Kenalan Yuk Sama Sambal Embe Khas Bali

Sambal Embe adalah salah satu varian sambal yang ada di Indonesia. Sambal Embe merupakan salah satu kekayaan kuliner khas Bali. Meski tidak seterkenal sambal matah yang juga terkenal dari Bali, namun Sambal Embe juga memiliki cita rasa yang enggak kalah menggoyang lidah.

Aku sendiri baru saja mendengar tentang Sambal Embe pada sekitar desember tahun lalu. Jika sebelumnya yang aku tahu hanyalah sambal terasi, sambal matah, sambal petis, dll. 



kenalan dengan sambal embe dari bali


Sebenarnya dulunya aku bukanlah penggemar sambal. Karena aku cenderung tidak tahan dengan rasa pedas, malahan makan cabe bubuk dari mie instan saja aku tidak sanggup. Tetapi sejak menikah dengan suami ku yang doyan banget rasa pedas, aku mulai sedikit demi sedikit belajar menikmati makanan pedas. Ya mau bagaimana lagi, kalau Pak Suami minta dibuatkan sambal, mau tak mau saya buat dan diincip dikit - dikit kan ya 😆😆



indonesia kaya akan rempaj untuk membuat sambal embe


Dan bersyukur sekali kita tinggal di Indonesia, dimana sangat mudah sekali menemukan tanaman cabe - cabean. Karena setahu saya di luar negeri tidak semua negara memiliki tanaman cabe dengan varietas yang benar - benar pedas. Ketika beberapa kali kami berjalan - jalan ke luar negeri, Pak Suami selalu membawa bekal sambal 😁😁. Dan setahu saya juga teman - teman penggila pedas juga selalu berbekal sambal jika bepergian ke luar negeri.

Di Indonesia sendiri cabe telah berhasil diolah menjadi berbagai varian sambal dari berbagai daerah. Dan menurut saya sambal ini pantas menjadi salah satu kekayaan kuliner khas Indonesia. Salah satunya seperti sambal embe ini.


sambal embe juaranya sambal



Nah siapa di sini yang juga baru mendengar tentang sambal embe ini? Yuk kita kenalan dengan Sambal Embe lebih lanjut.


Apa itu Sambal Embe?

Sambal Embe, pelafalannya kedua huruf "e" nya seperti "e" dalam pedas ya.. jangan tertukar dengan bahasa jawanya kambing (embek") 😁😁.  

Sambal Embe memiliki cita rasa gurih dan pedas, sehingga sangat cocok jika dinikmati meskipun hanya dengan nasi putih  hangat saja. Akan terasa lebih nikmati lagi jika dijadikan cocolan lauk sederhana seperti tahu tempe goreng, tumis kangkung, dadar jagung, dan aneka gorengan lainnya.



sambal embe enak dijadikan lauk




Baik sambal embe ataupun sambal matah adalah sama - sama sambal yang proses mengolah bahannya hanya cukup diiris tipis - tipis, tanpa perlu di ulek ataupun di blender.

Lalu apa perbedaan sambal embe dan sambal matah? Yuk kita simak


Perbedaan Sambal Embe dan Sambal Matah

Sambal Embe dan Sambal Matah tentu sangat berbeda. Sambal Matah memiliki aroma yang lebih khas karena penggunaan irisan daun serai dan daun jeruk pada resepnya. 

Selain itu sambal matah juga tidak melalui proses memasak karena termasuk varian sambal mentah yang hanya di siram minyak panas.

Resep Sambal Embe

Untuk resep sambal embe sendiri jika teman - teman lakukan pencarian, maka akan ditemukan berbagai modifikasi dari resep sambal embe. Namun kali ini aku hanya akan share salah satu resepnya yang paling banyak dipraktekkan oleh orang.


sambal embe adalah sambal yang menggunakan terasi



Nah daripada penasaran yuk kita simak resep sambal embe.

Bahan - Bahan :
  • 25 buah cabe rawit merah dan hijau, iris tipis
  • 6 buah cabe merah keriting, iris tipis
  • 12 siung bawang merah, iris halus
  • 5 siung bawang putih, cincang halus
  • 1sdt terasi
  • 1 buah jeruk nipis
  • kaldu jamur bubuk, garam, dan minyak secukupnya


Cara Membuat :
  1. Panaskan minyak secukupnya
  2. Masukkan irisan bawang merah dan bawang putih
  3. Aduk - aduk sampai setengah kering, kemudian angkat dan sisihkan
  4. Panaskan minyak kembali secukupnya
  5. Masukkan irisan cabe rawit dan cabe keriting, aduk rata
  6. Masukkan terasi dan aduk kembali sampai aroma keluar
  7. Setelah matang angkat, dan tuang cabai ke atas bawang goreng yang disisihkan tadi
  8. Masukkan kaldu jamu, dan garam
  9. Aduk hingga rata, koreksi rasa
  10. Tambahkan perasan jeruk nipis sebagai pelengkap
  11. Sambal Embe siap dinikmati
Nah itu dia salah satu resep sambal embe yang bisa dicoba. 


