Sering Membersihkan Tangan

Sejak wabah pandemi corona tentunya kita mempunyai kebiasaan baru yaitu mencuci tangan. Mencuci tangan dengan tujuan membersihkan tangan, jika terlalu sering dilakukan juga bisa menyebabkan tangan menjadi kering. Selain itu penggunaan hand sanitizer untuk membersihkan tangan juga bisa memicu tangan menjadi kering.


Nah jika diatas kita telah mengetahui beberapa penyebab tangan menjadi kering, berikutnya mari kita pelajari bagaimana cara mengatasinya.



Cara Mengatasi Kulit Tangan Kering

Apa saja ya kira - kira cara mengatasi kulit kering? Yuk langsung dibaca :


Lindungi Tangan Dari Panas Matahari

Jika tangan kita sering kering dikarenakan terbakar sinar matahari maka gunakanlah pelindung saat akan berada dibawah sinar matahari dalam jangka waktu yang cukup lama. Bisa gunakan pakaian yang menutupi tangan atau gunakan sarung tangan berbahan kain yang lembut.

Menggunakan Sarung Tangan

Jika penyebab sarung tangan adalah paparan dari sabun cuci piring atau sabun cuci baju dan penggunaan air berlebihan, maka penggunaan sarung tangan saat melakukan aktifitas mencuci bisa menjadi pilihan. Gunakan sarung tangan karet yang cukup panjang sehingga melindungi tangan sampai lengan.


cara mengatasi kulit tangan kering



Memilih Produk Pembersih Tangan Yang Lembut

Baik itu sabun cuci tangan atau hand sanitizer gunakanlah yang mengandung pelembap tangan atau yang tertulis tidak menyebabkan tangan kering. Selain itu pelajari juga komposisi sabun cuci tangan yang biasanya dapat memicu tangan kering seperti alkohol dan hindari komposisi tersebut.

Menggunakan Produk Pelembap Tangan

Produk pelembap tangan atau biasa disebut hand cream saat ini sudah banyak beredar di pasaran. Ada berbagai pilihan merk yang bisa kalian gunakan sesuai budget kalian. Nah seperti salah satunya rekomendasi dari aku adalah Hand & Foot Cream dari EZ WHITE.


Hand & Foot Cream EZ WHITE Bantu Atasi Tangan Kering

EZ White adalah salah satu brand body care yang memiliki cukup banyak produk - produk body care, salah satunya bisa kalian baca di sini. Salah satu produk favorit EZ White yang aku suka yaitu sabun mandi dengan aroma Eucalyptus karena unik dan juga menyegarkan.

Nah kali ini kebetulan EZ White mengeluarkan produk baru Hand & Foot Cream yang dapat membantu atasi Tangan Kering.  Dan karena harganya terjangkau hanya30ribu an nah jadi aku cobain deh. Aku coba jelasin sekilas tentang EZ White Hand & Foot Cream ini ya.


ez white untuk kulit tangan kering



Kemasan

Dikemas dalam tube berbahan plastik lentur dalam ukuran 30ml. Dengan ukuran sekecil ini sih menurutku praktis banget untuk dibawa kemanapun. Diselipin dalam tas kecil pun masih sangat muat dan tidak mengganggu.


krim tangan kering dengan kolagen



Aku suka detail tutup kemasannya yang berbentuk seperti diamond, memberikan kesan mewah dengan warna hitam. Pada saat pembelian awal di dalam tutupnya terdapat segel sticker yang harus kalian lepas terlebih dahulu.

Kemasan tubenya terdiri dari 2 sisi, bagian depan tulisan EZ White, varian produk, nama produk dan ukuran. Sedangkan pada sisi bagian belakang terdapat informasi manfaat produk, cara penggunaan, ingredients, pabrikan, No. BPOM, kode produksi dan expiration date.


Varian

EZ White Hand & Foot Cream ini hadir dalam 2 varian yaitu Japanese Tofu dengan warna kemasan coklat muda & Collagen dengan warna kemasan pink.  Kedua varian sudah BPOM dan Halal.


krim tangan kering japanese tofu



Agak susah sih menggambarkan aroma keduanya 😁😁, yang pasti keduanya memiliki aroma lembut dan terkesan mewah. Bedanya kalau japanese tofu lebih seperti aroma mirip vanila ya, sedangkan untuk collagen menurutku lebih manis dan ada aroma bunganya juga.


Manfaat 

Informasi manfaat ini aku kutip dari kemasan, sebagai berikut :

Japanese Tofu

EZ White Japanese Tofu Hand & Foot Cream mengandung kombinasi active moisturizer dengan efek hidrasi yang dapat bertahan lama plus mampu membantu mencerahkan kulit berkat adanya Niacinamide. Dengan tambahan ekstrak Tofu, kulit kamu akan tampak lebih cerah dan lembut dengan pemakaian teratur.

 

Collagen

EZ White Collagen Hand & Foot Cream memberi sensasi sejuk dan membantu menghidrasi kulitmu sehingga dapat bertahan lama. Mengandung Niacinamide untuk membantu kulit tampak lebih cerah dan ekstrak Marine Collagen yang bermanfaat untuk elastisitas dan kekenyalan kulit. 

