Rekomendasi Aneka Sambal Khas Indonesia, Wajib Dicoba

Teman - teman, tentunya kita tak asing lagi dengan salah satu kekayaan kuliner Indonesia yaitu aneka sambal. Ada beragam aneka sambal khas yang terkenal di Indonesia mulai dari Indonesia wilayah timur hingga barat. 

Pada era digital saat ini dimana kemudahan penjualan produk - produk home industri makin meningkat. Yang tak kalah menarik juga diikuti oleh banyaknya aneka sambal buatan rumahan yang dijual secara online.



Aneka Sambal Indonesia wajib cobain



Mengenal Salah Satu Brand Aneka Sambal

Sebut saja salah satu produsen aneka sambal rumahan favoritku adalah Vegan Land. Vegan Land dibawah naungan CV. Boga Emas Group Surabaya telah  memproduksi sampai 6 varian sambal untuk saat ini. Semua sambal buatan Vegan Land menggunakan bahan - bahan pilihan, vegan friendly serta non allium ingredients (*semua jenis bawang-bawangan).


ria kiyandra aneka sambal indonesia



Kemasan 

Sambal dari Vegan Land ini dikemas dalam wadah tube plastik transparan dengan tutup plastik putih buram. Untuk kemasan barunya dilengkapi dengan segel berbahan logam untuk menjamin kehigienisan dan kesterilan produk. Dan kemudian pada bagian luar juga dilengkapi dengan plastik vakum sebagai pelengkap segel.

1 tubenya berisi sambal dengan berat 100gram. Menurutku dengan kemasan ukuran tersebut termasuk cukup ya tidak terlalu besar ataupun terlalu kecil. Mudah untuk disimpan kembali jika belum habis dikonsumsi. Misalkan akan dibawa bepergian ataupun dibawa ke kantor pun juga tidak merepotkan karena kemasannya tergolong kecil.



aneka sambal khas indonesia




Bagian pinggir tube disematkan sticker berisi informasi produk. Informasi tersebut antara lain nama sambal,  nama merk sambal, komposisi, cara makan, informasi expiration date, nama pabrikan, no BPOM.


Aneka Sambal Vegan Land

Yuk mari kita kenalan dengan masing - masing sambal buatan Veganland.


Sambal Gerih

Sambal Gerih merupakan salah satu sambal khas Bali. Nama yang lebih terkenal adalah sambal sager gerih yang umumnya terbuat dari lawar ikan kering.

Sambal Gerih Vegan Land menggunakan Ikan Kering Vegan yang terbuat dari kedelai untuk menggantikan komposisi lawar ikan kering. Ikan Kering Vegan ini memiliki rasa dan tekstur mirip ikan sesungguhnya. 



sambal gerih aneka sambal




Ikan Kering Vegan ini kemudian di campur dengan cabai, rempah - rempah, garam, gula, dan minyak nabati.

Menurutku sambal Gerih ini memiliki rasa yang hampir mirip dengan sambal embe, bedanya adalah adanya penambahan Ikan Kering Vegan. Untuk aku yang kemampuan makan pedasnya standard, sambal ini sangat pedas. Bagi suamiku yang doyan pedas sambal ini pas sesuai selera dia. 




Sambal Be Awan

Sambal Be Awan berasal dari kata Awan / Tuna juga merupakan salah satu sambal khas Bali yang pada umumnya terbuat dari ikan Tuna. 

Pada sambal Be Awan dari Vegan Land ini karena Vegan Friendly, maka sebagai pengganti ikan tuna menggunakan Ikan Tuna Vegan yang terbuat dari kedelai. Ikan Tuna Vegan dibuat menyerupai potongan daging ikan tuna sekaligus memiliki tekstur dan rasa yang hampir mirip dengan ikan tuna.



aneka sambal be awan vegetarian




Sambal ini terbuat dari Ikan Tuna Vegan yang dicampur dengan cabai, tomat, rempah - rempah, garam, gula, dan minyak nabati.

Menurutku sambal Be Awan ini unik ya, menghasilkan rasa gurih dari ikan serta terdapat perpaduan rasa sedikit pedas, asam (kecut) dan sedikit manis. Cocok untuk kalian yang tidak terlalu mahir makan pedas, karena level pedasnya cenderung lebih ringan.

Dengan adanya penambahan ikan vegan tersebut membuat sambal ini bisa langsung dimakan begitu saja dengan nasi sebagai lauk. Rasanya tentu saja sedap gurih dan pedas. 



Sambal Ijo

Sambal Ijo merupakan salah satu aneka sambal yang biasanya disajikan bersama dengan Nasi Padang.

Sambal Ijo Vegan Land terbuat dari cabai, rempah - rempah, garam, gula, dan minyak nabati.