Ria Kiyandra makan sambal embe




Oh ya saat ini juga banyak lho produsen yang menjual sambal embe kemasan siap makanan di pasaran. Tentu saja sambal embe kemasan lebih praktis karena tidak perlu repot membuat, rasa dijamin nampol dan bisa dinikmati dimana saja serta kapan saja.

Sambal Embe Dalam Kemasan

Nah membahas Sambal Embe dalam kemasan ada salah satu pabrikan sambal embe favorit aku nih yaitu buatan dari Vegan Land.  Yaps sesuai namanya sambal embe ini bisa dikonsumsi juga oleh penganut life style vegan & vegetarian. 


produsen sambal embe vegan




Sambal Embe Vegan Land di produksi oleh CV. Boga Emas Group Surabaya. Selain sambal embe, produsen ini juga memproduksi berbagai makanan vegan lainnya yang salah satunya bisa kalian baca disini.

Dikemas dalam wadah tube plastik transparan, tutup plastik berwarna putih dilengkapi dengan segel berbahan logam. Segel tersebut menjamin isian sambal lebih steril sehingga usia penyimpanannya lebih tahan lama.


lapisan logam kemasan sambal embe




Sambal ini telah mengantongin ijin BPOM. Pada setiap kemasan sudah dilengkapi informasi masa kadaluarsa. Komposisinya terdiri dari cabe merah, terasi vegan, gula, garam dan minyak nabati. Selain itu komposisinya juga Allium Free (*tidak mengandung semua jenis bawang).

Review Sambal Embe Vegan Land

Menurut aku rasa sambal embe ini yang pasti sangat pedas, gurih, sedap, dan juga asinnya cukup tidak berlebihan. Untuk detail rasa, jika mengambil potongan cabenya saja malahan tidak terlalu pedas, tapi pada minyak cabenya lebih berasa banget pedasnya.


sambal embe adalah sambal cocolan



Meski tidak dilengkapi dengan komposisi bawang seperti Sambal Embe aslinya, toh rasanya tetep nampol dan nagih. Sangat cocok sebagai lauk ataupun pendamping lauk. Buat cocolan juga sangat enak. Supaya bisa tahan lama, ada baiknya sambal ini di simpan di dalam lemari pendingin setelah dibuka.

Buat kalian yang pengen cobain Sambal Embe kemasan dari Veganland ini bisa langsung ke official Instagramnya @veganland atau ke market placenya disini. Buat kalian yang mau beli, bisa gunakan kode DISKON “VEGANRIA” untuk dapat diskon 10% tanpa syarat apapun. Oh ya ada jaminan nih dari Veganland “Kalau ga enak, 100% uang kembali”. 😃😃 Gimana nih masaa masih ga berani cobain.


Sambal Embe bisa untuk vegetarian



Kesimpulan

Sambal Embe nyatanya tidak kalah dengan varian sambal lain yang ada di Indonesia. Menurutku sambal ini cocok untuk kalian penyuka pedas dengan kemampuan level pedas yang expert karena menggunakan irisan cabe daripada cabe yang di ulek. Karena cabe dengan model irisan ini lebih pedas daripada cabe yang sudah dihaluskan. 

Itu dia sekilas info tentang sambal embe, tentunya sudah tidak penasaran lagi kan. Apakah kalian pernah mencoba atau mendengar tentang sambal embe sebelumnya?

Posting Komentar

7 Komentar

  1. Hihi iya aku baca sekilas 'embe' langsung kepikir embek 🤣✌🏼 aku suka sambel tp bukan yg pedes bgt. Apalagi makannya tempe + nasi anget. Wah the best sih ini 😍🤍

    BalasHapus
  2. Hmmm terlihat enak banget...pakai nasi hangat, tempe dan tahu panas jadi bikin ngiler yaaa...

    BalasHapus
  3. akutuh suka sambal yang irisannya gede-gede gini loh, keliatan seger hehe. sekilas kayak sambal matah ya Mba Riaa, aku belum coba sambal embe iniii

    BalasHapus
  4. Saya dulu juga nggak seberapa suka sambal tapi setelah menikah, menyesuaikan selera suami yang doyan pedas. Ya meskipun level pedas yang minimal. Hehe. Sepertinya kami perlu coba juga varian sambal embe ini, keliatan menggoda pingin nyobain

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah sama donk kita ka, aku jg gara2 suami jadi makan pedas dikit2. cobain ini kak enak banget lho

      Hapus
  5. Wah iya tampilannya mirip sambal matah ya tapi ternyata rasanya berbeda, mana sudah ada sambal kemasannya jadi lebih praktis nggak usah pakai uleg-uleg lagi langsung santap ya

    BalasHapus
  6. Jadi pengen cobain deh mumpung ada resep dan versi kemasan juga. Aku penggemar pedas

    BalasHapus