 

tekstur ez white krim tangan kering



Ingredients

Informasi komposisi yang tertulis dikemasan yaitu :

Ingredients Utama  

NIACINAMIDE 
Niacinamide bentuk vitamin B3 yang dikembangkan untuk penggunaan kosmetik. Melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan sinar biru untuk kulit yang tampak cantik dan sehat. Meratakan warna kulit yang tidak merata dan mengurangi munculnya garis-garis dan kerutan serta memperbaiki skin barrier kulit. 

PENTAVITIN 
Bertindak sebagai pelembab kulit. Menghasilkan efek hidrasi yang instan selama 72 jam dan memberikan kenyamanan kulit hanya dalam waktu 2 minggu. Menghasilkan permukaan kulit yang tampak lebih halus setelah 4 minggu sekaligus menenangkan dengan hidrasi yang dalam. 


krim tangan kering mengandung niacinamide

 


SHEA BUTTER 
Butyrospermum Parkii Butter adalah pelembab yang bebas pengawet, non-transgenik, dan bebas dari bahan pengawet. Shea Butter 100% berasal dari bahan baku alami yang dapat diperbaharui dan memiliki jumlah yang lebih tinggi yang tidak dapat diawetkan. Memberikan perlindnungan kulit dari sinar UV dan menjadikan kulit halus, cantik dan eksotis. 

GLISERIN 
Gliserin adalah cairan kental yang tidak berwarna dan tidak berbau. Memiliki rasa manis dan harum. Bersifat higroskopis. Digunakan dalam industri kecantikan karena sifatnya yang melembabkan, melembutkan kulit, mengatasi kulit kering dan juga sebagai pengunci kelembaban. 
 
KOLAGEN (*Khusus Varian Collagen)
Memiliki sifat higroskopis yang unik, dapat membuat kulit menjadi lembab, halus, dan elastis. Dapat menghalangi kerusakan kulit dari iradiasi sinar UV, dan mencegah kerusakan akibat radikal bebas pada kulit.  



ez white krim tangan oleh ria kiyandra

 


Japanese Tofu

Water, Cetearyl Alcohol, Cetyl Alcohol, Glycerin, Niacinamide, Paraffinum Liquidum, Glyceryl Stearate, PEG-100 Stearate, Petrolatum, Propylene Glycol, Phenoxyethanol, Fragrance, Carbomer, Chlorphenesin, Triethanolamine, Butyrospermum Parkii (Shea) Butter, Lanolin, Polyacrylamide, Allantoin, BHT, Tetrasodium EDTA, C13-14 Isoparaffin, Laureth-7, Saccharide Isomerate, Hydrolyzed Soy Protein, Sodium Benzoate, Citric Acid, Sodium Citrate. 


Collagen

Water, Cetearyl Alcohol, Cetyl Alcohol, Glycerin, Niacinamide, Paraffinum Liquidum, Glyceryl Stearate, PEG-100 Stearate, Petrolatum, Propylene Glycol, Phenoxyethanol, Fragrance, Carbomer, Chlorphenesin, Triethanolamine, Butyrospermum Parkii (Shea) Butter, Lanolin, Polyacrylamide, Allantoin, BHT, Tetrasodium EDTA, C13-14 Isoparaffin, Menthyl Lactate, Laureth-7, Hydrolyzed Collagen Extract, Saccharide Isomerate, 1,2-Hexanediol, Citric Acid, Sodium Citrate. 



Cara Penggunaan

Usapkan ke bagian tubuh yang kering (terutama siku, lutut, dan tumit) secara merata hingga meresap terutama sesudah mandi, gunakan setiap hari dengan teratur untuk mendapatkan hasil optimal.


Review Video 






Kesimpulan

EZ White Hand & Foot Cream ini aku rekomendasikan untuk kalian cobain. Berdasarkan pengalamanku pada telapak tanganku yang kering karena perubahan cuaca, dalam 3x pemakaian hand & foot cream permasalahan kering pada tanganku sudah teratasi. 


before after krim tangan


Aku sendiri lebih menyarankan untuk penggunaan pada saat tidur karena lebih efektif menyerapnya. Serta kerja creamnya lebih maksimal. Namun jika permasalahan kulit kering kalian cukup berat maka ikutilah petunjuk pemakaian seperti yang tertera di atas supaya masalah kulit tangan kering segera teratasi.

Untuk kalian yang ingin mencoba produk ini bisa langsung ke Official Store EZ White atau ke Instagram @ezwhite.id. 

Selain menggunakan Hand & Foot Cream, tentu saja menghindari paparan penyebab kulit tangan kering adalah cara yang paling efektif untuk mengatasi permasalahan.

Bagaimana apakah teman2 memiliki permasalahan yang sama terkait kulit tangan kering? 

Saran dan masukan untuk tulisan Penyebab Kulit Tangan Kering Serta Cara Mengatasinya silakan disampaikan di kolom komentar ya, terimakasih.


Posting Komentar

2 Komentar

  1. Tertarik sama kandungannya afa japanese tofu ternyata bagus ya buat kulit

    BalasHapus
  2. Penting banget untuk kantongin hand and foot cream.
    Dan rekomendasi merk kak Ria, cakep banget.. cukup handy dan travelling size yang gak ngabisin tempat di tas kecil.

    BalasHapus