Sambal Ijo Vegan




Menurutku sambal ijo dari Vegand Land ini masih kurang terasa pedasnya. Rasa khas sambal ijo nya juga masih agak samar atau kurang nampol.



Sambal Terasi

Sambal terasi pada umumnya terbuat dari terasi udang. Sedangkan sambal terasi Vegan Land menggunakan terasi yang terbuat dari tempe. 

Selain itu Sambal Terasi ini menggunakan komposisi antara lain cabai, rempah - rempah, garam, gula, dan minyak nabati.



aneka sambal terasi khas indonesia




Sambal terasi ini rasanya gurih, asin dan pedasnya sudah sangat nampol dan terasa. Buat kalian yang kurang biasa makan pedas harus berhati - hati karena ini lumayan pedas.



Sambal Sere Lemo

Sambal Sere Lemo ini juga merupakan salah satu sambal khas bali. Biasanya juga dikenal dengan sambal sere. Sesuai namanya, sambal ini terbuat dari bahan utama sere (daun serai), yang dicampur dengan cabai, jeruk sambal, rempah - rempah, garam, gula, dan minyak nabati.



sambal sere lemo bali





Menurutku rasanya sangat enak, wangi aroma serenya terasa sekali.  Buat yang doyan sere sambal ini khas banget dan punya cita rasa harum sere yang menyegarkan. Rasa sedikit asam dari jeruk sambalnya juga menambah kenikmatan dari sambal ini.


Sambal Embe

Sambal embe ini sebelumnya pernah aku bahas pada tulisanku yang berjudul Kenalan Yuk Sama Sambal Embe Khas Bali. Bedanya adalah sekarang sudah berganti motif label saja. Untuk rasa masi tetap sama.



sambal embe bali




Kesimpulan

Setelah nyobain sambal dari Vegan Land ini aku baru mengetahui kalau ternyata banyak sekali sambal di Indonesia ini. Seperti contohnya yang aku baru tahu yaitu Sambal Gerih, Sambal Be Awan, dan Sambal Sere Lemo.

Meskipun sambal ini bisa dinikmati untuk penganut vegan life style, tetap sambal ini tidak kehilangan rasa lezat dan gurihnya. Bahkan nih dari Admin Vegan Land berani menjanjikan uang kembali 100% jika sambal tidak enak. Wow gimana gak auto berani cobain kan kalau ada jaminan begitu. 😁😁



ria kiyandra sambal vegan land



Dan lagi dengan harga mulai 25.000an saja. menurutku masih sangat worth it ketimbang susah-susah buat sendiri. Jadi sambal ini sangat aku rekomendasikan untuk kalian cobain juga.

Buat kalian yang penasaran pengen cobain bisa cek di Shopee Vegan Land atau bisa juga ke instagram officialnya @veganland.id

Untuk di Shopee kalian bisa gunakan Kode Diskon “VEGANRIA” untuk dapat tambahan DISKON 10% tanpa minimum pembelian.

Oh ya saat ini aneka sambal dari Vegan Land juga tersedia dengan kemasan ukuran lebih besar yaitu 270gram cek disini

Nah itu dia rekomendasi aneka sambal khas indonesia, bagaimana pendapat kalian? 

Posting Komentar

8 Komentar

  1. Wah, persambalan keluar nih hahaha :D AKu selalu makan pakai sambal loh mbak. Ini ada sambal vegan yang patut dicoba ya. Sambal terasi aku suka, sambal sereh dll juga. Meskipun sambal vegan ini ga 100% seperti aslinya, tapi baik dikonsumsi dan beragam manfaatnya bagi kesehatan ya. DUh, jadi kepengen coba nih, pakai nasi panas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuk cobain Mbak meski ini vegan jamin tetep uenak Mbak banyak variasi sambalnya nih

      Hapus
  2. Sambel gerih dan be awan itu bukan pakai ikan asin & tuna beneran ya? Hanya menyerupai? Jd ngiler loh liat sambelnya. Patut dicoba ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul karena ini vegan jadi bukan ikan beneran. Ikannya di buat dari kedelai dan rumput laut. Jadi tastenya tetep enak lho..

      Hapus
  3. Banyak banget jenis sambal yang nikmat dari Indonesia yaa aku penasaran rasa sambel yang berbahan ikan tuna dan ikan lawar ini pasti enak banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Indonesia kaya dengan wisata rasa termasuk per sambalan ini.. cobain juga sambal vegan Mbak dijamin uenakkk ga kalah sama sambal biasa

      Hapus
  4. Ternyata, banyak juga ya jenis sambal itu. Hehehe... Beruntung, saya tak termasuk penyuka sambal...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahha iya lumayan banyak Pak ini aja masih sebagian belum semua. Sesekali cobain sambal Pak 😁😁 saya juga dulu ga bisa makan pedas

      Hapus